Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 yang membahas tentang Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia. Silahkan dibaca-baca, semoga membantu memudahkan Anda dalam mengingat-ingat materi Bab ini secara singkat.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia
Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran:
- Kegiatan Pembelajaran
Pertama: Penjelajahan Samudra
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Kedatangan Bangsa Barat di Indonesia
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Perluasan Kolonialisme dan Imperialisme Barat

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Penjelajahan Samudra

1. Zaman kemunduran Eropa terjadi setelah runtuhnya kekaisaran Romawi. Zaman ini disebut dengan istilah Zaman Kegelapan (Dark Ages) dan membuat tatanan hidup bangsa-bangsa di Eropa menjadi kacau balau.

2. Perang Salib merupakan perang yang melibatkan masyarakat dari Eropa melawan Turki Seljuk dan orang Arab. Perang ini disebut Perang Salib oleh orang Kristen, dan Perang Suci oleh orang Muslim.

3. Jatuhnya Konstatinopel ketangan Turki Usmani menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa khususnya dalam bidang perdagangan. Para Pedagang dari Eropa tidak mendapatkan akses untuk berdagang di Kota Pelabuhan Istambul (dulunya Konstantinopel).

4. Penjelajahan Samudra yang dilakukan oleh bangsa Eropa adalah upaya bangsa Eropa berupaya untuk menemukan jalan ke Asia yang pada awalnya bertujuan untuk mendapatkan barang-barang dagangan yang mereka butuhkan dari Asia

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Kedatangan Bangsa Barat di Indonesia

1. Portugis sampai di Asia tenggara tepatnya di Malaka pada tahun 1511 M. Selang satu tahun yakni pada tahun 1512 M mereka sampai di Maluku.

2. Pada tahun 1522 M Portugis sampai di Pajajaran. Karena dianggap menjadi ancaman Kerajaan Islam maka di tahun yang sama tepatnya di Sunda Kelapa Portugis diserang Kerajaan Demak di bawah pimpinan Fatahillah. Portugis kalah dan harus meninggalkan Sunda Kelapa.

3. Pada tahun 1521 M Spanyol di bawah pimpinan Sebastian del Cano sampai di Maluku. Karena di Maluku sudah ada Portugis maka terjadilah perselisihan antara dua bangsa tersebut. Perselisihan diakhiri dengan perjanjian Saragosa.

4. Pada tahun 1596 M di bawah pimpinan Cornelis de Houtman Belanda sampai di Banten. Karena sikapnya yang tidak ramah akhirnya mereka diusir dari Banten

5. Pada tahun 1598 M rombongan kedua Belanda datang di bawah pimpinan Jacob Van Neck dan mereka diterima baik oleh Raja Banten karena sikapnya yang ramah.

6. Pada tahun 1602 M Inggris di bawah pimpinan Sir James Lacaster sampai di Banten. Mereka diterima dengan baik. Inggris diijinkan mendirikan kantor dagang di Banten dan Jayakarta. 

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Perluasan Kolonialisme dan Imperialisme Barat

1. Penjajahan Portugis diawali dari Alfonso de Albuquerque yang menyerang Malaka dan berhasil menguasainya pada tahun1511. Malaka saat itu diperkirakan memiliki banyak kekayaanberupa rempah-rempah. Di bawah pimpinan Francisco Serro sampai di Maluku pada tahun 1512 tepatnya di ternate setelah sebelumnya singgah terlebih dahulu di Gresik dan Banda.Portugis mampu menguasai Maluku dikarenakan jasanya membantu Ternate mengalahkan Tidore.

2. Kedatangan bangsa Spanyol di Maluku merupakan impian yang menjadi nyata bagi bangsa Spanyol yaitu sampai di daerah penghasil rempah - rempah. Orang - orang Spanyol kemudian melakukan perdagangan dengan orang - orang Maluku. Kedatangan dan perdagangan bangsa Spanyol di Maluku menimbulkan pertentangan oleh bangsa Portugis yang menganggap bahwa Spanyol melanggar hak monopoli Portugis. Selanjutnya terjadi persaingan dagang antara Portugis dan Spanyol uang kemudian diselesaikan dengan perjanjian Saragoza 1529.

3. Perkembangan Penjajahan Belanda di Indonesia diawali dari pendirian VOC. VOC dibentuk pada Maret 1602 karena adanya persaingan dagang antara sesama kongsi dagang Belanda. Tujuan dibentuk VOC untuk mengatasi persaingan antarapara pedagang Belanda. Setelah VOC bubar dan diambil alih oleh Belanda, makaRaja Louis Napoleon Bonaparte menunjuk Herman Willem Daendels sebagai Gubernur Jenderal di Indonesia. Herman Willem Daendels berkuasa dari tahun 1808 sampai 1811. Belanda menguasai kembali Indonesia setelah berhasil mengalahkan Inggris dengan adanya Konvensi London tahun 1814.

4. Kekuasaan Inggris di Indonesia diwakili oleh Maskapai Hindia Timur (The East India Company) disingkat EIC yang berpusat di Calcutta, India. EIC mendapat hak Oktrooi dari Ratu Elizabeth I. Saat Gubernur Jenderal Lord Minto menjadi pemimpin EIC, dia mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai Gubernur Jenderal di Hindia Belanda.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 tentang Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 1 s.d Bab 10 silahkan anda baca dan pelajari pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. 

Soal Sejarah Indonesia kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya, dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close