Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2 Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2 Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2 yang membahas tentang Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Rangkuman atau ringkasan Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2 Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat
Sejarah Indonesia kelas XI Bab 2 terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi Portugis dan Spanyol
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi VOC dan Pemerintah
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi Pemerintah Hindia Belanda

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Bab 2 Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi Portugis dan Spanyol

a. Perlawanan yang terjadi pada abad ke-16 di berbagai daerah ditujukan kepada Portugis, Spanyol dan Belanda. Kemudian perawanan rakyat pada abad ke 17 dan 18 umumnya ditujukan kepada dominasi kongsi dagang VOC (Belanda).

b. Perlawanan rakyat Indonesia dilatarbelakangi karena tidakan monopoli, keserkahan dan intervensi politik dengan devide et impera dari pemerintahan kongsi dagang itu.

c. Perlawanan rakyat Indonesia itu umumnya memang dapat dipatahkan oleh kekuatan musuh yang sering berlaku licik dan memiliki persenjataan yang lebih lengkap.

d. Akibat dominasi pemerintahan kongsi dagang dan kekalahan perlawanan rakyat erdampak sebagian besar Kepulauan Indonesia dikuasai kekuasaan asing terutama VOC.

e. Perilaku penjajahan itu tidak sesuai dengan fitrah dan hak asasi manusia maka harus dilawan.

f. Perlunya persatuhan yang kokoh untuk dapat mempertahankan suatu kedaulatan negara dari ancaman-anvaman disentegrasi 

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi VOC dan Pemerintah

1. Pada tahun 1680, VOC memaksa Tidore untuk menandatangani traktat tahun 1780 yang berisi penurunan status kerajaan Tidore dari dari daerah sekutu menjadi daerah vasal, dan dengan hak octroi yang dipegang VOC, menjadikan VOC semakin sombong, VOC turut serta mencampuri urusan intern kerajaan Tidore dengan mengangkat putra Alam sebagai sultan Tidore

2. Sultan Agung adalah raja yang paling terkenal dari kerajaan Mataram yang mempunyai cita-cita menyatukan seluruh tanah jawa dibawah panji-panji Mataram; dan mengusir kekuasaaan asing dari Bumi Mataram. Keinginan kuat untuk mengusir VOC disebabkan oleh beberapa faktor antara lain 
• Kehadiran Kompeni Belanda di Batavia dapat membahayakan kesatuan Negara yang dalam hal ini 
• Monopoloi yang dilakukan oleh VOC
• Voc selalu menghalang-halangi kapal dagang maaram yang akan berdagang ke Malaka 
• VOC tidak mau mengakui kedaulatan Mataram

3. Pesatnya perkembangan Banten sebagai kota pelabuhan terbesar Nusantara menarik keinginan VOC untuk menguasainya. Mereka melakukan cara kotor dengan memblokade kapal – kapal Cina dan juga kapal yang datang dari Maluku yang akan masuk ke Banten. Karena sering mendapat pertentangan dari rakyat Banten, Belanda kemudian membangun kota pelabuhan di Sunda Kelapa atau Jayakarta. Pelabuhan itu kemudian dinamakan Batavia oleh Belanda pada tahun 1619 M, sejak itu terjadi perebutan posisi sebagai bandar perdagangan internasional antara Banten dan VOC.

4. Hasanuddin kemudian dipaksa untuk menandatangani Perjanjian Bongaya pada tanggal 18 November 1667, yang isinya antara lain sebagai berikut.
• Goa harus mengakui hak monopoli VOC
• Semua orang Barat, kecuali Belanda harus meninggalkan wilayah Goa
• Goa harus membayar biaya perang

Isi perjanjian Bongaya sangatlah bertentangan dengan hati nurani dan kebudayaan yang telah tertanam lama dalam hidup kerajaan Goa maka Pada tahun 1668 Sultan Hasanuddin mencoba menggerakkan kekuatan rakyat untuk kembali melawan kesewenang-wenangan VOC itu. Namun perlawanan ini segera dapat dipadamkan oleh VOC. Karena kegigihannya dalam melawan VOC Sultan hasuanudiin mendapatkan julukan dari rakyatnya sebagai Ayam Jantan dari Timur. 

5. Semenjak Sultan Agung wafat, tidak ada pengganti-penggantinya yang memiliki sifat pemberani untuk mampu melawan dominasi asing di istananya, mereka terlalu lemah dan sangat ketakutan kehilangan jabatannnya. VOCpun semakin arogan sehingga sangat berani untuk melakukan intervensi terhadap jalannya pemerintahan kerjaan dibawah pimpinan Pakubuwana II yang penakut.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Perlawanan bangsa Indonesia menghadapi Pemerintah Hindia Belanda

1. Perang yang terjadi pada abad ke-18 dan 19 dan awal 20 merupakan perlawanan terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda.

2. Pemerintah kolonial Belanda tetap menjalankan taktik perang yang licik dan kejam. Tipu daya pura-pura mengajak damai, mengadu domba dan menangkapi anggota keluarga pimpinan perang Indonesia terus dilakukan.

3. Perang melawan penjajahan pemerintahan kolonial Hindia Belanda memang belum berhasil, tetapi semangat juang rakyat dan para pemimpin perang kita tidak pernah padam. Kedaulatan dan kemerdekaan rakyat Indonesia harus terus diperjuangkan agar bebas dari penjajahan. Penjajahan pada hakikatnya selalu kejam, menangnya sendiri, serakah, tidak memperhatikan penderitaan orang lain. Penjajahan senantiasa bertentangan dengan harkat dan hak asasi manusia.

4. Banyak nilai-nilai keteladanan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya semangat cinta tanah air, rela berkorban, kebersamaan, kerja keras pantang menyerah dengan berbagai tantangan, sehingga dapat memotivasi kita untuk kerja keras dan giat belajar

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2 Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 1 s.d Bab 10 silahkan anda baca dan pelajari pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. 

Soal Sejarah Indonesia kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya, dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2 Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...