Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas 7 Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 7 Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 7 Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT.

PAIBP Kelas VII Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT adalah salah satu Bab yang ada di semester genap atau semester 2. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VII SMP masuk pembahasan pertama di semester genap.

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan, baca kisah menarik inspiratif berikut ini:

Nabi Sulaiman dan Pasukan Semut

Nabi Sulaiman a.s. sangat cerdas dan kaya. Dia membangun istana dengan kilauan permata. Dia diberi anugerah ilmu oleh Allah Swt., sehingga menjadivnabi yang adil, cerdas, dan bijaksana.

Allah Swt memberikan mukjizat padanya untuk menundukkan laut, binatang, dan angin. Dengan mukjizat ini, ia dapat bepergian dengan mengendarai angin.

Jin dan burung berada dalam perintahnya. Keduanya dapat membantu peperangan. Nabi Sulaiman a.s. memiliki mukjizat yaitu mengerti dan berbicara bahasa binatang. Kalian tentu menyadari bahwa binatang adalah makhluk Allah Swt. dan menjadi bagian dari isi alam semesta. Mereka berada di sekitar kita.

Pada suatu hari, dia melakukan perjalanan dengan pasukan yang banyak. Mereka terdiri atas manusia, jin, dan burung. Burung terbang menaungi pasukan. Sementara manusia dan jin berjalan bersama Nabi Sulaiman as.

Pasukan bagian depan memiliki tugas menjaga agar tidak ada yang melewati batas. Sementara bagian belakang menjaga pasukan agar tidak ada anggota yang ketinggalan.

Beliau dan pasukannya memasuki sebuah lembah yang banyak sarang semut. Semut merasa ketakutan. Mereka khawatir terinjak oleh pasukan tersebut.

Dikisahkan, pemimpin semut berkata pada semut lain: ‘’Hai semutsemut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.” (QS anNaml/39: 18). Nabi Sulaiman a.s. tertawa, ketika mendengar perkataan raja semut tersebut. Semut yang kecil saja mampu didengar oleh Nabi Sulaiman as dan dipahami, apalagi hewan yang lebih besar lagi. Ini salah satu anugerah Allah kepadanya.

Beliau kemudian bersyukur kepada-Nya. Ia diberi keistimewaan untuk mengerti dan memahami bahasa binatang. Ia berdoa, ”Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (Q.S. an-Naml/39: 19).

Nabi Sulaiman a.s. memerintahkan pasukan untuk berhenti. Mereka bingung bahkan tidak tahu maksud Nabi Sulaiman a.s. Kemudian dijelaskan peristiwa terkait dengan raja semut dan rakyatnya tersebut. Akhirnya, jalan lain dicari untuk sampai ke tujuan. (Sumber: Buku PAIBP Kelas VII SMP)

Rangkuman PAIBP Kelas VII Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT

1. Alam semesta merupakan ciptaan (makhluk) yang teratur sesuai dengan kehendak dan kekuasaan-Nya.

2. Q.S. al-Anbiyā’/21: 30 menjelaskan tentang pecahnya alam (pisahnya langit dan bumi) dengan dentuman yang sangat dahsyat sekali.

3. Q.S. al-A’rāf/7: 54 menjelaskan tentang bahwa penciptaan langit dan bumi terjadi pada 6 masa (periode). Enam masa tersebut meliputi penciptaan keduanya setelah langit terbentuk.

4. Apabila terdapat huruf nun bertasydid (نّ) ) atau mim bertasydid (مّ) maka dibaca gunnah (dengung). Cara membacanya adalah dibaca dengung dengan panjang 2 harakat.

5. Penciptaan alam semesta mendorong manusia untuk meyakini kekuasaan-Nya. Orang yang diberi akal oleh-Nya, tidak selayaknya untuk mengingkari keberadaan-Nya.

6. Rasulullah saw. berpesan pada umatnya untuk menjadi orang berilmu. Apabila tidak mampu menjadi orang yang berilmu, umatnya dituntut menjadi orang yang selalu belajar, mendengarkan ilmu, dan mencintai orang yang berilmu.

7. Perilaku bersyukur dan cinta terhadap tanah air yang diciptakan Allah dengan keindahan dan sumber daya alam yang berlimpah sesuai dengan Q.S. al-Anbiyā’/21: 30 dan Q.S. al-A’rāf/7: 54 antara lain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Nya, sadar lingkungan, mengelola lingkungan secara berkelanjutan, dan membuat perbaikan di bumi dengan beramal pada kebaikan yang dilandasi ketaatan kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya

Profil Pelajar Pancasila

Setelah mempelajari materi Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT, sebagai manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, kalian diharapkan mampu membentuk karakter yang lebih bermutu. Berikut ini karakter yang diharapkan:
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.
2. Semangat untuk mengelola lingkungan sekitar.
3. Menjaga ketertiban dan kelestarian lingkungan sekitar.
4. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
5. Bersyukur kepada Allah Swt. atas seluruh apa yang diciptakan-Nya.
6. Melatih kedisiplinan dimulai dengan rutinitas harian.
7. Terbiasa menyiapkan segala sesuatu sebelum pelaksanaan.
8. Bertanggung jawab pada rencana yang telah direncanakan sebelum

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 7 SMP Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VII SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP semua Bab silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 7 Bab 6 Alam Semesta Sebagai Tanda Kekuasaan Allah SWT (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close