Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas 7 Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 7 Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 7 Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya.

PAIBP Kelas VII Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya adalah salah satu Bab yang ada di semester genap atau semester 2. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VII SMP masuk pembahasan keempat di semester genap.

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan, baca kisah menarik inspiratif berikut ini:

Mabrur Walau Tidak Pergi Haji

Ada seorang ulama yang berasal dari Marwaz, yang selalu menginginkan haji dan jihad. Beliau adalah ‘Abdullāh bin Mubārak (118-181 H/726-797 M). Dua hal ini dilaksanakan secara bergantian. Tahun ini berhaji, dan tahun depannya jihad.

Suatu saat, ia tertidur setelah mengerjakan ibadah haji. Dalam tidurnya, muncul mimpi bahwa dia melihat 2 malaikat turun ke bumi. Kedua malaikat itu turut terlibat dalam sebuah pembicaraan. “Berapa banyak orang yang berhaji tahun ini?”, tanya satu malaikat kepada malaikat kedua. “Enam ratus ribu orang”, jawab malaikat lainnya.” Namun, tidak ada satupun yang diterima, kecuali seorang tukang sepatu bernama Muwaffaq orang Damaskus. Karena dia, semua orang yang berhaji menjadi diterima hajinya”, kata malaikat kedua.

‘Abdullāh bin Mubārak terbangun. Ia sangat berkeinginan mengunjungi Muwaffaq di Damaskus. Ia pergi dan menemuinya. Ketika bertemu, ia menyampaikan mimpi tersebut. Muwaffaq menangis, setelah mendengar ceritanya. Bahkan sampai pingsan. Setelah sadar, ‘Abdullāh bin Mubārak memohon kepada Muwaffaq untuk menceritakan mengapa hanya dirinya yang mabrur.

Selama lebih dari 40 tahun, Muwaffaq sangat ingin beribadah haji. Dari hasil pekerjaannya sebagai tukang sepatu, Dia mengumpulkan 350 dirham. Tibalah musim haji. Dia dengan istrinya mempersiapkan diri untuk berangkat haji. Menjelang berangkat, istrinya yang sedang hamil mencium aroma makanan yang enak dari tetangganya. Dia mendatangi tetangganya dan memohon supaya ia memberikan sedikit makanan tersebut untuk istrinya.

Namun, apa yang terjadi? Tetangganya menangis. Ia bercerita bahwa anaknya tidak makan apa-apa selama tiga hari. Dia berkata, “Hari ini, aku melihat seekor keledai mati tergeletak dan kemudian aku memotongnya, lalu kumasak untuk mereka. Ini terpaksa kulakukan karena kami memang tidak punya. Jadi, makanan ini tidak layak buat kalian karena makanan ini tidak halal bagimu,” jelasnya sambil menangis.

Muwaffaq langsung kembali ke rumah setelah mendengar cerita tersebut. Ia langsung mengambil uang 350 dirham yang menjadi tabungannya, kemudian uang itu diserahkan kepada tetangganya. Muwaffaq berkata, “Ini uang untuk hajiku, tapi belanjakanlah untuk anak-anakmu”
(Sumber: Buku PAIBP Kelas VII SMP)

Rangkuman PAIBP Kelas VII Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya

1. Rukhṣah adalah keringanan atau kemudahan. Rukhṣah diartikan pula sebagai perubahan hukum dari hukum asalnya karena sebab tertentu dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan keringanan.

2. Rukhṣah dapat dilakukan karena beberapa sebab, yaitu bukan untuk berbuat dosa, orang yang sakit, melakukan perjalanan, dan menghendaki keringanan sampai kelapangan setelahnya ditemukan.

3. Rukhṣah dalam salat di antaranya adalah meringkas dan menggabung salat.

4. Rukhṣah dalam puasa di antaranya adalah bagi musafir, orang yang sakit, perempuan haid dan nifas, perempuan hamil dan menyusui, dan orang yang sudah tua renta.

5. Rukhṣah dalam zakat di antaranya adalah zakat dapat dibayar dengan uang, pembayaran zakat dapat diwakilkan, dan mendahulukan membayar zakat sebelum Idul Fitri.

6. Rukhṣah dalam haji di antaranya adalah haji diperuntukkan hanya untuk orang yang sudah mampu, diwajibkan hanya satu kali seumur hidup, pelaksanaan haji dapat ditunda, ibadah haji boleh memilih Tamattu’, Qirān atau Ifrād, boleh dikerjakan oleh orang lain, pembayaran dam boleh diganti dengan puasa, boleh tidak bermalam di Mina, dan terdapat pahala yang setara dengan orang yang melaksanakan haji.

7. Hikmah rukhṣah di antaranya adalah mempermudah pelaksanaan syariat Islam, syariat Islam terbukti fleksibel dan tidak kaku, menguatkan istiqāmah dalam ibadah dan menguatkan cinta kepada ajaran Islam, dan mendorong sikap saling disiplin dan saling menghargai.

Profil Pelajar Pancasila

Setelah mempelajari materi Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya, sebagai manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, kalian diharapkan mampu membentuk karakter yang lebih bermutu. Berikut ini karakter yang diharapkan:
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.
2. Mempererat tali persaudaraan.
3. Melaksanakan perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya.
4. Patuh dan taat kepada hukum-hukum Allah swt
5. Selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani
6. Selalu berusaha menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat.
7. Berperilaku dermawan untuk mendapatkan rida dari Allah Swt.
8. Ikhlas dalam melaksanakan ibadah kepada Allah Swt

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 7 SMP Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VII SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP semua Bab silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 7 Bab 9 Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya (PAIBP Kelas VII SMP) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close