Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pesan yang Terkandung dalam Q.S. Yūnus /10: 40-41 khususnya Berkaitan dengan Toleransi! [Soal PAIBP Kelas 11 SMA/SMK Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia] - Kurikulum Merdeka ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Pesan yang Terkandung dalam Q.S. Yūnus /10: 40-41 khususnya Berkaitan dengan Toleransi! [Soal PAIBP Kelas 11 SMA/SMK Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia] - Kurikulum Merdeka ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan contoh soal yang semoga selalu bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri dimana saja dan kapan saja.
Kali ini, sesuai judulnya, Sekolahmuonline akan membahas tentang pesan yang terkandung dalam Al-Quran surat Yunus/10 ayat 40 - 41 khususnya berkaitan dengan pembahasan toleransi. Apa isi kandungan dari Al-Quran surat Yunus ayat 40 - 41 tersebut? Temukan jawabannya pada ulasan singkat di bawah ini.

Pesan yang Terkandung dalam Q.S. Yūnus/10: 40-41 Khususnya Berkaitan dengan Toleransi

Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Terjemahannya

Berikut ini teks lengkap surat Yunus ayat 40-41 dan artinya. Apabila sedang belajar bareng-bareng, berkelompok, silakan dibaca dengan tartil, dapat dilakukan dengan cara saling menyimak dan bergantian membaca.

وَمِنْهُم مَّن يُؤْمِنُ بِهِۦ وَمِنْهُم مَّن لَّا يُؤْمِنُ بِهِۦ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِٱلْمُفْسِدِينَ ﴿٤٠﴾

وَإِن كَذَّبُوكَ فَقُل لِّى عَمَلِى وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنتُم بَرِيٓـُٔونَ مِمَّآ أَعْمَلُ وَأَنَا۠ بَرِىٓءٌ مِّمَّا تَعْمَلُونَ ﴿٤١﴾

40. "Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan."

41. "Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Yunus/10: 40 - 41)

Isi Kandungan Q.S. Yūnus/10: 40-41

Dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka dijelaskan tentang isi kandungan Q.S. Yūnus/10: 40-41 apabila dikaitkan dengan kehidupan saat ini, khususnya dalam menciptakan toleransi. Isi kandungan ayat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:
• Ayat-ayat yang berbicara tentang akidah atau keimanan, hendaknya dijadikan panduan bagi kalian sebagai individu, bukan untuk mengukur dan menilai keimanan orang lain. Keimanan adalah perbuatan hati yang kalian tidak dapat mengetahuinya dengan panca indera. Hanya Allah Subhanahu wa Ta'ala yang berhak menilainya;
• Sebagai individu yang beriman, tetap punya tanggung jawab mengajak kepada kebaikan dengan bijak, tanpa disertai dengan paksaan. Adapun hasilnya diserahkan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala Seseorang tidak perlu memaksakan kehendak bahkan sampai marah ketika ada orang yang tidak dapat menerima ajakan kebaikan yang kalian lakukan;
• Menghargai orang lain dalam semua perbedaan. Jika ingin dihargai orang lain, maka kalian juga harus menghargai orang lain. Toleransi kepada orang lain dalam berinteraksi sosial menjadi pondasi untuk mewujudkan kedamaian dan kerukunan di masyarakat.

Dari penjelasan Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan hadis terkait sebelumnya, menjadi dasar bagi kalian, calon pemimpin bangsa masa depan mempunyai dan membiasakan sikap toleransi baik sesama umat Islam maupun dengan antaragama lain dalam kehidupan sehari-hari. Sikap toleransi ini penting dimiliki dan menjadi budaya pelajar SMA/SMK, karena negara Indonesia, masyarakatnya beranekaragam suku, bahasa, budaya, dan agama.

Toleransi Merupakan Salah Satu Indikator Paling Penting Untuk Menciptakan Kerukunan Umat Beragama

Sikap toleransi merupakan salah satu pilar dalam mewujudkan perdamaian, kerukunan, dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Buku PAIBP Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka bahwa menurut data Puslitbang Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaan Tahun 2019, toleransi merupakan salah satu indikator paling penting untuk menciptakan kerukunan umat beragama, yaitu sebuah kondisi kehidupan umat beragama yang berinteraksi secara harmonis, toleran, damai, saling menghargai, dan menghormati perbedaan agama dan kebebasan menjalankan ibadat masing-masing.

Karenanya, toleransi menjadi salah satu karakter yang dikembangkan dalam Penguatan Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, dan Moderasi Beragama untuk dimiliki pelajar SMA dan SMK di Indonesia. Melalui sikap toleransi akan terwujud perdamaian, kerukunan, dan kesatuan Bangsa Indonesia. Tidak hanya bermanfaat di Indonesia, tetapi juga untuk perdamaian seluruh dunia.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan singkat tentang Pesan yang Terkandung dalam Q.S. Yūnus/10: 40-41 Khususnya Apabila Dikaitkan dengan Toleransi. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca Juga Soal Pilihan Ganda dan Essay Kurikulum Merdeka lengkap dengan jawabannya khususnya Bab ini:
Lengkap semua bab contoh soal pilihan ganda dan essay mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) Semester Genap (Semester 2) beserta kunci jawabannya lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:
Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK Semester Genap (Semester 2) Kurikulum Merdeka semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pesan yang Terkandung dalam Q.S. Yūnus /10: 40-41 khususnya Berkaitan dengan Toleransi! [Soal PAIBP Kelas 11 SMA/SMK Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia] - Kurikulum Merdeka ~ sekolahmuonline.com"

close