Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 6 Bab 4. Sunan Bonang ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 6 Bab 4. Sunan Bonang ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bab 4 yang membahas tentang waliyullah bernama Sunan Bonang.
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 6 Bab 4. Sunan Bonang
Rangkuman SKI Kelas VI Bab 4. Sunan Bonang

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 6 SD/MI Bab 4 atau Pelajaran 4 Sunan Bonang mencakup tiga pembahasan, yaitu:
A. Biografi
B. Peran Sunan Bonang dalam Mengembangkan Islam di Indonesia
C. Sikap Positif dalam Pribadi Sunan Bonang

Rangkuman SKI Kelas VI MI Bab 4 Sunan Bonang

1. Mahdum Ibrahim atau Sunan Bonang adalah putra keempat Sunan Ampel. Silsilah keluarganya bersambung dengan Rasullah Saw. dari jalur Saidina Husen bin Ali dan Fatimah putri Rasulullah Saw.

2. Belajar ilmu agama di Pesantren Sunan Ampel dan memperdalam ilmunya kepada pamannya Syekh Maulana Malik Ibrahim, di Aceh.

3. Berperan mengembangkan Islam di Indonesia, melalui;
- Seni pertunjukan wayang, gamelan dan menciptakan alat musik bonang
- Islamisasi tradisi masyarakat dengan memberikan nilai-nilai keislaman, seperti ritual pancamakara menjadi kenduri atau slametan
- Karya sastra suluk wujil berisi tembang-tembang Jawa yang berisi pesan agama

4. Sikap positif dalam pribadi Sunan Bonang tercermin dalam pribadi sbb:
- Sosok seniman kreatif dan inovatif dalam mengembangkan dakwah Islam melalui seni dan sastra
- Gigih dan ulet dalam menjalankan dakwah Islam
- Toleran dan bijaksana dalam mengembangkan islam di Indonesia

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bab 4 tentang Sunan Bonang. Semoga bermanfaat, dapat membantu anak-anak dan orang tua/wali murid dalam mencari Rangkuman SKI Kelas 6 di internet. Selamat dan semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman SKI Kelas 6 Semester Ganjil

Untuk rangkuman atau ringkasan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) semester 1 atau semester ganjil semua Bab (Bab 1 s/d Bab 5) dapat Anda baca pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul di bawah ini. Silakan tinggal klik judulnya sesuai dengan yang Anda cari (butuhkan). Jika ada link/tautan yang error silakan Anda beritahu Sekolahmuonline langsung lewat kolom komentar.

Lengkap Rangkuman SKI Kelas 6 Semester Genap

Untuk rangkuman atau ringkasan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) semester 2 atau semester genap semua Bab (Bab 6 s/d Bab 9) dapat Anda baca pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul di bawah ini. Silakan buka sesuai kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 6 Bab 4. Sunan Bonang ~ sekolahmuonline.com"

close