Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Dua Macam Penyakit di Dunia ini, Tahukah Anda? ~ sekolahmuonline.com

Ada Dua Macam Penyakit di Dunia ini, Tahukah Anda? ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan tentang pembahasan penyakit yang dijelaskan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah dalam Kitabnya Zaadul Ma'ad Pasal Pengobatan Nabawi (Ath-Tibb An-Nabawiyy). Dalam pembahasan ini, Imam Ibnul Qayyim menjelaskan jenis-jenis penyakit baik penyakit rohani maupun penyakit jasamani. Berikut ini penjelasannya.
Dua Macam Penyakit

Macam-macam Penyakit

Penyakit itu ada dua macam, yaitu penyakit hati dan penyakit badan (jasmani). Keduanya disebutkan di dalam A-Quran.

Penyakit hati ada dua macam:
• Pertama, penyakit syubhat yang disertai keraguan.
• Kedua, penyakit syahwat yang disertai kesesatan. 

Kedua penyakit tersebut terdapat dalam Al-Quran. 

Penyakit Syubhat yang Disertai Keraguan

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang penyakit syubhat:
"Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambahkan penyakit mereka. (QS. A-Baqarah: 10)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
"Supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan), Apakah yang dikehendaki Alah dengan bilangan ini sebagai perumpamaan." (QS. Al-Muddatstsir: 31)

Allah juga berfirman tentang orang-orang yang diseru (diajak) menjadikan Al-Quran dan Sunnah sebagai dasar hukum (dalam menegakkan hukum diantara mereka) tapi malah enggan dan menolak:
"Dan ketika mereka diseru kepada Allah (yakni fiman-firman-Nya, A-Quran) dan Rasu-Nya, yaitu agar menegakkan hukum diantara mereka, tiba-tiba sebagian dari mereka menolak untuk datang. Namun, apabila keputusan itu menguntungkan, mereka akan datang kepada Rasul dengan patuh. Apakah di dalam hati mereka terdapat penyakit, ataukah mereka ragu, ataukah mereka khawatir bahwa Allah dan Rasul-Nya akan berlaku zalim terhadap mereka? Sebaliknya, merekalah orang-orang yang zalim. (QS. An-Nur: 48-50)

Itulah penyakit syubhat yang disertai keraguan.

Penyakit Syahwat

Tentang penyakit syahwat, dalam hal ini adalah penyakit syahwat zina (Wallahu a'lam), Allah Subhanahu wa Ta'ala berfiman:
"Wahai para istri Nabi, kalian tidak sama dengan wanita muslimah mana pun jika kalian bertakwa. Karenanya, jangarnlah kalian berbicara (terlalu) lembut sehingga menimbulkan keinginan kuat kaum lelaki yang dalam hatinya terdapat penyakit." (QS. A-Ahzab: 32)

Penyakit Badan/Jasmani

Tentang penyakit badan atau jasmani, Allah SWT berfirman:
"Tak ada halangan bagi orang buta, tak ada halangan bagi orang pincang, dan tak ada halangan bagi orang sakit. (QS. An- Nur: 61)

Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan adanya penyakit-penyakit yang dapat menyerang orang saat melaksanakan ibadah haji, puasa, atau bersuci karena ada rahasia mengagumkan yang dapat menjelaskan keagungan Al-Quran, serta cukup dengan Al-Quran bagi orang-orang yang memiliki pemahaman yang mendalam dan memikirkannya.

Itulah sekilas tentang Dua Macam Penyakit yang dijelaskan oleh Ibnul Qayyim al-Jauziyah. Untuk pembahasan lebih detail lagi, silakan rujuk Kitab Zadul Ma'ad khususnya pembahasan Ath-Tibb An-Nabawiyy. Semoga bermanfaat, silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Ada Dua Macam Penyakit di Dunia ini, Tahukah Anda? ~ sekolahmuonline.com"

close