Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PJOK Kelas 11 Bab 9 Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur ~ sekolahmuonline.com

Soal PJOK Kelas 11 Bab 9 Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) Kelas XI. Contoh soal di bawah ini membahas materi Bab Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur.
Soal PJOK Kelas XI Bab Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
PJOK Kelas XI Bab Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur membahas dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: aktivitas fisik dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari, pertumbuhan dan perkembangan fisik
- Kedua: menjaga kebugaran tubuh dan program aktivitas fisik

Soal PJOK Kelas XI Bab 9 Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur

Soal-soal berikut ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal essay atau uraian. Bagian pertama terdiri dari 10 soal multiple choices (pilihan ganda), dan bagian kedua terdiri dari 3 soal essay atau uraian yang masing-masing bagian dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasannya.

A. Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 11 Bab Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!
Catatan: Kunci Jawaban ada di akhir soal. Usahakan menjawab sendiri terlebih dahulu, kemudian jawaban dapat dicocokkan dengan kunci Jawaban yang sudah disediakan. Jawaban silahkan digunakan sebagai alternatif jawaban. Jika ada kekeliruan atau kekurang pahaman, silahkan diskusikan dengan teman belajar atau guru PJOK di kelas Anda. Selamat dan semangat belajar.
1. Seseorang dengan berat badan yang berlebih sebaiknya melakukan aktivitas ... .
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. moderat
E. keras

2. Untuk melatih otot dada, saya melakukan latihan ... .
A. sit up
B. crunch
C. back up
D. push up
E. squat

3. Latihan kelenturan kadang diabaikan oleh banyak orang. Di keseharian kelenturan diterapkan saat melakukan aktivitas ... .
A. makan malam
B. minum kopi
C. mandi pagi
D. menyiram tanaman
E. memungut barang

4. Latihan stamina adalah aktivitas yang bermanfaat untuk jantung paru atau sistem kardio respirasi. Mengapa hal ini dapat terjadi?
A. Latihan stamina berlangsung singkat kurang dari 3 menit, hingga memompakan darah ke seluruh tubuh secara terus menerus.
B. Latihan stamina berlangsung lama hingga 30 menit, hingga memompakan darah ke seluruh tubuh secara terus menerus.
C. Latihan stamina berlangsung singkat kurang dari 3 menit, hingga memompakan darah ke seluruh otot tubuh secara terus menerus.
D. Latihan stamina berlangsung singkat kurang dari 3 menit, hingga memompakan darah ke seluruh otot hingga jantung paru bekerja maksimal.
E. Latihan stamina berlangsung lama hingga 30 menit, hingga memompakan darah ke seluruh otot hingga kerja jantung paru bekerja mendekati maksimal.

5. Seseorang dengan pola makan yang berlebihan pada jenis makanan tertentu akan menyebabkan ...
A. kekurangan gizi
B. ketidakseimbangan gizi
C. kelebihan gizi
D. gizi cukup
E. gizi buruk

6. Teman sekelasmu terbiasa makan sayur dan tidak suka daging. Menurutnya sesuatu yang bernyawa tidak layak untuk dibunuh untuk dikonsumsi. Apa saranmu untuk temanmu tadi?
A. Memakan daging.
B. Konsumsi sea food.
C. Minum susu.
D. Konsumsi ikan.
E. Banyak makan karbohidrat.

7. Dalam 6 bulan terakhir kalian kurang melakukan aktivitas fisik, akibat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar akibat pandemi sebauh penyakit. Waktu istirahat kalian bertambah dan pola makan tetap seperti biasa. Apa yang akan terjadi?
A. Berkurangnya berat badan.
B. Bertambahnya berat badan.
C. Berat badan stabil.
D. Berat badan stagnan.
E. Berat badan cukup.

8. Perhatikan tabel di bawah ini!
Manakah pernyataan yang benar terkait tabel di atas?
A. A berat badan berkurang, B berat badan naik, dan C berat badan stabil.
B. A berat badan naik, B berat badan stabil, dan C berat badan berkurang.
C. A berat badan stabil, B berat badan berkurang, dan C berat badan naik.
D. A berat badan naik, B berat badan berkurang, dan C berat badan stabil.
E. A berat badan berkurang, B berat badan naik, dan C berat badan naik.

9. Untuk meregenerasi tubuh setelah berlatih keras, sebaiknya kita banyak mengkonsumsi jenis makanan ... .
A. protein
B. mineral
C. karbohidrat
D. vitamin
E. lemak

10. Perhatikan gambar berikut ini!
Dari ketiga tipe tubuh di atas, manakah diantara mereka yang sulit dan yang mudah untuk bertambah berat badannya?
A. Endomorph mudah dan mesomorph sulit.
B. Endomorph sulit dan mesomorph mudah.
C. Mesomorph mudah dan ectomorph sulit.
D. Mesomorph sulit dan ectomorph mudah.
E. Endomorph mudah dan ectomorph sulit.

Kunci jawaban Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 11 Bab Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur

1. A
2. D
3. E
4. E
5. B
6. C
7. B
8. D
9. A
10. C

B. Soal Essay PJOK Kelas 11 Bab Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang aktivitas fisik! Aktivitas fisik apa sajakah yang dapat dilakukan sehari-hari? 

Jawaban:
Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan yang dihasilkan oleh otot rangka dan memerlukan energi. Sebagai gerakan anggota tubuh yang menyebabkan keluarnya tenaga,aktivitas fisik sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.
Jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan sehari-hari yaitu: belajar, berjalan kaki, berkebun, kerja di taman, mencuci pakaian, mencuci mobil, mengepel lantai, naikturun tangga, dan lainnya.

2. Aktivitas fisik dapat digolongkan menjadi 3 kategori; ringan, sedang, dan berat. Jelaskan pengertiannya masing-masing beserta contohnya! 

Jawaban:
Aktivitas fisik dapat digolongkan menjad i 3 kategori; ringan, sedang, dan berat.
- Aktivitas Ringan
Aktivitas ringan adalah kegiatan keseharian yang tidak teralalu menguras tenaga.Contoh: berjalan kaki, menyapu lantai, mencuci baju/piring, mencuci kendaraan, berdandan, duduk, les/kursus, mengasuhadik, nonton TV, aktivitas bermain playstation, bermain komputer, belajardi rumah, dan duduk santai.

- Aktivitas Sedang
Aktivitas sedang adalah kegiatan yang membutuhkan tenaga terus menerus, gerakan otot yang berirama atau kelenturan (flexibility). Contoh: berlari kecil, bermain tenismeja, berenang, bermain dengan hewan peliharaan, bersepeda, bermain musik, jalan cepat, dsb.

- Aktivitas Berat
Aktivitas berat biasanya berhubungan dengan olahraga yang membutuhkan kekuatan (strength), dan membuat tubuh kita banyak berkeringat. Contoh: berlari, bermain sepakbola, senam aerobik, beladiri (misalnya: karate, taekwondo,pencaksilat), dan aktifitas fisik berat lainnya.

3. Jelaskan pengertian sehat! Apa bedanya antara kesehatan dengan kebugaran? 

Jawaban:
Sehat menurut WHO adalah;”Suatu keadaan sejahtera yang meliputi fisik, mental dan sosial yang tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan”.
Kesehatan merupakan sebuah kondisi abstrak dan tidak dapat diukur, beda halnya dengan kebugaran yang dapat diukur. Memiliki kebugaran tubuh yang baik menjadikan seseorang memperoleh kondisi kesehatan yang diinginkan. Kebugaran tubuh didapat dengan cara melakukan aktivitas fisik yang terprogram.
Program aktivitas fisik (olahraga) yang baik itu terencana, terlaksana, dan terpantau perkembangannya. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choices dan soal essay atau uraian mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) Kelas 11 Bab 9 Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline himpun dan olah dari Modul PJJ PJOK kelas XI SMA. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga soal PJOK kelas XI yang lainnya:

Posting Komentar untuk "Soal PJOK Kelas 11 Bab 9 Manfaat Jangka Panjang dari Partisipasi dalam Aktivitas Fisik secara Teratur ~ sekolahmuonline.com"

close