Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian etnografi! Kemukakan pendapat para ahli tentang pengertian etnografi! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian etnografi! Kemukakan pendapat para ahli tentang pengertian etnografi! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, pada postingan Sekolahmuonline kali ini akan membahas tentang pengertian etnografi. Apa pengertian etnografi? Seperti apa penjelasan para ahli tentang etnografi? Jawabannya akan anda temukan pada pembahasan di bawah ini.
Pengertian etnografi menurut para ahli
Pengertian Etnografi

Pengertian Etnografi

Spradley dalam Metode Etnografi mendefinisikan etnografi sebagai sebuah pekerjaan mendeskripsikan suatu kebudayaan (Spradley, 2007).

Penelitian etnografi dilakukan untuk memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang penduduk asli (Spradley, 2007: 4).

Antropolog meneliti tentang perilaku manusia sedangkan etnografer memfokuskan lebih dalam lagi pada kebudayaan tentang cara hidup suatu masyarakat.

Penelitian etnografi bukan hanya mempelajari masyarakat, melainkan belajar dari masyarakat itu. Seringkali kita kesulitan dalam menafsirkan makna tindakan masyarakat lain. Oleh karena itu, penelitian etnografi hadir untuk memahami tindakan mereka yang membentuk suatu kebudayaan. Makna-makna kebudayaan tersebut kemudian dihubungkan pada teori-teori kebudayaan (Spradley, 2007: 3).

Dengan demikian, penelitian etnografi dalam bidang antropologi bukan hanya sebagai pendekatan penelitian kualitatif, melainkan metodologi yang mendasari terciptanya ilmu antropologi yakni menelusuri tentang studi kebudayaan lebih dalam lagi (Spradley, 2007:13).

Pengertian Etnografi Menurut Para Ahli

Etnografi tidak hanya sebagai sebuah metode penelitian, tetapi juga sebagai pendekatan dan perspektif dalam melihat fenomena sosial. Dalam antropologi budaya, etnografi bertujuan untuk menggambarkan kebudayaan masyarakat.

Berikut ini pengertian etnografi menurut para ahli:

a. Pengertian Etnografi Menurut James Spradley

Salah satu buku etnografi berbahasa Indonesia yang cukup banyak dirujuk adalah buku Metode Etnografi karya James Spradley. Jika kalian tertarik mendalami etnografi dapat membaca karya Spradley ini. Menurut James Spradley, etnografi adalah sebuah karya yang menggambarkan suatu budaya. Fokus kajian etnografi adalah mendeksripsikan dan menafsirkan suatu kelompok masyarakat dengan perhatian utama pada makna tindakan, peristiwa, dan cara hidup masyarakat yang ingin diteliti (Spradley, 2007). Menurut Spradley (1979), etnografer menanyakan dan menggali tentang makna perilaku suatu kelompok masyarakat. Lebih jauh, etnografer bukan sekadar mengamati dan melihat benda hasil kebudayaan (seperti artefak) maupun objek-objek alam, melainkan juga menemukan makna yang diberikan oleh masyarakat terhadap objek-objek tersebut.

Oleh karena itu, etnografer mengamati dan mencatat keadaan emosional atau suasana batin untuk menemukan makna dari suasana batin yang ditampilkan oleh pelaku (seperti ketakutan, kecemasan, kemarahan, dan perasaan lainnya). Dengan kata lain, untuk menggambarkan kebudayaan masyarakat secara menyeluruh, etnografer berusaha menemukan makna dari setiap perilaku, tindakan, keadaan emosional masyarakat, maupun makna yang dilekatkan terhadap hasil kebudayaan dari masyarakat yang dikajinya.

b. Pengertian Etnografi Menurut John W. Creswell

Creswell (2009) mendefinisikan etnografi sebagai strategi penelitian di mana peneliti mempelajari suatu kelompok budaya pada setting alami selama periode waktu yang lama dengan mengumpulkan data observasi dan wawancara. Etnografi adalah pekerjaan dalam mendeskripsikan suatu kebudayaan. Tujuan dari penelitian etnografi adalah untuk memperoleh gambaran dari sub jek penelitian dengan penekanan pada peng gambaran pengalaman sehari-hari individu dengan mengamati dan mewawancarai mereka dan orang lain yang relevan secara menyeluruh atau holistik (Creswell, 2009).

Studi etnografi mencakup wawancara mendalam dan observasi partisipan yang terus-menerus dan berkelanjutan dari suatu situasi dan dalam upaya menangkap gambaran keseluruhan untuk mengungkapkan bagaimana masyarakat menggambarkan dan menyusun dunia mereka (Creswell, 2009).

C. Pengertian Etnografi Menurut John D. Brewer

Pengertian lain mengenai etnografi dari Brewer (2000), etnografi adalah studi tentang orang-orang dalam setting alami melalui metode yang menangkap makna sosial dan aktivitas biasa mereka. Oleh karena itu, etnografi mensyaratkan pelibatan peneliti yang berpartisipasi secara langsung dalam setting alamiah tersebut untuk mengumpulkan data secara sistematis. Tidak hanya cara, seorang etnografer juga tidak melekatkan makna yang dikenakan pada mereka secara eksternal (Brewer, 2000).

Kesimpulan tentang Pengertian Etnografi

Setelah membaca pengertian dari tiga tokoh yang membahas mengenai etnografi, apa yang dapat kalian simpulkan mengenai etnografi? Apa yang ingin ditangkap atau dipahami oleh etnografer dalam menggambarkan kebudayaan?

Secara etimologis etnografi berasal dari kata ethno yang berarti bangsa dan graphien yang berarti tulisan, sehingga etnografi secara etimologi diartikan sebagai tulisan mengenai suku bangsa.

Etnografi secara singkat dapat dipahami sebagai tulisan atau deskripsi tentang kebudayaan suatu masyarakat.

Etnografi bertujuan untuk memahami cara hidup suatu kelompok masyarakat dari sudut pandang penduduk asli atau pelaku budaya itu sendiri.

Etnografi didasarkan pada asumsi bahwa pengetahuan tentang semua budaya itu berharga.

Etnografi berusaha untuk membangun pemahaman yang sistematis tentang semua budaya manusia dari perspektif masyarakat sebagai pelaku dan mempelajari kebudayaan mereka sendiri.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pengertian Etnografi yang dilengkapi dengan pendapat para ahli tentang pengertian etnografi. Semoga bermanfaat. Menambah pengetahuan para pembaca Sekolahmuonline semuanya yang sedang mempelajari Antropologi khususnya untuk yang mencari penjelasan tentang etnografi. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian etnografi! Kemukakan pendapat para ahli tentang pengertian etnografi! ~ sekolahmuonline.com"

close