Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 1 Lebih Dekat dengan Allah Swt yang Sangat Indah Nama-Nya

Sekolahmuonline - Soal Essay PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 1 Lebih Dekat dengan Allah  Swt yang Sangat Indah Nama-Nya. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda soal-soal essay dan jawabannya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Bab 1. Lebih Dekat dengan Allah  Swt yang Sangat Indah Nama-Nya. Semoga bermanfaat.
*********
Jawablah soal-soal berikut dengan benar dan tepat! 

1. Apa yang kamu ketahui tentang iman? Jelaskan! 

Jawaban:
Secara bahasa (etimologi) iman berarti percaya, yakin, membenarkan. Sedangkan menurut istilah iman berarti percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan.

2. Mengapa Allah Swt. itu indah nama-nama-Nya? 

Jawaban:
Karena yang pantas dan layak untuk disematkan pada Allah hanyalah yang indah-indah dan yang baik-baik. Maha Suci Allah dari segala sesuatu yang tidak baik.

3. Mengapa Allah itu al- 'Alim? Sebutkan bukti-buktinya! 

Jawaban:
Al-'Alim artinya Maha Mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pengetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt. Bahkan, peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt. Dengan kata lain, pengetahuan Allah Swt. itu tanpa batas.

4. Mengapa Allah itu al-Khabir? Sebutkan bukti-buktinya! 

Jawaban:
Al-Khabir artinya Maha Waspada, mengetahui perkara yang tersembunyi. Allah Swt. menciptakan milyaran makhluk dengan berbagai ragamnya. Semuanya diketahui oleh Allah dengan detail, penuh kecermatan dan kewaspadaan, baik secara lahir maupun batin. Tidak ada satu pun ciptaan Allah Swt. yang salah sasaran.

5. Mengapa Allah itu as-Sami'? Sebutkan bukti-buktinya dan sebutkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah Swt. yang memiliki nama As-Sami'!

Jawaban:
As-Sami' artinya Maha Mendengar. Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangat pelan.

Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah Swt. yang memiliki sifat Maha Mendengar adalah kita harus berupaya agar segala yang kita ucapkan merupakan perkataan yang baik dan berguna karena kita meyakini bahwa Allah selalu mendengar segala yang kita ucapkan. Bahkan yang masih terbesit di dalam hati pun didengar oleh Allah Swt.

6. Mengapa Allah itu al-Bashir? Sebutkan bukti-buktinya! 

Jawaban:

7. Berikan 2 contoh perilaku al-'Alim dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah! 

Jawaban:
Perilaku yang dapat diwujudkan dalam meyakini sifat Allah al-'Alim diantaranya adalah:
- kita harus terus-menerus mencari ilmu-ilmunya Allah Swt. dengan cara belajar dan merenungi ciptaan-Nya.
kita tidak boleh merasa paling pandai. Hanya Allah yang berhak untuk sombong karena Dia Maha Mengetahui. Orang berilmu itu harus tetap rendah hati. Seperti pohon padi, semakin berisi semakin merunduk.

8. Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah! 

Jawaban:
Perilaku yang dapat diwujudkan bagi orang yang percaya bahwa Allah Swt. Mahawaspada adalah:
- hendaklah kita harus waspada dan cermat terhadap apa yang kita lakukan atau yang akan kita lakukan. Kita harus waspada dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di rumah, maupun di tempat lainnya. Orang yang waspada akan mendapatkan hasil maksimal dan tidak akan menyesal di kemudian hari.

9. Jelaskan arti al-'Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir! 

Jawaban:
Al-'Alim: Maha Mengetahui
Al-Khabir: Maha Waspada
As-Sami': Maha Mendengar
Al-Bashir: Maha Melihat

10. Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau al-Husna tersebut?

Jawaban:
Diajak dialog, diajak biacara baik-baik, diingatkan, dan dinasehati. Karena kita harus saling mengingatkan dan menasehati.
Contoh Soal Lengkap PAIBP Kelas 7 SMP/MTs bisa dilihat pada link berikut ini:

Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs: Bab 1. Lebih Dekat dengan Allah  Swt yang Sangat Indah Nama-Nya

Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs: Bab 2. Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah

Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs: Bab 3. Semua Bersih, Hidup Jadi Nyaman

Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 4. Indahnya Kebersaman dengan Berjamaah

Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 5. Selamat Datang Nabi Kekasihku

Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 6. Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah


Soal PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 7. Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt




Demikian sajian Sekolahmuonline tentang contoh soal PAIBP Kelas VII SMP/MTs beserta jawabannya lengkap dari bab pertama hingga terakhir. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semoga manfaatnya semakin tersebar luas. Terimakasih. Syukron. Thanks. Xie-xie. Jazaakmullahu Khairan katsiiran.

Posting Komentar untuk "Soal Essay PAIBP dan Jawabannya Kelas VII SMP/MTs Bab 1 Lebih Dekat dengan Allah Swt yang Sangat Indah Nama-Nya"

Iklan

Close x