Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 3 Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama (Kimia Kelas XII SMA/MA)

Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 3 Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama (Kimia Kelas XII SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk Anda khususnya adik-adik yang sekarang menempuh pendidikan di kelas kelas 12 SMA dan MA jurusan IPA, Rangkuman mata pelajaran Kimia kelas 12. Rangkuman Kimia Kelas XII kali ini tentang Bab Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama
Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama, Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 3 Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama
Pada Bab III Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama ini meliputi beberapa pembahasan, diantaranya: Unsur-Unsur Gas Mulia, Unsur-Unsur Halogen, Unsur-Unsur Golongan Alkali, Unsur-Unsur Golongan Alkali Tanah, Aluminium dan Senyawanya, Karbon dan Silikon, Nitrogen, Oksigen, dan Belerang

Baca juga:



Oke, berikut ini Rangkuman Kimia Kelas XII SMA/MA Bab III Deskripsi Unsur-Unsur Golongan UtamaSelamat membaca dan mempelajari.

Rangkuman Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama

Unsur-unsur golongan utama yang terdapat dalam tabel periodik mempunyai kelimpahan yang relatif tinggi di alam dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam aplikasi, baik dalam rumah tangga maupun industri. Unsur-unsur golongan utama itu di antaranya logam alkali, alkali tanah, Aluminium, karbon, silikon, nitrogen, oksigen, belerang, halogen, dan gas mulia.

1. Semua gas mulia diperoleh dari atmosfer bumi melalui distilasi fraksionasi udara cair. Gas mulia dimanfaatkan terutama untuk pengisi lampu penerang, papan reklame, dan las logam.

2. Halogen merupakan unsur-unsur bukan logam yang sangat reaktif dan melimpah dalam air laut dan mineral.
Unsur-unsur halogen diperoleh melalui elektrolisis dan digunakan untuk berbagai aplikasi dalam industri.

3. Unsur-unsur golongan alkali terdapat dalam berbagai mineral silikat dan diperoleh melalui elektrolisis lelehan garamnya. Semua unsur alkali bersifat reaktif. Senyawa natrium yang penting adalah NaOH, NaCl, dan Na2CO3. Natrium hidroksida diperoleh melalui elektrolisis larutan NaCl, digunakan untuk membuat kertas dan ekstraksi logam aluminium oksida dari bauksit. Natrium karbonat digunakan untuk membuat gelas. Kalium klorida merupakan bahan untuk membuat pupuk.

4. Unsur-unsur golongan logam alkali tanah terdapat dalam batuan alumino-silikat, air laut, dan kulit kerang.
Semua unsur golongan alkali tanah cukup reaktif.
Sumber utama magnesium adalah air laut, dan sumber kalsium diperoleh dari kulit kerang dan batu kapur

Magnesium diperoleh melalui elektrolisis garam kloridanya, digunakan untuk membuat paduan logam.
Unsur-unsur alkali tanah yang lain diperoleh melalui reaksi reduksi. Kalsium oksida diperoleh melalui pemanasan batu kapur untuk industri baja dan pengolahan kesadahan air.

5. Aluminium merupakan unsur ketiga yang paling banyak di alam, terutama dalam bauksit. Aluminium larut dalam asam maupun basa. Logam aluminium diproduksi melalui proses elektrolisis aluminium oksida (proses Hall). Senyawa aluminium yang penting adalah garam sulfat (tawas), digunakan dalam industri kertas dan penjernihan air.

6. Silikon merupakan unsur paling melimpah di alam, terdapat dalam bentuk silika (SiO2) dan mineral silikat.
Silikon dipakai untuk bahan semikonduktor. Adapun unsur nitrogen terdapat dalam jumlah terbanyak di atmosfer sebagai gas diatom. Nitrogen dapat membentuk senyawa dengan biloks mulai dari –3 sampai dengan +5. Amonia dan asam nitrat merupakan senyawa nitrogen yang penting, digunakan untuk pupuk. Asam nitrat diperoleh melalui proses Ostwald.

7. Oksigen terdapat di atmosfer bumi sebagai gas diatom.
Gas oksigen diperoleh melalui pencairan udara secara distilasi bertingkat. Gas oksigen digunakan untuk las logam, medis, pembakaran, dan sumber energi.
Belerang terdapat sebagai belerang bebas (S8) dan senyawanya (ferit dan H2S). Belerang bebas ditambang melalui proses Frasch, dipakai dalam industri asam sulfat melalui proses kontak.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman Kimia Kelas XII SMA/MA Bab III Deskripsi Unsur-Unsur Golongan UtamaSemoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Baca juga soal-soal dan rangkuman mata pelajaran Kimia kelas 12 pada postingan di bawah ini:

Soal-soal Kimia kelas 12 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya:
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 3 Deskripsi Unsur-Unsur Golongan Utama (Kimia Kelas XII SMA/MA)"

close