Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan kegunaan Karbon Dioksida (Soal Kimia Kelas 12 SMA/MA)

Sebutkan kegunaan Karbon Dioksida (Soal Kimia Kelas 12 SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal Kimia Kelas XII SMA dan MA yang membahas tentang kegunaan Karbon Dioksida. Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat dan memudahkan anda dalam belajar.
Kegunaan Karbon Dioksida, kegunaan CO2, Sebutkan kegunaan Karbon Dioksida, soal kimia, kimia kelas 12
Sebutkan kegunaan Karbon Dioksida!

Jawaban/Pembahasan:
Karbon dioksida dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar yang mengandung karbon. Secara alami, karbon dioksida berwujud gas dan diperoleh dari hasil metabolisme hewan dan hanya sedikit sekali di atmosfer, sekitar 0,03% volume (Kirk – Othmer, vol. 5). Meskipun tidak berbahaya, akan tetapi jika kadarnya terlalu besar dapat menyebabkan orang pingsan dan merusak sistem pernapasan.

Karbon dioksida secara komersial diperoleh dari pembakaran residu penyulingan minyak bumi. Dalam jumlah besar juga diperoleh sebagai hasil samping produksi urea dan pembuatan alkohol dari proses fermentasi.

Reaksi:

Beberapa kegunaan karbon dioksida adalah:
a. Es kering (dry ice), digunakan sebagai pendingin, seperti pada pembuatan es krim, produk daging, dan makanan beku.
b. Sebagai pemadam api, CO2 akan mencegah api menyebar karena sifatnya yang lebih ringan dibandingkan dengan udara, sehingga akan melingkari api.
c. Untuk membuat minuman berkarbonasi (soft drink), seperti air soda, limun, dan lainnya.
d. Sebagai reagen kimia pada proses pembuatan sodium salisilat, potasium, amonium karbonat dan bikarbonat.
e. Sebagai bahan baku untuk fotosintesis dan menentukan suhu global iklim.
f. Sebagai bahan baku untuk fotosintesis tumbuhan air dan digunakan siput dan sejenisnya untuk membuat cangkang.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Pembahasan Contoh Soal Kimia Kelas XII SMA/MA tentang Kegunaan Karbon Dioksida. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Jangan sampai ilmu pengetahuan ini cuma berhenti  di smartphone, Android, tablet, atau laptop Anda. Cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Sebutkan kegunaan Karbon Dioksida (Soal Kimia Kelas 12 SMA/MA)"

close