Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 4 Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 4 Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas 12 Bab 4 yang membahas tentang Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan pembaca semunya dalam belajar Kimia di kelas 12. Selamat dan semangat belajar.

Rangkuman Kimia Kelas XII Bab 4 Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan


Kimia Kelas 12 Bab 4 meliputi dua kegiatan pembelajaran:

Pertama : Sel Volta atau Sel Galvani

Kedua : Sel Volta dalam kehidupan sehari-hari

Rangkuman Kimia Kelas XII Bab 4 Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan

1. Reaksi redoks spontan dapat digunakan sebagai sumber listrik, alat yang dapat mengubah reaksi kimia menjadi energi listrik disebut sel Volta atau sel Galvani.

2. Anoda adalah elektroda negatif dan merupakan tempat reaksi oksidasi. Katoda adalah elektroda positif dan merupakan tempat reaksi reduksi. Elektron mengalir dari anoda menuju katoda.

3. Potensial sel volta dapat ditentukan melalui eksperimen dengan menggunakan voltmeter atau dihitung berdasarkan data potensial elektroda standar. 

Dirumuskan:

E°sel = E°reduksi + E°oksidasi

4. Deret keaktifan logam adalah susunan unsur unsur berdasarkan urutan potensial elektroda standar. Semakin positif harga Eo reduksi logam maka semakin mudah logam tersebut tereduksi.

5. Baterai dan aki adalah contoh sel volta yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bateri termasuk sel primer sedangkan aki termasuk sel sekunder.

6. Sel volta dapat dibuat dari bahan sederhana yang terdapat dilingkungan, contohnya baterai garam dapur, yang disebut juga baterai seng udara

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas 12 Bab 4 Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga soal-soal dan rangkuman mata pelajaran Kimia kelas 12 pada postingan di bawah ini:

Soal-soal Kimia kelas 12 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya:
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 12 Bab 4 Sel Volta dan Aplikasinya dalam Kehidupan ~ sekolahmuonline.com"

close