Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10 Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10 Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10 yang membahas tentang Strategi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10 Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 10 Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama tentang Perjuangan Fisik
- Kegiatan Pembelajaran Kedua tentang Perjuangan Diplomasi

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Bab 10 Strategi mempertahankan kemerdekaan Indonesia

1. Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA disambut dengan kemarahan rakyat Indonesia yang tidak ingin dijajah di berbagai daerah

2. Dalam upayanya menguasai kembali Indonesia, Belanda menempuh cara konfrontasi melalui Agresi Militer I dan II.

3. Kegigihan dan semangat mempertahankan kemerdekaan ditunjukkan oleh seluruh rakyat Indonesia diberbagai daerah, yang pada akhirnya memaksa Belanda untuk menempuh jalur perundingan untuk mengakhiri konflik dengan Indonesia

4. Perjuangan diplomasi bangsa Indonesia diawali dengan perundingan Linggar Jati yang membuat wilayah Indonesia menyempit hanya terdiri dari Sumatra, Jawa, dan Madura

5. Perundingan Renville semakin mempersempit wilayah Indonesia menjadi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra

6. Perundingan Roem Royen hasilnya Pemerintah RI kembali ke Yogyakarta, dan akan diadakan Konferensi Meja Bundar antara Indonesia dengan Belanda

7. Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan solusi yang ditawarkan oleh UNCI untuk mengakhiri konflik Indonesia-Belanda. Melalui KMB inilah tercapai pengakuan kedaulatan Indonesia oleh belanda pada 27 Desember 1949.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10 Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 1 s.d Bab 10 silahkan anda baca dan pelajari pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. 

Soal Sejarah Indonesia kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya, dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10 Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

close