Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VIII SMP yang kini menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru), Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VIII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 8 Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan.
Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan
PAIBP Kelas VIII Kurikulum Merdeka Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan adalah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VIII SMP masuk pembahasan pertama di semester ganjil.

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan, baca kisah menarik inspiratif berikut ini:

Irigasi dalam Peradaban Islam

Di zaman keemasan Islam, irigasi menjadi salah satu obyek yang sangat vital. Seperti diketahui, pada awalnya negeri-negeri muslim terletak di daratan yang tandus, meskipun dilewati oleh sungai-sungai besar. Seperti sungai Eufrat di Syiria, Tigris di Irak, dan sungai Nil di Mesir. Para petani harus berpikir keras untuk mendatangkah air ke tanah-tanah mereka yang kering.

Pemerintahan Islam kemudian mencetuskan “Revolusi Hijau” dengan mempercanggih teknologi irigasi yang sudah ada sebelumnya. Pembangunan sarana irigasi dan kanal secara besar-besaran terjadi di era kekuasaan pemerintahan Daulah Abbasiyah. Pemerintahan Abbasiyah berupaya membuat aliran air dari sungai Tigris dan Eufrat ke lahanlahan pertanian.

Teknisi-teknisi muslim pemerintahan Abbasyah mampu mengembangkan beragam teknologi, seperti peralatan pengangkat air, cara penyimpanan, pengangkutan serta distribusi air. Bahkan, mereka pun berhasil menciptakan teknik pencarian sumber-sumber air baik yang tersembunyi maupun sistem bawah tanah. Pemerintahan Abbasiyah juga berhasil menemukan teknologi untuk mengalirkan air ke daratan yang lebih tinggi.

Salah satu teknologi yang dipergunakan secara luas sampai ke daratan Eropa adalah teknik irigasi Noria. Dalam bahasa Arab disebut Na’ura, yakni sebuah mesin pengangkat air yang masuk ke dalam saluran air kecil. Noria berbentuk kincir air menggunakan roda vertikal menggantung dengan ember berantai. Ember tersebut bisa masuk ke dalam mata air hingga 8 meter. Noria bisa digerakkan oleh hewan, angin, maupun aliran sungai.

Teknologi-teknologi yang dikembangkan ini semuanya ramah lingkungan. Semua menggunakan energi dari alam, seperti binatang, angin, dan air untuk menggerakkan kincir irigasi. Meskipun demikian teknologi ini berhasil meningkatkan produktivitas pertanian di negerinegeri muslim yang sebelumnya kering dan tandus. Teknologi ini juga mampu menyediakan sumber makanan di negeri-negeri muslim tanpa menyebabkan dampak kerusakan lingkungan.
(Sumber: Buku PAIBP Kelas VIII SMP) 

Rangkuman PAIBP Kelas VIII Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan

• Banyak perilaku maksiat yang dapat mengakibatkan kerusakan alam semesta baik di daratan maupun di lautan, mulai dari banjir sampai pemanasan global, dan kekurangan makanan. Perilaku maksiat ini terjadi karena sikap dan perilaku manusia yang eksploitatif terhadap alam. Akibatnya manusia sendiri yang merasakan dampak buruk dari kerusakan alam.

• Allah menciptakan alam dan segala isinya sebagai nikmat yang diberikan kepada manusia. Manusia harus menghargai dan mensyukurinya dengan menjaga dan melestarikannya sehingga dapat memanfaatkan nikmat alam itu untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan umat manusia.

• Pelajar muslim harus berpartisipasi aktif dalam menjaga dan melestarikan alam serta menghindari perilaku yang berdampak negatif terhadap alam. Partisipasi ini bisa dilakukan secara pribadi, seperti menghindari menggunakan sampah plastik sekali pakai atau membuang sampah pada tempatnya. Bisa juga dilakukan secara berkelompok, misalnya mengampanyekan gerakan mencintai alam dan menyelamatkan alam dari kerusakan.

• Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membunyikan atau melafalkan huruf-huruf yang terdapat dalam al-Qur’an.
Dengan mempelajari ilmu tajwid, kita dapat membaca al-Qur’an dengan benar.

• Bacaan Lam Jalālah

√ Lam jalālah adalah huruf lam yang terdapat pada lafal “Allah” Subhanahu wa Ta'ala.

√ Ada dua cara dalam membaca lam jalālah:
a. Bacaan Tafkhīm
Tafkhīm adalah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara atau bacaan tebal. Bacaan tafkhīm dibaca dengan cara mengucapkan huruf di bibir sambil menjorokkan ke depan.
Lam jalālah dibaca tafkhīm apabila berada di awal kalimat, setelah harakat fatah, atau setelah harakat damah.
Contoh:
- Di awal kalimat : اَللُّٰهُ الَّذِيْ

- Setelah harakat fatah: سُبْحَانَ اللِّٰه
 
- Setelah harakat damah: صَلَاةُ اللِّٰه

b. Bacaan Tarqīq
Tarqīq adalah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara atau bacaan tipis. Bacaan tarqīq dibaca dengan cara mengucapkan huruf di bibir agak mundur sedikit dan tampak agak meringis.  Lam jalālah dibaca tarqīq apabila berada setelah harakat kasrah.

Contoh: بِسْمِ اللِّٰه

• Bacaan Ra
√ Sebagaimana lam jalālah, ada huruf ra juga bisa dibaca secara tafkhīm ataupun tarqīq.
a. Huruf ra dibaca tafkhīm apabila berharakat fatah, damah, sukun yang didahului huruf berharakat fatah, atau sukun yang didahului harakat damah.

- Berharakat fatah : ظَهَرَ
- Berharakat damah: نَصْرُاللَّه 
- Sukun didahului harakat fatah: الْاَرْضَ
- Sukun didahului harakat damah: قُرْبَةً

b. Huruf ra dibaca tarqīq apabila berharakat kasrah atau sukun yang didahului oleh huruf berharakat kasrah.
- Berharakat kasrah: رِزْقًا
- Sukun didahului harakat kasrah: إِرْجِعِى

• Diantara ayat-ayat al-Qur’an tentang pelestarian alam terdapat dalam Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan az-Zukhruf/43:13.
a. Terjemah Q.S. Ar-Rum/30: 41
“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

b. Terjemah Q.S. Ibrahim/14: 32
“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan kehendakNya, dan Dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu.”

c. Terjemah Q.S. Az-Zukhruf/43: 13
“Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan agar kamu mengucapkan, “Maha-suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.”

Profil Pelajar Pancasila

Setelah mempelajari PAIBP kelas VIII materi Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan, sebagai manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, kalian diharapkan mampu membentuk karakter yang lebih bermutu. Berikut ini karakter yang diharapkan:
1. Meyakini bahwa alam dan segala isinya adalah ciptaan Allah Swt.
2. Menghindarkan diri dari perilaku yang dapat merusak alam
3. Menolak segala jenis eksploitasi yang merusak lingkungan dan alam
4. Bersama semua elemen bangsa siap menjaga Indonesia dari para perusak lingkungan tanpa melihat latar belakang suku, agama, ras, dan golongan
5. Aktif berpartisipasi dan bergotong royong dalam menyelamatkan alam dari kerusakan
6. Mengampanyekan cinta lingkungan dan kelestarian alam secara kreatif

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VIII SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap soal dan rangkuman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 8 Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul di bawah ini. 
Soal PAIBP Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar:
Rangkuman atau ringkasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close