Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah [750 - 1258] (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah [750 - 1258] (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VIII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VIII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 8 Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750 - 1258).
Rangkuman PAIBP Kelas 8 SMP Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah [750 - 1258] (PAIBP Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka Belajar)
PAIBP Kelas VIII Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750 - 1258) adalah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VIII SMP masuk pembahasan kedua di semester ganjil.

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan, baca kisah menarik inspiratif berikut ini:

Kisah Hidup Bapak al-Jabar

Bapak al-Jabar, demikian ia sering dijuluki. Ia adalah seorang ahli matematika dari Persia. Nama aslinya adalah Abu Abdallah Muhammad ibnu Musa al-Khawarizmi. Ia lahir di Khawarizm, Uzbeikistan pada tahun 780 M. Karena itulah ia kerap dipanggil dengan panggilan al-Khawarizmi.

Selain ahli matematika, ia juga seorang ahli astronomi dan geografi. Berkat kehebatannya, al-Khawarizmi terpilih sebagai ilmuwan penting di Bayt al-Ḥikmah yang didirikan Daulah Abbasiyah di Baghdad. Seperti yang sudah kalian baca sebelumnya Bayt al-Ḥikmah merupakan lembaga yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan tinggi. Dalam kurun dua abad, Bayt al-Ḥikmah berhasil melahirkan banyak pemikir dan intelektual Islam. Salah satunya adalah al-Khawarizmi ini.

Karya monumental al-Khawarizmi berjudul Aljabr wal Muqābalah (Pengutuhan Kembali dan Pembandingan). Buku ini sangat populer di negara-negara Barat dan diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Latin dan Italia. Bahasan yang banyak dinukil oleh ilmuwan Barat dari karangan al-Khawarizmi ini adalah tentang persamaan kuadrat.

Sumbangan al-Khwarizmi dalam ilmu ukur sudut juga luar biasa. Tabel ilmu ukur sudutnya yang berhubungan dengan fungsi sinus dan garis singgung tangen telah membantu para ahli Eropa memahami lebih jauh tentang ilmu ini. Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi.

Kalian tentu sudah pernah mempelajarinya pada mata pelajaran matematika. Kini kalian sudah mengetahuinya bahwa ilmu itu ditemukan oleh seorang muslim di negeri muslim juga. (Sumber: Buku PAIBP Kelas VIII SMP)

Rangkuman PAIBP Kelas VIII Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750 - 1258)

1. Daulah Abbasiyah adalah keturunan raja-raja yang memerintah yang berasal dari keluarga (bani) Abbas. Mereka berhasil mengalahkan Daulah Umayah yang berkuasa pada saat itu. Khalifah pertama yang dikukuhkan adalah Abu al-Abbas (750 -754 M). Masa keemasan Bani Abbasiyah terjadi pada era Harun al-Rasyid (786 – 809 M) dan al Makmun (813-833 M). Setelah al-Makmun Daulah Abbasiyah mulai mengalami kemerosotan. Daulah Abbasiyah runtuh karena diserbu oleh tentara Mongol pada tahun 1258 M.

2. Sejak era Khalifah al-Mansur, Daulah Abbasiyah membangun Baghdad sebagai ibu kota pemerintahan. Baghdad dibangun dengan sangat indah, yakni dengan memadukan beragam seni dari kultur yang berbeda-beda. Baghdad kemudian berkembang sebagai pusat peradaban dunia. Di dalamnya berpadu beraneka ragam seni dan kebudayaan. Di antaranya seni arsitektur yang mengadopsi gaya Persia, seni patung dan lukis yang dekat dengan kultur Kristen, seni kaligrafi yang asli dari budaya Islam, maupun seni industri dan seni musik.

3. Pada era keemasannya, Baghdad, melalui Bayt al-Ḥikmah, juga dikenal sebagai pusat Ilmu pengetahuan dunia. Pada awalnya Bayt al-Ḥikmah hanya perpustakaan pribadi khalifah Harun al-Rasyid. Bayt al-Ḥikmah kemudian dikembangkan oleh Khalifah al-Makmun sebagai lembaga pendidikan tinggi, biro penerjemahan, observatorium astronomi, dan rumah sakit. Banyak orang dari seluruh penjuru dunia datang ke Baghdad untuk menimba ilmu di Bayt al-Ḥikmah. Di Bayt al-Ḥikmah ini juga berkumpul berbagai ilmu pengetahuan yang berasal dari negeri yang berbeda-beda. Karenanya Bayt al-Ḥikmah menjadi inspirasi bagi keharmonisan intelektual antar agama.

Profil Pelajar Pancasila

Setelah mempelajari PAIBP kelas VIII materi Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750 - 1258), sebagai manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, kalian diharapkan mampu membentuk karakter yang lebih bermutu. Berikut ini karakter yang diharapkan:
1. Mensyukuri nikmat ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Rajin belajar dan senang membaca
3. Mengonfirmasi kebenaran berita yang didapatkan di media sosial
4. Toleran terhadap perbedaan
5. Bergotong royong membangun kehidupan yang harmonis antar umat beragama
6. Mengampanyekan gerakan literasi secara kreatif

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750 - 1258) yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VIII SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga soal PAIBP Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar yang lainnya dengan meng-klik judul-judul di bawah ini:
Untuk rangkuman atau ringkasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 5 Meneladani Semangat Literasi dan Produktivitas Seni dan Bait Al-Hikmah pada Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah [750 - 1258] (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close