Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian sikap selektif! [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian sikap selektif! [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, masih lanjut lagi tentang postingan Sekolahmuonline yang membahas materi pelajaran PPKn Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK Bab Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kali ini Sekolahmuonline akan membahas tentang "Sikap yang dapat kita lakukan untuk menghindari pengaruh negatif dari kemajuan IPTEK". Spesifikasinya adalah pengertian sikap selektif.

Pengertian Sikap Selektif

Jawaban:
Sikap selektif dapat diartikan sebagai sikap untuk memiliki dan menentukan alternatif yang terbaik bagi kehidupan diri, lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara melalui proses yang berhati-hati, rasional, dan normatif terhadap segala macam pengaruh dari luar sehingga apa yang telah menjadi pilihan dapat diterima oleh semua pihak dengan penuh tanggung jawab.

Menghindari Pengaruh Negatif dari Kemajuan IPTEK dengan Sikap Selektif

Sikap seperti apa yang dapat kita lakukan untuk menghindari pengaruh negatif dari kemajuan iptek?

Jawaban:
Kita dapat menerima pengaruh positif dari kemajuan IPTEK, namun kita tetap harus selektif memilih semua aspek positif agar nilai dan jati diri bangsa tidak hilang.

Kita juga harus menghindari pengaruh negatif itu yang akan berakibat kemunduran bagi Bangsa Indonesia. Sikap selektif dapat diartikan sebagai sikap untuk memiliki dan menentukan alternatif yang terbaik bagi kehidupan diri, lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara melalui proses yang berhati-hati, rasional, dan normatif terhadap segala macam pengaruh dari luar sehingga apa yang telah menjadi pilihan dapat diterima oleh semua pihak dengan penuh tanggung jawab.
Misalnya dalam penggunaan teknologi dalam pendidikan, kita dapat melakukan hal-hal seperti memanfaatkan teknologi untuk membantu mengelola prioritas, menggunakan teknologi untuk komunikasi yang lebih baik, menggunakan cara yang berbeda untuk mendapatkan pendidikan dan memanfaatkan teknologi agar tepat waktu.

Contoh lainnya teknologi dapat membuat keterampilan hidup kita menurun. Misalnya kemampuan berkomunikasi tatap muka akan lebih sering menggunakan fitur chat atau telepon. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh memanfaatkan teknologi, kita dapat melakukan cara-cara sebagai berikut :
1. Membatasi penggunaan gadget dan perbanyak sosialisasi dan bergaul dengan orang lain secara tatap muka. Berkomunikasi tatap muka akan melatih kemampuan berkomunikasi kita dalam segala hal karena akan melibatkan ekspresi, bahasa tubuh, intonasi suara, postur tubuh, dan lain-lain.
2. Manfaatkan teknologi untuk hal yang lebih positif, seperti mencari ilmu pengetahuan atau informasi, bukan untuk menjahili teman “prank”, menonton video-video atau film yang tidak bermutu atau terlarang, dan sebagainya.
3. Tetap melakukan hal-hal konvensional atau hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang tua atau kakek nenek kita sebelum teknologi berkembang pesat. Dengan kembali bepergian dengan naik sepeda atau berjalan kaki misalnya akan membuat kita berolahraga dan lebih sehat. Dan mungkin kita akan menjadi lebih sadar dengan lingkungan sekitar kita. Mungkin saja selama ini kita tidak menyadari ada warung makan baru di dekat rumah kita karena kita tidak memperhatikan jalanan saat menaiki mobil atau hanya bermain gadget.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan tentang pengertian sikap selektif. Semoga kita menjadi tahu bahwa sikap selektif dapat kita lakukan untuk menghindari pengaruh negatif dari kemajuan IPTEK. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian sikap selektif! [PPKn Kelas 12] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x