Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau resume mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2). Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Rangkuman atau ringkasan IPS Kelas IX SMP/MTs Semester 2 Bab 4 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
Silahkan dibaca dan dipelajari, jangan lupa berbagai/sharing kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.

Rangkuman IPS Kelas IX Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (Semester 2)

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini meliputi tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran 1 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
- Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
- Kegiatan Pembelajaran 3 Perkembangan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya Setelah Proklamasi Kemerdekaan

Nah, berikut rangkuman atau ringkasan IPS kelas 9 semester genap Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Selamat membaca dan selamat belajar. 

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

1. Berita penyerahan Jepang pada sekutu menumbuhkan harapan kuat di kalangan para pejuang Indonesia, terutama di Jakarta, untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Untuk itu para pejuang segera melakukan tindakan tertentu dalam rangka mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Para pejuang kemerdekaan dari golongan tua dan golongan muda saling merapatkan barisan untuk mencapai tujuan bersama, yakni kemerdekaan.

2. Kemerdekaan yang kita raih bukan merupakan pemberian dari bangsa lain, tetapi merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada awal kemerdekaan, para pejuang berusaha mati-matian untuk mempertahankan kemerdekaan agar tidak dikuasai oleh Sekutu lagi. Sebagai generasi muda hendaknya kita meneladani patriotisme para pahlawan. Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan belajar giat dan melaksanakan pembangunan sebaik mungkin.

3. Setelah dibacakan teks proklamasi, maka telah lahir Republik Indonesia. Suatu peristiwa yang bersejarah bagi bangsa Indonesia telah terjadi. Peristiwa yang sangat lama dinantikan oleh segenap lapisan masyarakat, tetapi membutuhkan pengorbanan yang tidak ternilai harganya. Meskipun kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan tetapi Negara Indonesia belum memiliki kelengkapan pemerintahan. Padahal alat kelengkapan negara tersebut merupakan hal yang mutlak untuk menjamin kehangsungan negara. Maka pada tanggal 18 Agustus 1945 dibentukanlah alat kelengkapan negara dan departemen pemerintahan

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

1. Setelah proklamasi kemerdekaan, Kedatangan sekutu awalnya disambut terbuka oleh pihak Indonesia. Namun setelah diketahui bahwa pasukan Sekutu tersebut diboncengi NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang dengan terang-terangan ingin menegakkan kembali kekuasaan Hindia Belanda, maka sikap rakyat Indonesia pun berubah menjadi curiga dan bermusuhan dan tambah memanas setelah NICA mempersenjatai kembali orang-orang KNIL yang baru dilepaskan dari tahanan Jepang. Maka terjadi insiden-insiden pertempuran dengan pihak RI.

2. Sebab-sebab terjadinya konflik Indonesia dan Belanda:
» Keinginan Belanda untuk Berkuasa Kembali di Indonesia
» Adanya Dukungan Tentara Sekutu terhadap Belanda
» Keinginan Bangsa Indonesia untuk Mempertahankan Kemerdekaan

3. Faktor penyebab keberhasilan Bangsa Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dan memaksa Belanda untuk keluar dari Indonesia antara lain:
» Kesiapan Rakyat Indonesia dalam Menghadapi Setiap Aksi Militer yang dilakukan Belanda
» RI tetap ada dan berjalan seperti biasa pada waktu Belanda menduduki Ibukota RI di Yogyakarta
» Semangat Juang dan Nasionalisme TNI dan rakyat untuk tetap mempertahankan Kemerdekaan dan NKRI
» Adanya tekanan dan dukungan dari Dunia Internasional terhadap Indonesia

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3 Perkembangan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya Setelah Proklamasi Kemerdekaan

1. Inflasi yang terjadi pada masa awal kemerdekaan, disebabkan karena beredarnya lebih dari satu mata uang secara tidak terkendali. Pada waktu itu, untuk sementara waktu pemerintah RI menyatakan tiga mata uang yang berlaku di wilayah RI, yaitu mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia Belanda, dan mata uang pendudukan Jepang. Sebagai akibat dari adanya inflasi, yang paling menderita adalah petani, karena pada zaman pendudukan Jepang petani adalah produsen yang paling banyak menyimpan dan memiliki mata uang Jepang. Pada bulan Oktober 1946, pemerintah RI juga mengeluarkan uang kertas baru, yaitu ORI (Oeang Republik Indonesia) sebagai pengganti uang Jepang. 

2. Keadaan Sosial Masyarakat Pasca Kemerdekaan Pasca Proklamasi kemerdekaan banyak terjadi perubahan sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada khususnya. Dikarenakan sebelum kemerdekaan diproklamirkan, di dalam kehidupan bangsa Indonesia ini telah terjadi diskriminasi rasial dengan membagi kelas-kelas dalam masyarakat. Yang mana masyarakat di Indonesia sebelum kemerdekaan didominasi oleh warga eropa dan Jepang, sehingga warga pribumi hanyalah masyarakat rendahan yang kebanyakan hanya menjadi budak dari bangsawan atau penguasa.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) Bab 4 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rangkuman Sekolahmuonline Himpun dari Modul PJJ IPS kelas IX SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap baca tautan/link di bawah ini:

√ Rangkuman IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Essay IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x