Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ Sekolahmuonline.com

Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ Sekolahmuonline.com. Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) lengkap dengan kunci jawabannya. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal esai atau uraian IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bagian Pertama [Part 1] Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap dengan Kunci Jawabannya
Silahkan dibaca dan dipelajari, jangan lupa berbagai/sharing kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.

Soal Esai IPS Kelas IX Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia: Kegiatan Pembelajaran 1 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini meliputi tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran 1 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
- Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
- Kegiatan Pembelajaran 3 Perkembangan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya Setelah Proklamasi Kemerdekaan

Okay, berikut soal esai atau uraian IPS kelas 9 semester genap Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Sesuai dengan kegiatan pembelajarannya yang dibagi menjadi tiga, maka agar tidak terlalu panjang soal bab ini kita bagi tiga (Part 1, 2, dan 3). Nah ini adalah bagian yang pertama (Part 1). Selamat membaca dan selamat belajar. 

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan 2 alasan para pemuda mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia?

Jawaban:
Alasan para pemuda mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia yakni;
d. Kesempatan emas saat vacuum of power, Jepang sudah menyerah kepada sekutu harus di manfaatkan untuk proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanpa melalui sidang PPKI
e. Kemerdekaan tanpa harus menunggu ijin dari Jepang, supaya proklamasi ini hasil perjuangan sendiri, bukan hadiah dari Jepang

2. Jelaskan Latar belakang penyebab timbulnya peristiwa Rengasdengklok !

Jawaban:
Latar belakang penyebab timbulnya peristiwa Rengasdengklok adalah adanya perbedaan pendapat antara Golongan Tua (Sukarno dkk) dengan Golongan Muda tentang waktu pelaksanaan Proklamasi. Golongan Muda minta segera proklamasi di laksanakan, tanpa menunggu rapat PPKI dan ijin dari Jepang.

3. Mengapa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dialihkan dari lapangan Ikada ke jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta?

Jawaban:
Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dialihkan dari lapangan Ikada ke jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, karena menghindari pertumpahan darah dan bentrok fisik dengan tentara Jepang. Karena meskipun Jepang telah menyerah pada Sekutu, mereka masih mempunyai pasukan lengkap dengan persenjataannya. Jepang berkewajiban menjaga status quo terhadap wilayah Indonesia.

4. Mengapa Laksamana Maeda mengijinkan rumahnya dipergunakan sebagai tempat perumusan teks proklamasi?

Jawaban:
Laksamana Maeda mengijinkan rumahnya dipergunakan sebagai tempat perumusan teks proklamasi, karena meskipun sebagai Jenderal Angkatan Laut Jepang, dia mempunyai kecenderungan untuk mendukung kemerdekaan Indonesia, dan melindungi tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia.

5. Sebutkan 3 hasil keputusan sidang pertama PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945 !

Jawaban:
Hasil keputusan sidang pertama PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945;
a. Mengesahkan UUD 1945 sebagai dasar negara
b. Memilih Sukarno – Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia
c. Membentuk Komite Nasional Indonesia (KNIP) untuk membantu tugas presiden


Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap baca tautan/link di bawah ini:

√ Rangkuman IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Essay IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

Posting Komentar untuk "Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ Sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x