Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 3] ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 3] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Bagian Ketiga [Part 3] dari contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) lengkap dengan kunci jawabannya. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline masih sajikan contoh soal esai atau uraian IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Soal Essay IPS Kelas IX SMP/MTs Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap dengan Kunci Jawaban atau pembahasannya
Silahkan dibaca dan dipelajari, jangan lupa berbagai/sharing kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.

Soal Esai IPS Kelas IX Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia: Kegiatan Pembelajaran 3 Perkembangan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya Setelah Proklamasi Kemerdekaan

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini meliputi tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran 1 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
- Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Okay, berikut soal esai atau uraian IPS kelas 9 semester genap Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Sesuai dengan kegiatan pembelajarannya yang dibagi menjadi tiga, maka agar tidak terlalu panjang soal bab ini kita bagi tiga (Part 1, 2, dan 3). Nah ini adalah bagian yang ketiga (Part 3). Selamat membaca dan selamat belajar. 

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Mengapa pada awal kemerdekaan terjadi inflasi yang sangat tinggi?

Jawaban:
Pada awal kemerdekaan terjadi inflasi yang sangat tinggi karena beredarnya lebih dari satu mata uang secara tidak terkendali. Pada waktu itu, untuk sementara waktu pemerintah RI menyatakan tiga mata uang yang berlaku di wilayah RI, yaitu mata uang De JavaschevBank, mata uang pemerintah Hindia Belanda, dan mata uang pendudukan Jepang.

2. Jelaskan segi positif di keluarkannya uang ORI!

Jawaban:
Segi positif di keluarkannya uang ORI adalah sebagai pengganti mata uang Jepang, dan menjadi mata uang tunggal yang nanti pada masa peralihan, menjadi mata uang resmi satu satu satunya yang berlaku di Indonesia.

3. Apa yang dimaksud dengan plan Kasimo?

Jawaban:
Plan Kasimo adalah program rencana produksi pangan lima tahun dengan kegiatan antara lain:
a). Memperbanyak kebun bibit dan padi unggul
b). Pencegahan penyembelihan hewan pertanian
c). Penanaman kembali tanah kosong
d). Pemindahan penduduk (transmigrasi).

4. Berikan alasan mengapa pada tanggal 4 Januari 1946 Ibu kota dipindahkan ke Yogjakarta!

Jawaban:
Ibu kota dipindahkan dari Jakarta ke Yogjakarta dengan alas an di Jakarta tidak aman dan tidak kondusif bagi pemerintahan, karena sekutu sudah masuk ke Indonesia.

5. Jelaskan kondisi sosial masyarakat Indonesia pada masa pasca kemerdekaan!

Jawaban:
Kondisi sosial masyarakat Indonesia pada masa pasca kemerdekaan telah terjadi diskriminasi rasial dengan membagi kelas-kelas dalam masyarakat. Yang mana masyarakat di Indonesia sebelum kemerdekaan didominasi oleh warga eropa dan Jepang, sehingga warga pribumi hanyalah masyarakat rendahan yang kebanyakan hanya menjadi budak dari bangsawan atau penguasa. 


Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap baca tautan/link di bawah ini:

√ Rangkuman IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

√ Soal Essay IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

Posting Komentar untuk "Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 3] ~ sekolahmuonline.com"

close