Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen
Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen

Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen membahas dua Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Ikatan Ion
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam

Rangkuman Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen.
• Aturan oktet: Kecenderungan unsur-unsur untuk memiliki konfigurasi elektron pada kulit terluar sebanyak 8 elektron seperti gas mulia Ne, Ar, Kr, Xe, Rn.
• Aturan Duplet: Kecenderungan unsur-unsur untuk memiliki konfigurasi elektron pada kulit terluar sebanyak 2 elektron seperti gas mulia He
• Struktur Lewis: Suatu cara yang diusulkan G.N. Lewis untuk menggambarkan elektron valensi dari atom-atom dengan titik-titik. Simbol Lewis adalah suatu atom atau ion terdiri dari lambang kimia yang dikelilingi oleh titik elektron.
• Ikatan ion: Disebut juga ikatan elektrovalen, adalahikatan yang terjadi antara umumnya ion positip (+) atom unsur logam dan ion negatip (-) atom unsur non logam melalui gaya elektrostatik.
• Ikatan kovalen: Disebut juga ikatan homovalen, terbentuk akibat kecenderungan atom-atom untuk menggunakan elektron bersama (share elektron) agar memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia terdekat. Atom-atom yang berikatan kovalen umumnya adalah antara atom-atom non logam.
• Ikatan kovalen tunggal: Ikatan kovalen yang melibatkan penggunaan 1 pasangan elektron (2 elektron) oleh dua atom yang saling berikatan.
• Ikatan kovalen rangkap: Ikatan kovalen yang melibatkan penggunaan bersama 2 pasangan elektron (4 elektron) oleh dua atom yang saling berikatan.
• Ikatan kovalen rangkap tiga: Ikatan yang terbentuk jika terjadi penggunaan bersama 3 pasangan elektron (6 elektron) oleh dua atom yang berikatan.
• Ikatan kovalen koordinasi: Ikatan kovalen yang pasangan elektron yang digunakan untuk berikatannya hanya berasal dari salah satu atom
• Ikatan logam: Tarik-menarik dari kation di dalam lautan elektron yang bertindak sebagai perekat dan menggabungkan kation-kation

Nah, berikut ini rangkuman Kimia kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen. Selamat membaca.

1. Suatu atom dapat mencapai kestabilan konfigurasi elektron gas mulia dengan cara melepaskan elektron, menangkap elektron, atau berbagi elektron.

2. Ikatan ion atau elektrovalen adalah ikatan yang terbentuk karena gaya elektrostatik antara ion positif (+) dari unsur logam dengan ion negatif (-) dari unsur non logam.

3. Sifat fisis senyawa ion antara lain titik leleh dan titik didih yang tinggi, larut dalam pelarut air, bersifat konduktor listrik. 

4. Ikatan kovalen adalah ikatan kimia yang terbentuk akibat kecenderungan atomatom untuk menggunakan elektron bersama (share elektron) agar memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia terdekat.

5. Ikatan kovalen koordinasi adalah Ikatan kovalen yang pasangan elektron yang digunakan untuk berikatan hanya berasal dari salah satu atom. 

6. Beberapa sifat fisis senyawa kovalen sederhana bersifat lunak dan tidak rapuh, mempunyai titik didih dan titik leleh yang rendah, tidak dapat menghantarkan listrik dan tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut organik.

7. Ikatan logam adalah ikatan yang terjadi pada logam akibat tarik-menarik kation di dalam lautan elektron yang bertindak sebagai perekat dan menggabungkan kation-kation.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan Kimia kelas X semua Bab. Silakan baca pada postingan-postingan di bawa ini (tinggal klik sesuai judul yang dibutuhkan):

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen ~ sekolahmuonline.com"

close