Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Interaksi Antar Molekul ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Interaksi Antar Molekul ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Kimia Kelas X Bab Interaksi Antar Molekul. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mengingat-ingat materi Kimia khususnya Bab Interaksi Antar Molekul.
Rangkuman atau ringkasan Kimia Kelas X Bab Interaksi Antar Molekul
Rangkuman Kimia Kelas X Bab Interaksi Antar Molekul

Kimia Kelas 10 Bab Interaksi Antar Molekul membahas dua Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Interaksi Antar Molekul
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Hubungan Interaksi Antar Molekul dengan Sifat Fisik Zat

Rangkuman Kimia Kelas X Bab Interaksi Antar Molekul

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan Bab Interaksi Antar Molekul, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Interaksi Antar Molekul.
• Gaya London: Gaya tarik menarik yang sifatnya lemah antara atom atau molekul yang timbul dari pergerakan elektron yang acak di sekitar atom-atom
• Gaya Van Der Waals: Gaya Tarik menarik yang terjadi antara
• Ikatan Hidrogen : Ikatan yang terjadi antara atom H dengan atom lain yang memiliki pasangan elektron bebas
• Momen Dipol: Tingkat kepolaran molekul
• Titik Didih: Suhu ketika tekanan uap sebuah zat cair sama dgn tekanan eksternal yg dialami oleh cairan
• Titik Leleh: Titik leleh adalah temperatur dimana zat padat berubah wujud menjadi zat cair pada tekanan suatu atmosfer
• Senyawa Polar: Senyawa yang terbentuk dari suatu ikatan antar electron pada unsur unsurnya karena memiliki kelektronegatifan yang berbeda.
• Senyawa Non Polar: Senyawa yang terbentuk dari suatu ikatan antar electron pada unsur unsurnya karena memiliki kelektronegatifan yang hamper sama.

Nah, berikut ini rangkuman Kimia kelas X Bab Interaksi Antar Molekul. Selamat membaca.

1. Interaksi antara atom - atom dalam senyawa atau kumpulan molekul dalam senyawa yang mengalami gaya tarik menarik disebut gaya antarmolekul. Gaya antarmolekul berkaitan erat dengan sifat fisik zat yang bersangkutan.

2. Interaksi pada senyawa senyawa kimia dibedakan antara interaksi intramolekul dan antar molekul.

3. Interaksi intra molekul terjadi pada sebuah atom dengan atom yang lain yang mengalami gaya tarik menarik untuk membentuk molekul yang disebut dengan ikatan kimia.

4. Interaksi antar molekul adalah interaksi kimia yang terjadi antara atom dalam suatu molekul dengan molekul yang lain dengan mengalami gaya tarik menarik.

5. Gaya antar molekul berdasarkan kekuatan dari yang terlemah hingga yang terkuat sebagai berikut :

6. Gaya Van der Waals merupakan interaksi antar molekul yang sangat lemah. Gaya Van der Waals pada awal abad XX, dikemukakan oleh Johannes Diderik Van der Waals. Gaya ini dibagi dua yaitu gaya london dan gaya tarik dipol.

7. Gaya London, merupakan gaya tarik menarik antar molekul nonpolar akibat adanya dipol terimbas yang ditmbulkan oleh perpindahan elektron dari satu orbital ke orbital yang lain membentuk dipol sesaat. Jenis gaya ini umumnya terjadi di antara molekul - molekul kovalen nonpolar. 

8. Hubungan interaksi antar molekul dengan titik didih pada suatu senyawa adalah semakin kuat gaya antar molekul yang dimiliki maka semakin tinggi titik didihnya. Sebab dengan adanya gaya antar molekul yang kuat maka membutuhkan energi dan suhu yang besar untuk memutuskan ikatannya.

9. Contoh penerapan hubungan interaksi antara molekul dalam kehidupan sehari-hari adalah ikatan hidrogen pada air. Air merupakan satu-satunya senyawa di alam yang memiliki tiga wujud, yaitu cair, padat, dan gas. Air merupakan senyawa kovalen yang mempunyai titik didih tinggi karena adanya ikatan hidrogen di antara molekul-molekulnya. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Kimia Kelas X Bab Interaksi Antar Molekul. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan Kimia kelas X semua Bab. Silakan baca pada postingan-postingan di bawa ini (tinggal klik sesuai judul yang dibutuhkan):

Posting Komentar untuk "Rangkuman Kimia Kelas 10 Bab Interaksi Antar Molekul ~ sekolahmuonline.com"

close