Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 2 Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 2 Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Sekolahmuonline.com - Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 2 Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Pembaca Sekolahmuonline di mana saja Anda berada, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 2 Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui bahwa Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka terdiri atas 8 Bab, yaitu:
BAB I Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi
BAB II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
BAB III Konsep Dasar Akuntansi
BAB IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
BAB V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
BAB VI Penggunaan Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
BAB VII Konsep Perbankan Dasar
BAB VIII Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3), serta Budaya Kerja Industri

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka BAB II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga terdiri atas empat pembahasan, yaitu:
A. Profesi dan Peluang Kerja di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
B. Etika Profesi dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
C. Pedoman, Prosedur, dan Aturan Kerja pada Industri Jasa Keuangan
D. Peluang Usaha di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 2 Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Semoga membantu memberikan kemudahan dalam belajar secara mandiri.

1. Pekerjaan dan profesi dijalani sebagai upaya memenuhi kebutuhan hidup, tetapi keduanya mempunyai makna yang berbeda. Profesi dijalani atas dasar keahlian, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki seseorang sesuai dengan bidangnya. Profesi di bidang akuntansi terdiri dari akuntan dan teknisi akuntansi. Sementara, pekerjaan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya tetapi tidak selalu harus mempunyai keahlian, keterampilan, ijazah, atau sertifikat khusus/tertentu, atau dijalani sesuai dengan peluang kerja yang ada.

2. Sebagai wadah sebuah profesi, dibutuhkan adanya organisasi profesi. Asosiasi profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan lembaga antara lain:
a. Institut Akuntan Indonesia (IAI)
b. Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI)
c. Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI)
d. Masyarakat Teknisi Akuntansi Indonesia (MATA Indonesia)
e. Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI)
f. Asosiasi Aktuaria Indonesia (AKAI)
g. Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI)h. Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia (AKAI)

3. Peluang kerja bidang kompetensi akuntansi dan keuangan lembaga sangat luas, yakni antara lain operator aplikasi komputer akuntansi, teller bank dan lembaga keuangan, kasir, staf akuntan publik, accounting officer/staf akuntansi, account officer (A/R, A/P, dll)/staf akun tertentu, tax officer/staf pajak, budgeting officer/staf anggaran, operator aplikasi sistem keuangan desa, kaur keuangan desa, tenaga administrasi keuangan lembaga pemerintah, asisten/junior auditor/anggota pemeriksa (teknis), auditor, financial analyst, accounting manager, accounting software developer, dan credit analysis manager.

4. Etika profesi dalam bidang akuntansi adalah aturan atau pedoman untuk seluruh anggota akuntan dan teknisi akuntansi, baik yang praktik sebagai akuntan publik, bekerja pada perusahaan, instansi pemerintah, maupun di lingkungan pendidikan dalam pemenuhan tanggung jawab profesinya.

5. Selain berpeluang untuk kerja, lulusan bidang akuntansi juga berpeluang untuk mandiri atau mendirikan usaha, antara lain konsultan jasa akuntansi, jasa auditing, konsultan pajak, lembaga pelatihan akuntansi, pengembang software akuntansi dan lembaga keuangan.

6. Industri jasa keuangan adalah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan memberikan pelayanan keuangan kepada konsumen, para pelaku bisnis, dan lembaga-lembaga keuangan lainnya.

7. Pedoman kerja dalam industri jasa keuangan merupakan dasar untuk melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang jasa keuangan.

8. Prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu urutan langkah dan instruksi kerja yang harus ditempuh oleh karyawan dalam rangka menyelesaikan suatu pekerjaan bidang tugas tertentu.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Selamat belajar dan selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 2 Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga"

close