Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 5 Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 5 Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Sekolahmuonline.com - Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 5 Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Pembaca Sekolahmuonline di mana saja Anda berada, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 5 Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui bahwa Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka terdiri atas 8 Bab, yaitu:
BAB I - Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi
BAB II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
BAB III Konsep Dasar Akuntansi
BAB IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
BAB V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
BAB VI Penggunaan Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
BAB VII Konsep Perbankan Dasar
BAB VIII Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3), serta Budaya Kerja Industri

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka BAB V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang terdiri atas delapan pembahasan, yaitu:
A. Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang
B. Pencatatan Transaksi ke dalam Jurnal Khusus dan Rekapitulasi Jurnal Khusus
C. Posting Jurnal Khusus ke Buku Besar
D. Jurnal Penyesuaian (Adjustment Journal)
E. Kerta Kerja
F. Harga Pokok Penjualan (Cost of Goods Sold)
G. Laporan Keuangan
H. Jurnal Penutup (Closing Entry)

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Semoga membantu memberikan kemudahan dalam belajar secara mandiri.

1. Perusahaan dagang adalah perusahaan yang melakukan pembelian barang dagang tanpa mengubah bentuk dengan tujuan memperoleh laba. Macam-macam transaksi perusahaan dagang antara lain pembelian, retur pembelian dan pengurangan harga, potongan pembelian, beban angkut pembelian, penjualan, retur penjualan dan pengurangan harga, potongan penjualan, serta beban angkut penjualan.

2. Rekapitulasi jurnal khusus merupakan penjumlahan secara menyeluruh dari masing-masing kolom jurnal khusus secara periodik. Tujuan dilakukannya rekapitulasi jurnal adalah untuk memudahkan posting ke buku besar yang dilakukan setiap akhir bulan.

3. Buku besar terdiri dari buku besar utama dan buku besar pembantu. Buku besar utama merupakan kumpulan akun-akun yang saling berhubungan. Sementara, buku besar pembantu merupakan buku besar yang khusus digunakan untuk membantu perincian informasi yang terdapat dalam buku besar utama.

4. Pada perusahaan dagang, terdapat perhitungan harga pokok penjualan. Harga pokok penjualan dihitung dari persediaan barang dagang awal dikurangi pembelian bersih ditambah persediaan akhir. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Selamat belajar dan selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 5 Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang"

close