Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 4 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 4 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
sekolahmuonline.com - Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 4 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Pembaca Sekolahmuonline di mana saja Anda berada, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 4 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa.

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui bahwa Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka terdiri atas 8 Bab, yaitu:
BAB I - Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi
BAB II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
BAB III Konsep Dasar Akuntansi
BAB IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
BAB V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
BAB VI Penggunaan Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
BAB VII Konsep Perbankan Dasar
BAB VIII Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3), serta Budaya Kerja Industri

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka BAB IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa terdiri atas sepuluh pembahasan, yaitu:
A. Bukti Transaksi (Dokumen Transaksi)
B. Konsep Debit dan Kredit
C. Pencatatan Transaksi ke Dalam Jurnal
D. Pemindahan (Posting) Jurnal ke Buku Besar
E. Neraca Sisa/Neraca Saldo (Trial Balance)
F. Jurnal Penyesuaian (Adjustment Journal)
G. Kertas Kerja (Worksheet)
H. Laporan Keuangan
I. Jurnal Penutup

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Semoga membantu memberikan kemudahan dalam belajar secara mandiri.

1. Tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa terdiri dari tiga tahap, yakni:
a. Tahap pencatatanKegiatan akuntansi yang dilakukan pada tahap pencatatan adalah menganalisis bukti transaksi, pencatatan dalam jurnal umum, dan posting ke buku besar.

b. Tahap pengikhtisaranKegiatan akuntansi yang dilakukan pada tahap pengikhtisaran meliputi penyusunan neraca saldo, pembuatan jurnal penyesuaian, menyusun neraca saldo setelah penyesuaian, menyusun kertas kerja (worksheet), pembuatan jurnal penutup, dan terakhir menyusun neraca saldo setelah penutupan.

c. Tahap pembuatan laporan keuanganTahap ini meliputi pembuatan laporan keuangan berupa laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, dan laporan arus kas.Agar informasi laporan keuangan segera diketahui, maka laporan keuangan dapat disusun setelah membuat jurnal penyesuaian dan memasukkannya dalam buku besar atau setelah membuat kertas kerja. Jadi tidak menunggu rekening buku besar ditutup karena memerlukan waktu relatif lama. Sementara, pihak internal dan eksternal perusahaan dapat segera mengetahui perkembangan perusahaan, terutama terkait laba atau rugi yang diperoleh perusahaan tersebut.

2. Akun-akun yang memerlukan penyesuaian:
a. Perlengkapan
b. Beban dibayar di muka
c. Beban yang masih harus dibayar
d. Pendapatan diterima di muka
e. Pendapatan yang masih harus diterima
f. Penyusutan aset tetap
g. Piutang tak tertagih
h. Rekonsiliasi bank

3. Akun-akun yang memerlukan jurnal penutupan:
a. Menutup semua akun pendapatan dengan cara mendebit akun pendapatan dan mengkredit akun ikhtisar laba rugi.
b. Menutup akun beban dengan cara mendebit akun ikhtisar laba rugi dan mengkredit semua akun beban.
c. Menutup akun ikhtisar laba rugi dengan cara mendebit akun ikhtisar laba rugi dan mengkredit akun modal pemilik sebesar selisih antara pendapatan dan beban.
d. Menutup akun prive dengan cara mendebit akun modal atau laba ditahan dan mengkredit akun prive. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Selamat belajar dan selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 4 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa"

close