Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Ekonomi Kelas X Bab 5 Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat (Kelas X SMA)~Part 1

Contoh Soal Ekonomi Kelas X Bab 5 Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat (Kelas X SMA)~Part 1. Pembaca Sekolahmuonline, kembali lagi dengan kami, blog Sekolahmuonline. Blog yang hadir menemani para pembaca semuanya, memudahkan para pembaca untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Jika bisa belajar gratis, kenapa mesti bayar. Mudahkan, jangan dipersulit. Namun itu semua butuh sayarat: Harus rajin membaca! Jika membaca sekali belum mudeng, baca sekali lagi. Jika membaca dua kali belum paham juga, baca lagi. Lagi dan lagi.


Oke, pembaca semuanya. Kali ini kami akan membahas soal-soal mata pelajaran ekonomi. Pada postingan kali ini kita sajikan contoh soal dan pembahasannya atau jawabannya, mata pelajaran Ekonomi kelas X. Khususnya Bab 5 yang mengkaji tentang Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Jadi, untuk anda yang sedang mencari contoh soal ekonomi, khususnya ekonomi kelas X kurikulum 2013 bisa Anda dapatkan di sini. Baiklah, berikut ini contoh soal dan pembahasannya. Silahkan dibaca, dipelajari, dan jangan lupa untuk berbagi. Sahre kepada keluarga, saudara, atau teman Anda.

Sebelumnya, kami informasikan bahwa soal ini adalah bagian pertama (Part 1) agar tidak terlalu panjang.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian pasar dalam pengertian sehari-hari dan pengertian pasar menurut ilmu ekonomi!

Jawaban:
Dalam pengertian sehari-hari, pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga keduanya dapat berinteraksi untuk membentuk suatu
kesepakatan harga

Smentara menurut ilmu ekonomi pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang/jasa yang diperjual-belikan. Hal ini berarti cakupan pengertian pasar lebih luas dibandingkan dengan pengertian pasar sehari-hari yang hanya menunjukkan suatu tempat.
Pertemuan permintaan dan penawaran tidak hanya dilakukan di pasar (tempat), tetapi juga di luar pasar, melalui alat-alat komunikasi, misalnya telepon, teleks dan surat.

Barang-barang yang diperdagangkan pun tidak hanya sebatas barang-barang konsumsi, tetapi juga barang-barang produksi, seperti mesin, bahan mentah, tenaga kerja, dan jasa. Bahkan, pasar modal, pasar surat berharga (bursa), dan sejenisnya.

2. Dalam kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki banyak fungsi. Sebutkan dan jelaskan fungsi pasar!

Jawaban:
Dalam kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki fungsi, diantaranya sebagai berikut ini:
1. Sebagai tempat pembentukan nilai harga
Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.

2. Sebagai tempat pendistribusian
Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

3. Sebagai tempat promosi
Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen.
Karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.

3. Jelaskan pengertian pasar output!

Jawaban:
Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan produk (barang/jasa) sebagai hasil produksi perusahaan.

4. Menurut bentuknya, pasar terbagi menjadi bentuk Pasar Persaingan Sempurna) dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Jelaskan masing-masing bentuk pasar tersebut!

Jawaban:
- Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas.

- Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar.

5. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna!

Jawaban:
Ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
1. Terdapat banyak sekali penjual (perusahaan) dan pembeli
Karena terdapat banyak sekali penjual dan pembeli, masing-masing tidak dapat menentukan harga (price taker). Harga terbentuk dengan kesepakatan antara kedua belah pihak (mekanisme pasar).

2. Produk-produk homogen (persis sama)
Barang yang dihasilkan oleh para produsen homogen, persis sama baik dalam bentuk, warna, kualitas, dan lain-lain sehingga produk yang satu merupakan substitusi yang sempurna bagi produk dari produsen yang lain.

3. Bebas keluar masuk pasar
Dalam pasar persaingan sempurna baik penjual maupun pembeli bebas untuk keluar masuk pasar, tidak ada aturan tertentu yang membatasi hal tersebut. Karena dengan adanya batasan dan hambatan akan mengurangi persaingan.

4. Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna
Masing-masing penjual maupun pembeli dapat memperoleh informasi dengan cepat dan tepat tentang perubahan harga dan produk sehingga masing-masing tidak dapat menjadi penentu harga.

5. Faktor-faktor produksi bergerak bebas
Faktor-faktor produksi bergerak bebas tidak dikuasai oleh salah satu atau beberapa produsen saja sehingga tidak ada pihak yang dapat menentukan harga secara sepihak.

6. Tidak ada campur tangan pemerintah
Adanya campur tangan pemerintah akan menimbulkan batasan-batasan dan hambatan untuk terbentuknya persaingan sempurna.

5. Apa Konsekuensi dari ciri-ciri persaingan pasar sempurna?

Jawaban:
Konsekuensi dari ciri-ciri persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
1. Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taker (penerima harga).
2. Kurva permintaan yang dihadapi oleh setiap penjual secara individual berbeda dengan kurva permintaan pasar. Permintaan pasar berslop negatif (menurun), sedangkan kurva permintaan yang dihadapi horizontal.
3. Produsen tidak terlalu bersaing satu sama lain karena adanya homogenitas produk dan banyaknya produsen.
4. Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.

6. Sebutkan kebaikan pasar persaingan sempurna !

Jawaban:
Kebaikan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.
1. Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual.
2. Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
3. Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
4. Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena adanya homogenitas barang.
5. Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
6. Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.

7. Jelaskan kelemahan pasar persaingan sempurna!

Jawaban:
Kelemahan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
1. Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai, sebab:
  a. homogenitas barang sulit dilaksanakan sebab konsumen lebih sering datang ke pasar yang heterogen (banyak pilihan alternatif);
  b. harga tidak dapat ditawar-tawar lagi.
2. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen.
3. Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang.
4. Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu.

8. Jelaskan tentang penentuan harga dan jumlah barang pada pasar persaingan sempurna!

Jawaban:

9. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna!

Jawaban:
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:
1. Monopoli
Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh hanya ada satu penjual/produsen di pasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli/konsumen.
2. Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran di mana terdapat beberapa penjual/produsen
yang menguasai seluruh permintaan pasar
3. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang di dalamnya terdapat
sejumlah besar penjual/produsen yang menawarkan barang yang sama, tetapi masing-masing memiliki ciri-ciri khusus
4. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh suatu orang/badan/lembaga pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.
5. Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah suatu bentu pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.

10. Sebutkan sebab-sebab timbulnya monopoli!

Jawaban:
Sebab-sebab tumbuhnya monopoli adalah sebagai berikut:
a. Adanya perlindungan hukum, yaitu diperolehnya hak paten untuk suatu produk.
b. Pemberian lisensi oleh pemerintah untuk berusaha secara tunggal.
c. Memiliki modal yang sangat besar sehingga tidak dapat disaingi oleh perusahaan lainnya.
d. Menguasai bahan mentah yang cukup strategis.
e. Produk diperoleh secara alamiah karena sangat digemari konsumen.
f. Pasar tidak luas hanya ada satu penjual yang dapat melayani konsumen secara optimal.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Ekonomi Kelas X Bab 5 Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat (Kelas X SMA)~Part 1"

close