Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Essay Bab 6 Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja (PAIBP Kelas XI. SMA/MA/SMK/MAK) ~ Part 1

Sekolahmuonline - Contoh Soal Essay Bab 6 Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja (PAIBP Kelas XI. SMA/MA/SMK/MAK) ~ Part 1. Para pembaca setia Sekolahmuonline, kembali hadir ke hadapan sobat pembaca semua, blog Sekolahmuonline, blog yang senantiasa ikut membantu memberikan kemudahan akses belajar sobat semua. Meskipun dan di manapun kita berada, semoga kehadiran Sekolahmuonline membuat sobat semua jadi ceria karena memperoleh jawaban yang sedang dicari-carinya.
Contoh Soal Essay PAIBP kelas XI Bab 6 Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja
Oke, kali ini sekolahmuonline akan membahas Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Bab 6 Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja (PAIBP Kelas XI. SMA/MA/SMK/MAK). Postingan kali ini adalah Part 1. Bagian khusus membahas tema taat. Biar tidak kepanjangan dan membuat sobat jadi bete. Ok, langsung ke soal dan pembahasannya saja. O ya, jangan lupa berbagi. Share, bagikan kepada teman-temanmu lewat facebook, whatsapp, twitter, telegram, line, dll.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian taat, aturan, dan taat pada aturan!

Jawaban:
Taat memiliki arti tunduk (kepada Allah Swt., pemerintah, dsb.) tidak berlaku curang, dan atau setia. Aturan adalah tindakan atau perbuatan yang harus dijalankan. Taat pada aturan adalah sikap tunduk kepada tindakan atau perbuatan yang telah dibuat baik oleh Allah Swt., nabi, pemimpin, atau yang lainnya

2. Tulislah dalil al-Quran tentang perintah taat kepada Allah, Rasul, dan Ulil Amri!

Jawaban:
QS. An-Nisa ayat 59:


Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan)) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Q.S. an-Nisa/4: 59)

3. Sebutkan contoh hukum tajwid pada QS. An-Nisa ayat 59 beserta alasan jawabanmu!

Jawaban:

4. Jelaskan pengertian Ulil Amri menurut para ulama!

Jawaban:
Berikut ini adalah pengertian Ulil Amri menurut para Ulama:
- Menurut Abu Jafar Muhammad bin Jarir at-Thabari: Arti ulil amri adalah umāra, ahlul ‘ilmi wal fiqh (mereka yang memiliki ilmu dan pengetahuan akan fiqh). Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa sahabat-sahabat Rasulullah saw. lah yang dimaksud dengan ulil amri. 

Menurut Al-Mawardi: Ada empat pendapat dalam mengartikan kalimat "ulil amri", yaitu: (1) umāra (para pemimpin yang konotasinya adalah pemimpin masalah keduniaan), (2) ulama dan fuqaha, (3) sahabat-sahabat Rasulullah saw., (4) dua sahabat saja, yaitu Abu Bakar dan Umar

Menurut Ahmad Mustafa al-Maraghi: Bahwa ulil amri itu adalah umara, ahli hikmah, ulama, pemimpin pasukan, dan seluruh pemimpin lainnya.

5. Perintah taat kepada ulil amri tidak dapat disamakan dengan “taat” kepada Allah Swt. dan rasul-Nya. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Jawaban:
Kita memang diperintah oleh Allah Swt. untuk taat kepada ulil amri (apa pun pendapat yang kita pilih tentang makna ulil amri). Namun, perlu diperhatikan bahwa perintah taat kepada ulil amri tidak dapat disamakan dengan “taat” kepada Allah Swt. dan rasul-Nya. Quraish Shihab, Mufassir Indonesia, memberi ulasan bahwasannya: “Tidak disebutkannya kata “taat” pada ulil amri untuk memberi isyarat bahwa ketaatan kepada mereka tidak berdiri sendiri, tetapi berkaitan atau bersyarat dengan ketaatan kepada Allah Swt. dan rasul-Nya. Artinya, apabila perintah itu bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Allah Swt. dan rasul-Nya, tidak dibenarkan untuk taat kepada mereka.

6. Tulislah dalil tidak boleh taat dalam hal bermaksiat kepada Allah!

Jawaban:

Artinya:
“Dari Abi Abdurahman, dari Ali sesungguhnya Rasulullah bersabda: Tidak boleh taat terhadap perintah bermaksiat kepada Allah, sesungguhnya ketaatan itu hanya dalam hal yang makruf.” (H.R. Muslim)

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay Bab 6 Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja (PAIBP Kelas XI. SMA/MA/SMK/MAK) ~ Part 1 "

Memuat...
close