Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas X Bab Protista (Biologi Kelas 10 SMA/MA)

Rangkuman Biologi Kelas X Bab Protista (Biologi Kelas 10 SMA/MA). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda rangkuman mata pelajaran Biologi kelas X SMA dan MA. Kali ini kami sajikan rangkuman Biologi kelas 10 Bab tentang Protista.
Rangkuman Biologi Kelas X, Rangkuman Biologi Kelas X SMA, Rangkuman Biologi Kelas X MA, Rangkuman Biologi Kelas X SMA dan MA, Rangkuman Biologi Kelas 10 SMA, Rangkuman Biologi Kelas 10 MA, Rangkuman Biologi Kelas 10 SMA dan MA

Semoga dengan rangkuman mapel Biologi ini membantu memudahkan dan menguatkan ingatan serta dapat merefresh kembali materi-materi yang sudah terlewatkan atau bahkan terlupakan. Selamat membaca dan mempelajarinya.

Rangkuman Biologi Bab Virus Buku 1:

1. Point pertama:

a. Protista adalah makhluk hidup yang bersel satu atau bersel banyak dan telah memiliki membran inti (selnya bersifat eukariot).

b. Protista bukan merupakan hewan ataupun tumbuhan, melainkan hanya mempunyai sifat yang menyerupai hewan, tumbuhan, atau jamur.

c. Protista dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Protista yang menyerupai tumbuhan (ganggang atau Algae), Protista yang menyerupai hewan (Protozoa), dan Protista yang menyerupai jamur.

2. Point kedua:

a. Protista yang menyerupai ganggang (Algae) memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis, tetapi tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati. Itulah sebabnya Protista ini dikatakan menyerupai tumbuhan.

b. Berdasarkan pigmennya dapat dibagi menjadi filum Euglenophyta, Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, Pyrrophyta, dan Rhodophyta.

3. Point ketiga:

a. Protista yang menyerupai hewan biasa disebut Protozoa.

b. Protozoa merupakan Protista bersel satu, berukuran mikroskopis, mempunyai alat gerak berupa kaki semu, rambut getar atau flagela, bernapas, menangkap makanan, berkembang biak di dalam sel, hidup bebas di tempat-tempat yang berair, seperti parit, sawah, sungai, waduk, air laut, dan berparasit pada tubuh hewan atau manusia.

c. Berdasarkan alat geraknya Protozoa dapat dibedakan menjadi empat, yaitu Rhizopoda (kaki semu), Flagellata (berbulu cambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (pembentuk spora).

4. Point keempat:

a. Protista yang menyerupai jamur terdiri atas jamur air dan jamur lendir.

b. Ciri-ciri jamur air (Oomycota) adalah dinding sel yang terdiri atas selulosa, hifanya bersekat, dan berkembang biak secara a5eksual dengan membentuk zoospora dan secara 5eksual dengan membentuk oospora, contohnya, Physarium, Arcyria, dan Saprolegnia.

c. Ciri-ciri jamur lendir (Mycomycota) adalah tubuh berlendir, berinti banyak, tanpa dinding sel, dan berkembang biak secara a5eksual dengan pembentukan spora dan secara sek5ual dengan singami. Contohnya, Phytopthora dan Saprolegnia.

Rangkuman Biologi Bab Virus Buku 2:

1. Protista merupakan salah satu kingdom yang memiliki kelompok mirip dengan makhluk lainnya.
Di antaranya adalah Protista mirip jamur, Protista mirip tumbuhan, dan Protista mirip hewan.

2. Anggota dari Protista mirip jamur terdiri atas Myxomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota.

3. Protosta mirip tumbuhan terdiri atas Euglenophyta, Chrysophyta, Phyrrophyta, Bacillariophyta, Phaeophyta, Rhodophyta, dan Chlorophyta.
Walaupun Protista mirip tumbuhan bersifat autotrof, banyak anggotanya merupakan organisme satu sel mikroskopis. Organisme makroskopisnya merupakan organisme multiseluler mirip tumbuhan, disebut talus.

4. Protista mirip hewan umumnya organisme satu sel mikroskopis yang bersifat heterotrof. Protista ini dapat bergerak aktif dan diklasifikasikan berdasarkan alat geraknya, antara lain menjadi Zoomastigophora, Rhizopoda, Actinopoda, Apicomplexa, Ciliophora, dan Foraminifera.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas X Bab Protista (Biologi Kelas 10 SMA/MA)"

Memuat...