Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. 
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia
Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia terdiri dari satu kegiatan pembelajaran, yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia

1) Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan mengakui deklarasi Postdam.

2) Tanggal 15 Agustus 1945, malam hari golongan muda memaksa Soekarno-Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, paling lambat 16 Agustus 1945. Namun Soekarno-Hatta tetap pada pendirian, Proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui PPKI.

3) Tanggal 16 Agustus 1945, Pukul 04.00 WIB (dini hari), Golongan Muda menculik/mengasingkan Soekarno, Moh. Hatta, Fatmawati beserta Guntur ke Rengasdengklok, dengan tujuan menjauhkan dari pengaruh Jepang. Sore hari Achmad Subarjo menjemput mereka di Rengasdengklok.

4) Pada tanggal 16 Agustus 1945, (malam hari) naskah Proklamasi disusun di rumah Laksamana Maeda. Naskah Proklamasi disusun oleh Soekarno, Hatta, dan Achmad Subarjo. Diketik oleh Sayuti Melik, dan ditandatangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia.

5) Tanggal 17 Agustus 1945 Pukul 10.00 WIB, pembacaan naskah Proklamasi oleh Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No 56. Pengibaran bendera merah-putih oleh Latief Hendraningrat dan S. Suhud.

6) Penyebaran berita Proklamasi dilakukan menggunakan radio, media cetak, dan utusan daerah.

7) Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia yang terkandung dalam naskah Proklamasi yaitu :
1) Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka dan tidak ditindas oleh bangsa dan negara lain serta memiliki kedudukan yang sederajat dengan bangsa dan negara lain didunia ini;
2) Secara hukum, Proklamasi merupakan lahirnya negara Indonesia yangberarti bahwa hukum kolonial (penjajah) sudah tidak berlaku lagi dan digantidengan hukum Nasional;
3) Proklamasi merupakan amanat rakyat untuk mewujudkan negara yang melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial;

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia. Rangkuman sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Sejarah Indonesia Kelas 11. Semoga bermanfaat. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 1 s.d Bab 10 silahkan anda baca dan pelajari pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. 

Soal Sejarah Indonesia kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya, dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7 Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...