Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 Pendudukan Jepang di Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 Pendudukan Jepang di Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 yang membahas tentang Pendudukan Jepang di Indonesia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 Pendudukan Jepang di Indonesia
Sejarah Indonesia kelas 11 Bab Pendudukan Jepang di Indonesia terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Sifat Pendudukan Jepang
- Kedua: Respon Bangsa Indonesia Terhadap Pendudukan Jepang

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Bab 5 Pendudukan Jepang di Indonesia

Sesuai dengan jumlah kegiatan pembelajaran pada Bab ini, maka rangkuman atau ringkasan dibagi menjadi dua rangkuman. Bagian A adalah rangkuman kegiatan pembelajaran yang pertama, sedangkan Bagian B adalah rangkuman kegiatan pembelajaran yang kedua. Selamat membaca. 

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Sifat Pendudukan Jepang

1. Setelah berhasil melakukan pengeboman Pearl Harbour tahun 1941, gerakan Jepang menuju Asia, termasuk ke Indonesia tidak bisa terbendung. 

2. Jepang berhasil menguasai Kepulauan Indonesia dengan cepat dan merata.

3. Masuk dan kedatangan tentara Jepang disambut baik oleh rakyat Indonesia karena dipandang sebagai kekuatan pembebas.

4. Jepang kemudian membentuk pemerintahan militer yang diperkuat dengan pemerintahan sipil. Organisasi pergerakan di zaman pendudukan Jepang berdiri karena prakarsa Jepang. Ada organisasi yang kooperatif, tetapi ada gerakan bawah tanah.

5. Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan misalnya Gerakan Tiga A, Putera, dan Jawa Hokokai.

6. Organisasi bersifat militer dan semimiliter antara lain: Seinendan, Keibodan, Barisan Pelopor, Heiho, dan Peta.

7. Sifat pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia cenderung otoriter dan bersifat tirani.

8. Zaman Pendudukan Jepang mempunyai pengaruh yang cukup kuat bagi pertumbuhan nasionalisme Indonesia, khususnya dalam penyebarluasan bahasa Indonesia. Selain itu, peran pemuda makin meningkat serta keyakinan bahwa bangsa Indonesia pun bisa maju seperti Jepang jika mau belajar.

9. Jepang telah melakukan kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat Indonesia. Salah Satunya kebijakan Ekonomi Perang, produk ekonomi yang semua diperuntukkan pemenangan Perang Asia Timur Raya.

10. Pengendalian pendidikan dan kebudayaan yang berdampak pada kemunduran bidang ekonomi, rakyat menjadi bodoh dan banyak buta huruf.

11. Bidang seni dan budaya juga diawasi. Untuk membantu pertahanan Jepang, pemerintah Tirani Jepang telah membentuk organisasi militer dan semimiliter yang direkrut dari para muda Indonesia.

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Respon Bangsa Indonesia Terhadap Pendudukan Jepang

1. Penderitaan yang dirasakan rakyat pada masa pendudukan Jepang, mendorong timbulnya perlawanan terhadap Jepang di berbagai tempat

2. Perlawanan rakyat Aceh terhadap Jepang dipimpin oleh Kiai Zainal Mustafa, pemimpin Pondok Pesantren Sukamanah. Perlawanan dilatarbelakani oleh adanya perintah untuk melakukan Seikerei yang bertentangan dalam ajaran Islam.

3. Perlawanan rakyat Indramayu, juga karena adanya penderitaan rakyat, terutama akibar Romusha, dan tindakan-tindakan Jepang yang bertentangan dengan ajaran Islam.

4. Perlawanan rakat Irian Barat (Papua sekarang) yang terkenal adalah “Gerakan Koreri” di Biak yang di pimpin I Rumkorem.. Perlawanan disebabkan kesengsaraan dan penderitaan rakyat akibat pendudukan Jepang

5. Perlawanan rakyat Kalimantan salah satunya yang dipimpin oleh Pang Suma yang dilatari oleh adanya penindasan rakyat oleh Jepang

6. Perlawanan Barisan PETA dilatar belakangi adanya penindasan yang dilakukan Jepang terhadap rakyat Indonesia. Perlawanan dipimpin oleh Supriyadi dan Muradi.

7. Dampak pendudukan Jepang dalam bidang politik adalah membubarkan semua organisasi pergerakan dan melarang semua rapat dan kegiatan politik. Jepang juga membentuk pemerintahan militer dan mengatur pemerintahan sipil sesuai keinginan Jepang.

8. Dampak pendudukan Jepang dalam bidang sosial, budaya adalah adanya pengerahan tenaga rakyat, penindasan, pemaksaan dan semua hal yang dapat mendukung kepentingan perang Jepang dengan pihak Sekutu dalam Perang Dunia II, sehingga menimbulkan penderitaan dan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia.

9. Dampak pendudukan Jepang dalam bidang ekonomi diberlakukan sistem ekonomi perang dan semua sumber ekonomi dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi perang Jepang, sehingga menimbulkan kesulitan ekonomi dan kelaparan yang sangat menyengsarakan rakyat.

10. Dampak pendudukan Jepang dalam bidang pendidikan adalah minimnya sekolah, dan pengerahan pelajar untuk masuk militer (seinendan, keibodan dll). Latihan-latihan militer yang diberikan ini akhirnya nanti juga bermanfaat setelah Indonesia merdeka.

11. Dampak pendudukan Jepang dalam bidang militer adalah rakyat mendapakan manfaat pengalaman dan pelatihan militer. Organisasi-organisasi militer yang dibentuk oleh Jepang, terutama PETA, nantinya menjadi cikal bakal Tentara Nasional Indonesia. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 Pendudukan Jepang di Indonesia. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari sumber yang dapat dipercaya, yaitu Modul PJJ Sejarah Indonesia Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 1 s.d Bab 10 silahkan anda baca dan pelajari pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. 

Soal Sejarah Indonesia kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya, dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5 Pendudukan Jepang di Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close