Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan kembali rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 yang membahas tentang Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. 
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia
Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
Pertama : Sidang PPKI I
Kedua : Sidang PPKI II dan III
Ketiga : KNIP Menata dan Memperkuat Struktur Pemerintahan

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas XI Bab Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia

1. Tanggal 18 Agustus 1945 di Gedung Chuo Sang In, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, PPKI mengadakan pertemuan perdana setelah Indonesia dinyatakan merdeka melalui proklamasi

2. Saudara-saudara kita di Indonesia Timur, mewakili kelompok non-Islam, bahwasanya mereka berkeberatan dengan pencantuman tujuh kata pada pembukaan UUD (Piagam Jakarta)

3. Permasalahan mengenai tujuh kata dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 15 menit, dimana ini merupakan suatu pembuktian bahwa para pemimpin-pemimpin kita lebih mementingkan persatuan nasional diatas kepentingan pribadi atau golongan

4. Hasil sidang PPKI I berhasil mengesahkan pembukaan dan UUD 1945, serta menetapkan Sukarno-Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

5. Tanggal 18 Agustus 1945, Sukarno membentuk 9 orang yang tergabung dalam panitia kecil, yang ditugaskan untuk menyusun rancangan berisikan hal-hal mendesak, yaitu masalah pembagian wilayah Negara, kepolisian, tentara kebangsaan, dan perekonomian

6. Panitia 9 terdiri dari Otto Iskandardinata, Ahmad Subarjo, Sayuti Melik, Iwa Kusumasumantri, Raden Arya Wiranatakusumah, A. A. Hamidan, Mohammad Amir, Sam Ratulangi, dan I Gusti Ketut Puja.

7. Sukarno juga meminta Ahmad Subarjo, Sutarjo Kartohadikusumo, dan Kasman Singodimejo untuk membentuk tim kecil membahas mengenai bentuk Departemen (Kementrian), tetapi bukan menyangkut orang-orang yang akan duduk didalamnya.

8. Sidang PPKI II memutuskan membentuk 8 Provinsi dengan masing-masing dipimpin oleh seorang Gubernur

9. Sidang PPKI II memutuskan adanya 12 Departemen dan 1 Menteri Negara, ditambah 2 Ketua lembaga tinggi Negara, 1 Sekretaris Negara, dan 1 Jurubicara Negara

10. KNIP dibentuk pada tanggal 29 Agustus 1945, sebagai pengejawantahan dari hasil Sidang PPKI I dan III, serta aturan peralihan UUD 1945 Pasal 4 mengenai pembentukan Komite Nasional.

11. Maklumat Pemerintah tanggal 3 November 1945 mengenai anjuran agar masyarakat membentuk partai-partai politik dalam rangka memperkuat perjuangan, mempertahankan kemerdekaan, dan menjamin keamanan masyarakat.

12. Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945 tentang perubahan dari sistem presidensil ke sistem parlementer

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 yang membahas tentang Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Sejarah Indonesia dengan kemasan lebih efektif dan efisien untuk membacanya. Semoga bermanfaat, memudahkan Anda dalam belajar. Selamat dan semangat belajar. silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Sejarah Indonesia kelas 11 Bab 1 s.d Bab 10 silahkan anda baca dan pelajari pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. 

Soal Sejarah Indonesia kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya, dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8 Pembentukan Pemerintahan Awal Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close