Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat (PAIBP Kelas VIII SMP) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VIII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VIII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 8 Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat.
Rangkuman PAIBP Kelas VIII SMP Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat (PAIBP Kelas VII SMP)
PAIBP Kelas VIII Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat jika dibagi rata semua bab yang ada (Bab 1 s.d 12) maka menjadi salah satu Bab yang ada di semester genap atau semester 2. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VIII SMP masuk pembahasan keenam.

Sebelum masuk ke rangkuman atau ringkasan, baca kisah menarik inspiratif berikut ini:

Kisah Rasulullah Mencoret Tujuh Kata dalam Perjanjian Hudaibiyah

Pada tahun 628 M, sekitar tahun 1400 pengikut Raslullah Saw. dari Madinah pergi ke Makah untuk melaksanakan Umroh. Namun kaum Quraisy tidak rela hal itu terjadi. Mereka menyiagakan pasukan yang cukup besar untuk menghadang rombongan Rasulullah di pintu masuk kota Makah. Rasulullah Saw yang tidak menginginkan terjadinya peperangan pun mengambil jalan perundingan. Akhirnya disepakatilah sebuah perundingan yang kemudian dikenal dengan nama Perjanjian Hudaibiyah.

Perundingan itu berjalan alot. Banyak klausul yang merugikan kaum muslimin. Meskipun demikian Rasulullah Saw tetap memimpin perundingan dengan tenang. Beberapa usulan yang ditolak oleh perwakilan Quraisy di antaranya adalah tulisan bismillāhirrahmānirrahīm diganti dengan bismika Allāhumma. Perwakilan Quraisy juga menolak kalimat Muhammad Rasūlullah dan diganti dengan Muhammad bin Abdullah.

Kalau dihitung ada tujuh kata yang dihapus dalam peristiwa tersebut, yakni lima kata dalam kalimat bismillāhirrahmānirrahīm (bi, ism, allāh, ar-rahmān, ar-rahīm dan kalimat rasūlullah (rasūl dan Allāh). Rata-rata sahabat nabi merasa keberatan dan memprotes penghapusan itu. Tapi Nabi Muhammad Saw menerimanya. Bagi Rasulullah Saw tercapainya kesepakatan untuk menghindari peperangan adalah tujuan utama meskipun isi kesapakatan “mengurangi” kebesaran nama agama pada tataran simbolis.

Bukankah kisah ini hampir sama dengan kisah penghapusan tujuh kata dalam Piagam Jakarta? Wallahu a’lām. (Sumber: Buku PAIBP Kelas VIII SMP) 

Rangkuman PAIBP Kelas VIII Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat

1. Islam mengajarkan agar pemeluknya mengamalkan sikap moderat dalam beragama. Sikap moderat itu merujuk pada kalimat ummatan wasaṭan yang terdapat di dalam Q.S. al-Baqarah/2:143 yang berarti umat pertengahan.

2. Ummatan wasaṭan memiliki makna umat yang adil dan moderat. Sikap adil dan moderat memiliki keterkaitan yang sangat erat. Seseorang yang memiliki sifat moderat ia akan mampu berlaku berlaku adil. Sementara seseorang akan bisa berlaku adil apabila ia memiliki sikap moderat.

3. Islam Indonesia adalah Islam yang mempraktikkan sikap moderat dalam beragama. Sikap ini sudah dipraktikkan oleh oleh para pemimpin umat Islam yang terlibat secara aktif dalam mendirikan NKRI. Salah satu warisan besar para pemimpin umat itu adalah Pancasila. Oleh karenanya sebagai generasi penerus kita harus menjaga Pancasila agar dapat meraih cita-cita para pendiri bangsa sebagaimana dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945.

Profil Pelajar Pancasila

Setelah mempelajari PAIBP kelas VIII materi Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat, sebagai manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, kalian diharapkan mampu membentuk karakter yang lebih bermutu. Berikut ini karakter yang diharapkan:
1. Meyakini bahwa Pancasila merupakan warisan luhur umat Islam Indonesia
2. Bersikap adil dan moderat
3. Menolak segala bentuk ideologi anti Pancasila
4. Berteman dan bekerjasama dengan semua tanpa melihat latar belakang
suku, agama, ras, dan golongan
5. Bergotong royong dalam menjaga NKRI dan Pancasila
6. Mengampanyekan Islam moderat secara kreatif

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VIII SMP. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga soal PAIBP Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar yang lainnya dengan meng-klik judul-judul di bawah ini:
Untuk rangkuman atau ringkasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 6 Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Belajar) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close