Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Sosiologi Kelas 11: Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com

Soal Sosiologi Kelas 11: Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com. Berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya mata pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA/MA khusus pembahasan Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial.
Soal Sosiologi Kelas XI SMA/MA Pembahasan Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial lengkap dengan kunci jawabannya
Selamat membaca dan mempelajari, semoga membantu memberi kemudahan Anda dalam belajar secara mandiri dengan hanya bermodal kuota internet tanpa mengeluarkan biaya yang banyak untuk ambil les privat.

Soal Sosiologi Kelas XI Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian atau definisi dari kelompok sosial!

Jawaban:

Definisi Kelompok Sosial

Para tokoh Sosiologi mendefinisikan kelompok sosial sebagai berikut :
a. Soerjono Soekanto mendefinisikan kelompok sosial sebagai himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.
b. Robert K Merton menyatakan bahwa kelompok sosial adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola-pola yang telah matang.
c. Paul B Horton, kelompok berarti setiap kumpulan manusia secara fisik (misalnya, sekelompok orang yang sedang menunggu bus kota).
d. Mac Iver dan Charles H Page, kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial adalah himpunan manusia yang berhubungan timbal balik satu sama lain dalam sebuah struktur sesuai dengan pola yang telah matang.

2. Syarat-syarat apa sajakah yang diperlukan oleh suatu kelompok untuk disebut sebagai kelompok sosial? 

Jawaban:

Syarat Kelompok Sosial

Keterkaitan manusia satu dengan yang lainnya merupakan pemenuhan kebutuhan yang diwujudkan dengan membentuk kelompok-kelompok sosial atau social-group. Kelompok-kelompok sosial tersebut merupakan himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama. Apakah setiap kelompok manusia dapat disebut sebagai kelompok sosial?

Diperlukan syarat-syarat tertentu suatu kelompok dikatakan kelompok sosial yaitu:
a. Setiap anggota kelompok harus sadar bahwa dia merupakan sebagian kelompok yang bersangkutan.
b. Interaksi hubungan timbal-balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya,
c. Ada faktor yang dimiliki bersama seperti nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain.
Sebuah kelompok disebut sebagai kelompok sosial apabila memiliki sebuah faktor khusus di dalamnya. Misalnya, ananda memiliki nasib serupa atau kesamaan tujuan hidup dan cita-cita dengan teman dekat ananda.
Kesamaan karakter fisik atau ideologi politik serta persamaan apapun akan mempererat ikatan antar individu dalam kelompok sosial
d. Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola perilaku. Dalam sebuah kelompok sosial, terdapat sebuah struktur tersendiri. Hal ini memungkinkan setiap anggota untuk mendapatkan peranan, fungsi, dan bahkan kedudukan hierarki yang jelas.
e. Bersistem dan berproses. Karena setiap kelompok sosial memiliki sebuah tujuan yang sama, akan tercipta norma-norma atau peraturan.
Terbentuknya norma-norma atau peraturan yang tegas dalam setiap kelompok sosial bukanlah tanpa tujuan. Seluruh norma atau peraturan tersebut haruslah ditaati oleh setiap individu demi tercapainya tujuan bersama dari kelompok tersebut serta tujuan pribadi.

3. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri kelompok sosial!

Jawaban:

Ciri-ciri Kelompok Sosial

Kelompok sosial dapat kita temukan dalam lingkungan sekitar kita. Kita dapat mengidentifikasi suatu kumpulan manusia di lingkungan dengan memperhatikan ciri-ciri kelompok sosial yaitu :
a. Adanya kesadaran dari masing-masing individu jika ia adalah bagian dari kelompok tersebut. Dengan demikian sifat untuk menang sendiri tentunya bisa diminimalisir.
b. Adanya hubungan timbal baik antar anggota sendiri ataupun aggota lainnya.
c. Adanya interaksi yang aktif dan juga pola perilaku.
d. Adanya suatu faktor tertentu yang dimiliki dari masing-masing individu. Hal ini bisa lebih memperat ikatan antar satu dengan yang lainnya. Faktor tersebut bisa berupa tujuan yang sama, cita-cita yang sama, nasib yang sama dan juga karaterisitik yang sama.
e. Adanya Struktur tugas masing-masing dari dalam kelompok. Hal in bertujuan agar setiap orang memiliki peran, fungsi dan juga kedudukan yang jelas. Dengan demikian masing-masing akan memiliki tanggung jawab masingmasing.
f. Jika terjadi kejadian satu individu dalam kelompok akan mempengaruhi individu yang lainya. Hal ini dikarenakan mereka merasa kejadian tersebut adalah miliki kelompok.
g. Adanya interaksi antar invidu dalam jangka waktu tertentu. Interaksi antar individu berlangsung dalam jangka pendek ataupun lama.

Catatan:
Semua manusia pada awalnya merupakan anggota kelompok sosial yang dinamakan keluarga. Seorang individu dalam masyarakat akan banyak berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial, baik yang kecil seperti keluarga ataupun kelompok besar seperti desa, masyarakat kota, bangsa dan lain sebagainya. Dalam keluarga masing-masing anggota kelompok akan menyebar di luar rumah sesuai dengan peranannya masing-masing dan akan berkumpul kembali pada waktu-waktu tertentu seperti makan bersama, nonton TV, dan lain-lain. Dalam sebuah kelompok sosial cenderung dinamis, kelompok sosial akan berkembang sesuai dengan aktivitas anggotanya yang saling berinteraksi dan berbagi pengalaman masing masing. Hal itu menjadikan sebuah kelompok sosial dapat berubah dan berkembang dan menambah alat-alat perlengkapan untuk dapat melakukan fungsinya yang baru. Sebagai contoh suatu keluarga yang terdiri dari Ayah dan Ibu yang sama-sama bekerja dan mempunyai anak-anak yang masih sekolah akan berusaha mencukupi kebutuhan anak-anaknya yang tidak dapat mereka cukupi karena sibuk mencari nafkah. Mereka akan mencari asisten rumah tangga, mencari guru privat, dan lain-lain.

4. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor pembentuk kelompok sosial! 

Jawaban:

Faktor-faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Kelompok sosial dasar pembentukannya dapat dilihat sebagai berikut :
a. Faktor Darah (Common Ancestry)
Kelompok sosial dapat dibentuk atas dasar kesamaan darah atau keturunan.
b. Faktor Geografis
Letak tempat juga menentukan terbentuknya kelompok sosial. Anggota masyarakat yang berkumpul di suatu tempat kemudian terjalin komunikasi yang intens maka secara perlahan akan membangun ikatan. Misal: individu yang tinggal di tepian pantai akan membentuk
kelompok nelayan.
c. Faktor Kepentingan (Common Interest)
Terdapatnya kesamaan kepentingan di antara para anggota masyarakat sangat memungkinkan untuk membentuk kelompok sosial. Misalnya : kelompok intelektual, kelompok seniman, dan lain-lain.
d. Faktor Daerah Asal
Apabila seorang individu yang tinggal di suatu tempat kemudian bertemu dengan individu lain dalam jumlah cukup banyak sementara diketahui juga berasal dari daerah kelahiran yang sama maka sangat mungkin mendorong terbentuknya kelompok sosial di daerah tersebut

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA/MA khusus pembahasan Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal dan Rangkuman Sosiologi Kelas 11 baca di bawah ini (Klik saja judulnya)

Soal:
Rangkuman

Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi Kelas 11: Definisi Kelompok Sosial dan Ciri - ciri Kelompok Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com"

close