Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 2] ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 2] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) lengkap dengan kunci jawabannya. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Bagian Kedua [Part 2] dari contoh soal esai atau uraian IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 yang membahas tentang Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bagian Kedua dari contoh Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya
Silahkan dibaca dan dipelajari, jangan lupa berbagai/sharing kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.

Soal Esai IPS Kelas IX Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia: Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini meliputi tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran 1 Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan
- Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Okay, berikut soal esai atau uraian IPS kelas 9 semester genap Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia bagian Kegiatan Pembelajaran 2 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Sesuai dengan kegiatan pembelajarannya yang dibagi menjadi tiga, maka agar tidak terlalu panjang soal bab ini dibagi tiga (Part 1, 2, dan 3). Nah ini adalah bagian yang kedua (Part 2). Selamat membaca dan selamat belajar. 

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apa tujuan AFNEI datang ke Indonesia?

Jawaban:
Tujuan AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) datang ke Indonesia adalah:
a). Menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang.
b.) Melucuti tentara Jepang dan memulangkannya.
c). Mengurus tentara sekutu yang ditawan Jepang.
d). Memelihara ketertiban dan keamanan supaya pelaksanaan tugas berjalan lancar.
e). Menghimpun keterangan tentang penjahat perang dan menuntut mereka di depan pengadilan sekutu.

2. Jelaskan sebab terjadinya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya !

Jawaban:
Sebab terjadinya pertempuran 10 November 1945 adalah terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby di Surabaya pada tanggal 28 Oktober 1945 terjadi pertempuran antara rakyat Surabaya melawan sekutu. Kemudian sekutu di bawah pimpinan Mayjen R.C Mansergh mengeluarkan ultimatum, agar semua orang yang bersenjata menyerahkan diri pada tanggal 9 November 1945 sebelum pukul 18.00. Jika ultimatum tidak dipenuhi, Sekutu akan menyerang Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Karena ultimatum tersebut tidak dihiraukan, karena semangat kemerdekaan sudah menjadi darah rakyat di Surabaya. 

3. Jelaskan dampak perundingan Renville bagi Tentara Nasional Indonesia !

Jawaban:
Dampak perundingan Renville bagi Tentara Nasional Indonesia adalah Tentara Indonesia di daerah Belanda (daerah kantong) harus dipindahkan ke wilayah RI. 

4. Jelaskan arti pentingnya Serangan Umum 1 Maret 1949 bagi Bangsa Indonesia di mata Internasional !

Jawaban:
Arti pentingnya Serangan Umum 1 Maret 1949 bagi Bangsa Indonesia di mata Internasional adalah:
- Dengan adanya Serangan Umum 1 Maret mampu membuka mata Internasional bahwa RI masih eksis dan ini mengundang simpati para pemimpin negara federal bentukan Belanda.
- Mengubah sikap Amerika Serikat untuk berbalik menekan Belanda.
- Menjadi dasar bagi para diplomat RI dan negara pendukung RI untuk membawa persoalan Indonesia ke forum PBB.

5. Sebutkan isi pokok dari hasi Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda!

Jawaban:
Isi pokok dari hasi Konferensi Meja Bundar adalah:
- Belanda menyerahkan kedaulatannya kepada Indonesia tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali kepada RIS paling lambat tanggal 30 Desember 1949.
- Indonesia berbentuk negara serikat dan merupakan sebuah uni dengan Belanda.
- Segala hak dan kewajiban Belanda di Indonesia diterima dan dibebankan kepada Indonesia.
- RIS dengan Belanda akan membentuk uni Indonesia-Belanda yang di ketuai oleh Ratu Belanda.
- Permasalahan Irian Barat masih merupakan daerah perselisihan dan akan diselesaikan dalam waktu satu tahun.


Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap baca tautan/link di bawah ini:

√ Rangkuman IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

√ Soal Essay IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

Posting Komentar untuk "Soal Essay IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 2] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x