Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban ~ sekolahmuonline.com. Bapak/Ibu orang tua/wali murid dan seluruh pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas V Sekolah Dasar (SD) yang kini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru). Postingan kali ini berisi rangkuman materi pelajaran PAIBP Kelas V Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban.
Rangkuman atau ringkasan PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban
Rangkuman atau ringkasan PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban

Rangkuman PAIBP kelas V di bawah ini cocok digunakan oleh Bapak/Ibu orang tua/wali murid dan seluruh pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mendampingi putra-putri/cucu/adik/keponakan dan yang lainnya dalam belajar secara mandiri di luar sekolah atau mengerjakan tugas merangkum dari Bapak/Ibu Guru. Rangkuman kami ambil dari buku PAIBP kelas V SD, sehingga insyaaAllah tidak akan keluar dari materi yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) untuk SD kelas V Kurikulum Merdeka terdiri dari 10 Bab, yaitu:
• Bab 1 Menyayangi Anak Yatim
• Bab 2 Lebih Dekat dengan Nama-Nama Allah
• Bab 3 Aku Anak Saleh
• Bab 4 Hidup Lapang dengan Berbagi
• Bab 5 Meneladani Perjuangan Rasulullah
• Bab 6 Hidup Damai dalam Kebersamaan
• Bab 7 Ketika Kehidupan Telah Berhenti
• Bab 8 Senangnya Berteman
• Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban
• Bab 10 Keteladanan Khulafaurasyidin

Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas V SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan PAIBP Kelas V Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban. Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja.
1. Melaksanakan ibadah haji berarti datang menziarahi Kakbah dan melakukan serangkaian ibadah sesuai ketentuannya.

2. Yang termasuk syarat wajib haji tersebut adalah Islam, balig, berakal, dan bisa mampu (memiliki biaya).

3. Yang termasuk rukun haji adalah ihram, wukuf di Arafah, tawaf ifadah, sai, tahalul, dan tertib.

4. Adapun yang termasuk wajib haji yaitu: berihram dari mikat, mabit di Muzdalifah tanggal 9 Zulhijah, melontar jamrah Aqabah, mabit Mina, melontar jamrah ula, wusta dan aqabah pada hari Tasyrik, tawaf wada, dan meninggalkan perbuatan yang dilarang pada waktu ihram.

5. Pelaksanaan ibadah haji mengandung banyak hikmah besar dalam kehidupan seorang muslim. Ibadah haji memberikan kemaslahatan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

6. Kurban adalah suatu ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan ternak dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

7. Hukum dalam melaksanakan kurban adalah sunah muakadah. Sunah muakadah artinya ibadah yang dianjurkan dan hampir mendekati wajib.

8. Syarat yang harus terpenuhi dalam berkurban, yaitu: Islam, berakal, balig, dan mampu.

9. Adapaun syarat hewan kurban, yaitu: hewan ternak, telah cukup umur, dan tidak cacat.
Pelaksanaan ibadah kurban merupakan perilaku meneladani Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas V SD Semua Bab

Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas V Sekolah Dasar (SD) Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru) semua Bab (Bab 1 s.d Bab 10) silakan buka pada tautan/link berikut ini:

Lengkap Soal PAIBP Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Bab

Lengkap contoh soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas V Sekolah Dasar (SD) Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru) semua Bab beserta kunci jawabannya:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Bab 9 Ibadah Haji dan Kurban ~ sekolahmuonline.com"

close