Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tema 01. Manusia dan Perubahan

Contoh Soal Pilihan Ganda IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Tema 01. Manusia dan Perubahan

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tema 01. Manusia dan Perubahan. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Contoh soal kali ini membahas soal-soal Pilihan Ganda (multiple choices) IPS kelas 9 Tema 01. Manusia dan Perubahan.

Contoh Soal Pilihan Ganda IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Tema 01. Manusia dan Perubahan

Contoh soal berikut ini cocok digunakan untuk belajar sebagai persiapan menghadapi Asesmen yang akan diberikan oleh Bapak/Ibu Guru IPS. Semoga bermanfaat, silakan dibaca dan dipelajari.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Penyebab dari perubahan sosial yang terkait dengan fenomena globalisasi adalah …
a. Perkembangan jumlah penduduk
b. Terjadinya konflik di masyarakat
c. Interaksi dengan lingkungan alam
d. Interaksi dengan kebudayaan masyarakat lain

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Menurut kamus Oxford, globalisasi adalah sebuah situasi di mana budaya dan sistem ekonomi yang berbeda di seluruh dunia dapat saling terhubung dan menjadi serupa satu sama lain karena pengaruh meluasnya perusahaan multinasional dan perkembangan komunikasi yang lebih baik.

2. Seringkali terdapat beberapa kesalahpahaman konsep mengenai proses modernisasi di masyarakat. Salah satunya adalah menganggap jika menjadi modern adalah ….
a. Mengikuti pembaruan
b. Memiliki sikap open minded
c. Mengikuti gaya hidup Eropa
d. Memiliki pola pikir yang berkembang

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Modernisasi berasal dari kata latin modernus yang merupakan gabungan dari kata modo dan ernus. Modo berarti ‘cara’ sementara ernus berarti ‘masa kini’. Dalam kata modernisasi juga ada penambahan kata “isasi” yang berarti “proses”. Jadi dapat disimpulkan jika modernisasi adalah sebuah proses menuju cara-cara masa kini. Menurut KBBI, modernisasi adalah “Proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini.”

Manusia mulai memasuki masa modern seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendorong terciptanya mesin dan alat untuk mempermudah aktivitas kehidupan. Diawali dengan berbagai penemuan penting pada masa Revolusi Industri, proses modernisasi yang berawal di Eropa kemudian menyebar ke seluruh dunia hingga saat ini.

Dalam perkembangannya, modernisasi kemudian mendorong terjadinya perubahan sosial. Ciri-ciri umum yang terjadi di sebuah masyarakat yang mengalami modernisasi berkaitan dengan dua hal, yakni pola pikir dan corak aktivitas sehari-hari. Dari segi pola pikir, masyarakat modern memiliki cara pandang dan sikap yang lebih rasional dan ilmiah (menghargai ilmu pengetahuan). Mereka juga memiliki pemikiran yang terbuka atau open minded terhadap perubahan. Sementara dari segi aktivitas sehari-hari, masyarakat modern secara umum menggunakan dan menerapkan teknologi dalam keseharian. Mesin modern digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi, sementara alat atau perkakas modern digunakan untuk menunjang atau mempermudah aktivitas sehari-hari.

Bacalah artikel berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.

Jaga Bali, Perkuat Peran Desa Adat
DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayan Bali. Perda ini bertujuan untuk mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat yang bersifat lokal, nasional, dan global yang berdampak pada keberadaan kebudayaan Bali dan pengembangannya.

Guru Besar Universitas Hindu Negeri (UHN) Prof. Dr. I Made Surada, M.A. mengatakan, budaya Bali bisa terjaga karena adanya penguatan peran desa adat di Bali. Oleh karenanya, kebijakan Gubernur Bali yang terkait dengan peran desa adat ini sangat luar biasa. Melalui perda tersebut, pemerintah mendukung seluruh desa adat untuk bersatu menjaga keharmonisan Bali, alam dan masyarakatnya. Desa adat harus mampu mengatur, mengurus, dan mengayomi penyelenggaraan parahyangan (hubungan manusia dengan Tuhan), pawongan (hubungan manusia dengan manusia), dan palemahan (hubungan manusia dengan lingkungan), memajukan adat, agama, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal masyarakat.

“Dengan kebijakan Gubernur Bali tersebut, tentunya ini adalah bukti untuk menjaga keharmonisan Bali Era Baru. Yang terpenting dari itu adalah melahirkan karakter-karakter berkualitas dan berintegritas bagi generasi muda Bali mendatang,” tegasnya. (Winatha/balipost).
Sumber: https://www.balipost.com/news/2020/11/11/157051/
Jaga-Bali,Perkuat-Peran-Desa...html)

3. Wujud pelestarian budaya yang disoroti dalam wacana pembahasan tersebut adalah ….
a. Gagasan
b. Artefak
c. Desa Adat
d. Karya Seni

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:

4. Perhatikan kalimat di paragraf pertama berikut:
 “Perda ini bertujuan untuk mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat yang bersifat lokal, nasional, dan global yang berdampak pada keberadaan kebudayaan Bali dan pengembangannya.”

Dampak yang dikhawatirkan dari perubahan masyarakat terhadap kebudayaan Bali tersebut adalah ….
a. Menguatnya nilai-nilai modernisasi yang memudahkan kehidupan
b. Melemahnya tradisi budaya yang mengatur cara hidup
masyarakat
c. Meningkatnya peran desa adat untuk menjaga sistem kebudayaan
d. Menurunnya peran pemerintah dalam mengatur pelestarian budaya

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:

5. Apa contoh perilaku yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk ikut menjaga tradisi kearifan lokal di Nusantara?
a. Menggunakan pakaian adat saat pergi ke luar rumah
b. Menuntut gubernur untuk mengeluarkan kebijakan pelestarian
budaya
c. Membangun desa adat di lingkungan rumah
d. Menjaga keharmonisan dan menghidupkan semangat gotong royong

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
‘Kearifan lokal’ atau local wisdom merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun. Keberadaannya memiliki arti penting bagi keberlanjutan hidup sebuah masyarakat karena berisi nilai-nilai kebijaksanaan terkait kehidupan. Lalu apakah yang dimaksud dengan kearifan lokal?

Kearifan lokal yang sedang kita pelajari termasuk ke dalam wujud budaya yang tidak bisa disentuh atau dilihat secara langsung, namun kita bisa mengamatinya dari tindakan atau aktivitas serta produk yang dihasilkan. Kearifan lokal, sesuai dengan arti katanya, adalah nilai-nilai kebijaksanaan atau ajaran kebaikan yang diwariskan secara turun temurun di suatu masyarakat tertentu. Kearifan lokal lahir dari pengalaman panjang sebuah masyarakat dalam memaknai kehidupannya. Oleh karenanya di dalam kearifan lokal biasanya terdapat panduan hidup mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi kelangsungan hidup yang berkelanjutan (sustainable development).

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Contoh Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tema 01. Manusia dan Perubahan Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tema 01. Manusia dan Perubahan"

close