Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

1. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Lebih rinci lagi  menurut ilmu ekonomi, pasar adalah proses bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan. 

2. Pasar memiliki beberapa fungsi dan bentuk. Selain itu, pasar juga dapat  digolongkan menurut waktu, jenis, dan wilayah pemasarannya. 

3. Selain untuk output (barang atau jasa), terdapat pula pasar input untuk  faktor-faktor produksi, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, dan modal. 

4. Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan produk (barang/ jasa) sebagai hasil produksi perusahaan. 

5. Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara  permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas. 

6.  Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. 

7. Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan  penawaran yang ditandai hanya ada satu penjual/produsen di pasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli/konsumen.

8. Tugas BPPM adalah memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada Menteri keuangan dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pasar modal.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat"

close