Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang magnet!

Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang magnet! Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal IPA Kelas 9 SMP dan MTs Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi yang membahas tentang pengertian magnet. Selamat membaca dan mempelajari.

Jelaskan apa yang ketahui tentang magnet!

Jawaban/Pembahasan:

Pengertian Magnet

Istilah magnet sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kamu juga sering menggunakan magnet. Menurut kamu apa yang disebut dengan magnet?

Kata magnet berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki).

Di wilayah tersebut terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu. Magnet terbuat dari logam seperti besi dan baja. Magnet memiliki berbagai bentuk dan dinamakan sesuai bentuknya.

Kutub Magnet

Penentuan kutub magnet batang dapat dilakukan dengan percobaan sederhana. Letakkan magnet batang di atas gabus lalu apungkan di permukaan air, maka ujung magnet yang menunjuk ke arah utara adalah kutub utara magnet, dan ujung magnet yang menunjuk arah selatan adalah kutub selatan magnet.

Magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik. Kutub-kutub ini selalu ada pada setiap magnet walaupun magnet tersebut dipotong menjadi potongan magnet kecil.

Asal Kekuatan Magnet

Dari manakah kekuatan magnet berasal? 

Apa beda gaya magnet dengan gaya listrik? 

Gaya listrik berasal dari adanya interaksi antara muatan listrik, sedangkan gaya magnet berasal dari adanya interaksi antara kutub-kutub magnet yang ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik (elektron) pada benda.

Pada beberapa jenis logam tertentu, seperti besi dan baja, sejumlah magnet elementer magnet dapat disusun berbaris pada arah tertentu hingga benda bersifat sebagai magnet

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang magnet!"

close