Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 3 Jaringan Tumbuhan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 3 Jaringan Tumbuhan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 3 Jaringan Tumbuhan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Jaringan Tumbuhan.
Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 3 Jaringan Tumbuhan


Biologi kelas 11 Bab Jaringan Tumbuhan terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Jaringan Marisetem
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Jaringan Permanen
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Organ Tumbuhan

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab 3 Jaringan Tumbuhan

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Biologi kelas 11 Bab Jaringan tumbuhan yang Sekolahmuonline sajikan per kegiatan pembelajaran. Selamat membaca dan mempelajari.

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Jaringan Marisetem

1. Jaringan meristem dapat dibedakan berdasarkan posisinya pada tubuh tumbuhan dan berdasarkan asal-usulnya. Berdasarkan posisinya pada tubuh tumbuhan ada 3 jenis jaringan yaitu Meristem apikal, Meristem interkalar, Meristem lateral. 

2. Berdasarkan asal-usulnya terdiri atas jaringan Promeristem, Meristem primer, Meristem sekunder.

3. Kambium vaskuler merupakan lapisan sel-sel yang aktif membelah di antara pembuluh angkut xilem dan floem. 

4. Kambium gabus (felogen) adalah jaringan kambium yang membentuk lapisan periderm (pelindung). Kambium ini terletak di bawah epidermis batang dan akar yang sudah tua. 

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Jaringan Permanen

1. Jaringan embrional atau jaringan meristem akan berkembang menjadi jaringan dewasa atau jaringan permanen.

2. Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah mengalami diferensiasi menjadi bentuk lain sesuai dengan fungsinya. Jaringan dewasa memiliki ciriciri
a. sebagai berikut.
b. Tidak melakukan aktivitas perbanyakan diri.
c. Sel-selnya berukuran relatif besar dibandingkan dengan sel-sel meristem.
d. Sel-selnya telah mengalami penebalan dinding sesuai dengan fungsinya.
e. Sel-selnya memiliki vakuola yang besar, sehingga mengandung sedikit sitoplasma.
f. Terdapat ruang antarsel.
g. Kadang-kadang, sel-selnya telah mengalami kematian.

3. Berdasarkan jumlah tipe sel penyusunnya, jaringan dewasa dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan sederhana dan jaringan kompleks.

4. Berdasarkan asal meristemnya, jaringan dewasa dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan primer dan jaringan sekunder.

5. Berdasarkan fungsinya, jaringan dewasa dibagi menjadi lima macam, yaitu jaringan pelindung (epidermis), jaringan dasar (parenkim), jaringan pengangkut (vaskuler), jaringan penyokong (penguat), dan jaringan sekretoris.

6. Sel-sel epidermis dapat mengalami bermodifikasi menjadi struktur yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Berikut ini adalah hasi bermodifikasi atau derivat dari sel-sel epidermis.

7. Jaringan parenkim merupakan jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup, dengan struktur morfologi dan siologi yang bervariasi. Jaringan parenkim disebut jaringan dasar karena terdapat pada hampir seluruh bagian tubuh tumbuhan. Contohnya, parenkim palisade yang terdapat di daun dan parenkim penimbun yang terdapat di akar.

8. Jaringan pengangkut adalah jaringan yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral, serta hasil fotosintesis. Jaringan pengangkut terdiri atas xilem dan floem.

9. Floem adalah jaringan pengangkut yang berfungsi mengangkut dan mendistribusikan zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Floem tersusun dari sel-sel hidup dan sel-sel mati.

10. Berdasarkan letak xilem dan floemnya, jaringan pengangkut dibagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe kolateral, tipe konsentris, dan tipe radial.

11. Jaringan kolenkim merupakan jaringan penguat pada organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan. Jaringan ini terdapat pada batang, daun, bagian-bagian bunga dan buah, serta akar yang terkena cahaya matahari. Sel-sel penyusun jaringan kolenkim adalah sel-sel hidup yang bentuknya memanjang dan umumnya memiliki dinding dengan penebalan yang tidak teratur. Penebalan dinding terutama terjadi pada sudut-sudut sel dan terdiri atas bahan selulosa yang tebal. Jaringan kolenkim hanya memiliki dinding primer yang lunak, lentur, dan tidak berlignin. Isi selnya dapat mengandung tanin dan kloroplas.

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Organ Tumbuhan

1. Organ utama tumbuhan meliputi akar, batang dan daun. Organ tambahan meliputi bunga, buah dan biji

2. Akar merupakan organ tumbuhan yang berada di dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan mineral dari tanah serta melekatkan dan menyokong tegaknya tubuh tumbuhan.

3. Akar tumbuhan memiliki tiga jaringan utama yaitu epidermis, korteks dan stele. Pada akar tumbuhan dikotil, xilem primer terletak di pusat akar dan berbentu bintang, sedangkan floem primer terletak di sebelah luar xilem primer. Pada akar tumbuhan monokotil, xilem primer terletak berselang seling dengan floem primer

4. Batang tumbuhan memiliki tiga jaringan utama yaitu epidermis, korteks dan stele. Batang tumbuhan dikotil memiliki ikatan pembuluh tipe kolateral terbuka, yaitu di antara xilem dan floem terdapat kambium. Pada batang tumbuhan monokotil, ikatan pembuluhnya bertipe kolateral tertutup, yaitu di antara xilem dan floem tidak terdapat kambium

5. Daun memiliki tiga jaringan yaitu epidermis, mesofil dan berkas vaskuler. Pada epidermis terdapat stomatayang berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran gas dan air. Pada tumbuhan dikotil, di bagian mesofil terdapat jaringan parenkim palisade dan jaringan spons. Di jaringan parenkim palisade terjadi fotosintesis.
Pada jaringan spons terdapat pembuluh pengangkut. Pada tumbuhan monokotil tidak terdapat jaringan parenkim palisade dan jaringan spons, tetapi berupa jaringan mesofil.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 3 Jaringan Tumbuhan. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 3 Jaringan Tumbuhan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...