Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PJOK Kelas 11 Bab 1 Permainan Bola Voli ~ sekolahmuonline.com

Soal PJOK Kelas 11 Bab 1 Permainan Bola Voli ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay atau Uraian lengkap dengan Kunci Jawabannya mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Bab 1 yang membahas tentang Permainan Bola Voli.
Soal PJOK Kelas XI Bab 1 Permainan Bola Voli dan Kunci Jawabannya


Soal PJOK Kelas XI Bab 1 Permainan Bola Voli dan Kunci Jawabannya


Sekilas tentang Permainan Bola Voli


Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang dimainkan oleh dua regu dengan masing-masing terdiri dari 6 orang pemain. Setiap regu berupaya untuk menjatuhkan bola ke area lapangan lawan melalui bagian atas net dengan berbagai variasi serangan.

Dalam permainana bola voli, seluruh bagian tubuh dapat digunakan untuk menyentuh bola agar tidak jatuh ke lantai dengan peraturan tertentu.

Prinsip peramainan bola voli adalah memainkan bola dengan cara yang efektif dan efisien sesuai aturan dan teknik dalam permainan untuk memperoleh poin maksimal (kemenangan). 

Teknik dasar bola voli adalah passing, service, smash/spike.

A. Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas XI Bab 1 Permainan Bola Voli dan Kunci Jawabannya


Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Lambungkan bola ke atas agak ke belakang ± 1 meter menggunakan tangan kiri, badan agak melenting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang, ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan, dan bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan atau melecutkan pergelangan tangan ....
a. Smash
b. Block
c. Passing atas
d. Service atas
e. Passing bawah

Jawaban: d

2. Merupakan teknik yang dilakukan untuk mengumpan bola kepada teman seregu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan ....

a. Smash
b. Block
c. Passing atas
d. Service atas
e. Passing bawah

Jawaban: e

3. Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, dan perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan ....

a. Smash
b. Passing
c. Passing atas
d. Service atas
e. Passing bawah 

Jawaban: b

4. Memukul bola sambil meloncat dekat net dengan maksud untuk mematikan permainan lawan ....

a. Smash
b. Block
c. Passing atas
d. Service atas
e. Passing bawah

Jawaban: a

5. Posisi badan sedikit ditekuk, pandangan ke arah datangnya bola, kedua lengan dijulurkan ke arah datangnya bola dan jari-jari tangan mendorong bola hingga kedua sikut lurus ....

a. Smash
b. Block
c. Passing atas
d. Service atas
e. Passing bawah

Jawaban: c

B. Soal Essay PJOK Kelas XI Bab 1 Permainan Bola Voli dan Kunci Jawabannya


1. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik service atas?Jelaskan!

Jawaban:
Langkah-langkah untuk melakukan teknik service atas yang benar: 
a. Persiapan sebelum melakukan gerak dasar service atas yaitu: berdiri tegak pandangan ke arah bola (depan), kedua kaki sikap melangkah (kaki kiri di depan, kanan di belakang), dan tangan kiri memegang bola di depan badan.
b. Gerakan gerak dasar saat melakukan service atas yaitu: lambungkan bola ke atas agak ke belakang ± 1 meter menggunakan tangan kiri, badan agak melenting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang, ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan, dan bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan atau melecutkan pergelangan tangan.
c. Akhir gerakan service atas yaitu: Berat badan dibawa ke depan dengan melangkahkan kaki belakang (kanan) ke depan dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.

2. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik passing bawah?Jelaskan.

Jawaban:
Langkah-langkah untuk melakukan teknik passing bawah yang benar :
a. Persiapan sebelum melakukan gerak dasar passing bawah yaitu: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kakidi bagian depan, rapatkan dan luruskan kedua lengan didepan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola.
b. Gerakan gerak dasar passing bawah yaitu: dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, dan perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan.
c. Akhir gerakan passing bawah yaitu: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, dan pandangan mengikuti arah gerakan bola

3. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik smash?Jelaskan.

Jawaban:
Langkah-langkah untuk melakukan teknik smash yang benar :
a. Persiapan sebelum melakukan gerak dasar smash yaitu: berdiri dengan sikap melangkah menghadap ke arah net dan berat badan berada pada kaki depan.
b. Gerakan gerak dasar saat melakukan smash yaitu: melangkahkan kaki paling sedikit 2 langkah dengan langkah terakhir lebar. Lalu melakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas diikuti dengan ayunan lengan ke depan atas. Saat memukul bola gunakan telapak tangan pada bagian atas bola bersamaan dengan melecutkan pergelangan tangan.
c. Akhir gerakan smash yaitu: mendarat dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki, lalu lutut direndahkan sekaligus membungkukkan badan. Kedua lengan disamping badan dan rileks.

4. Kesalahan-kesalahan apa saja yang sering terjadi pada teknik smash? Jelaskan bagiamana seharusnya yang tepat atau benar.

Jawaban:
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada teknik smash/spike:
- Menggunakan satu kaki tumpu saat akan memukul bola. 
Perbaikan: Lakukan tolakan menggunakan kedua kaki secara bersamaan untuk menghasilkan loncatan yang baik. 
- Loncatan yang kurang tinggi sehingga bola tidak dapat menyebrangi net. 
Perbaikan: Untuk dapat meloncat dengan tinggi dilakukan dengan menyentakkan seluruh tubuh ke atas secara bersamaan. 
- Perkenaan dan timing kurang tepat saat memukul bola.
Perbaikan: Luruskan siku saat memukul bola dan pukul bagian atas bola saat bola masih berada di atas net menggunakan telapak tangan disertai dengan lecutan pergelangan tangan

5. Kesalahan-kesalahan apa saja yang sering terjadi pada teknik passing bawah? Jelaskan juga perbaikannya!

Jawaban:
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada teknik passing bawah dan perbaikannya:
- Bola tidak dapat melambung sesuai target dikarenakan perkenaan dengan kedua lengan yang kurang tepat. Posisikan tubuh lurus menghadap arah datangnya bola, posisikan kedua lengan rapat dan lurus dengan posisi lebih rendah menyesuaikan arah datangnya bola.
- Arah bola ke belakang bukan ke depan dikarenakan saat menerima bola posisi lengan terlalu tinggi.
Perbaikan: Posisikan lengan sedikit rendah dari arah datang bola, kemudian diayunkan ke depan hingga lengan lurus sejajar bahu.
- Operan bola terlalu kencang dan tidak dapat dikontrol. 
Perbaikan: Perkenaan di lengan bawah bukan pergelangan tangan dengan mengayunkan kedua langan diikuti gerakan lutut dan pinggang diluruskan

6. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik passing atas?Jelaskan.

Jawaban:
Langkah-langkah untuk melakukan teknik passing atas yang benar :
a. Persiapan sebelum melakukan gerak dasar passing atas yaitu: berdiri dengan kedua kaki dibuka seelebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.
b. Gerakan gerak dasar saat melakukan passing atas yaitu: dorongkan kedua lengan menyongsong arah datang bola bersamaan den gan kedua lutut dan pinggul serta tumit terangkat. Usahakan arah datang bola tepat berada di tengah-tengah atas wajah. Titik sentuh bola yang baik adalah tepat mengenai ruas jari-jari tangan.
c. Akhir gerakan passing atas yaitu: pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus. Pandangan ke arah bola.

7. Kesalahan-kesalahan apa saja yang sering terjadi pada teknik passing atas? Jelaskan juga perbaikannya!

Jawaban:
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada teknik passing atas dan perbaikannya:
- Perkenaan bola kurang tepat dengan jedua tangan. 
Perbaikan: Posisikan tubuh lurus menghadap arah bola datang. Tubuh dapat digerakkan ke kiri dan ke kanan menyesuaikan arah datang bola.
- Posisi tangan tidak berada di depan muka dan di atas kening.
Perbaikan: Konsentrasi terhadap kecepatan dan arah datang bola, sehingga posisi badan memiliki ruang yang tepat untuk menyambut bola.
- Tubuh kaku.
Perbaikan: Saat melakukan passing tubuh rileks dengan lutut yang fleksibel (mengeper)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Pilihan Ganda dan Essay mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Bab 1 yang membahas tentang Permainan Bola Voli lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

Baca juga soal PJOK kelas XI yang lainnya:

Posting Komentar untuk "Soal PJOK Kelas 11 Bab 1 Permainan Bola Voli ~ sekolahmuonline.com"

close