Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PJOK Kelas 11 Bab 10 HIV dan AIDS ~ sekolahmuonline.com

Soal PJOK Kelas 11 Bab 10 HIV dan AIDS ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) Kelas XI. Contoh soal di bawah ini membahas materi Bab HIV dan AIDS.
Soal PJOK Kelas XI Bab HIV dan AIDS lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
PJOK Kelas XI Bab HIV dan AIDS membahas dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
Pertama: Menganalisis bahaya penyakit HIV & AIDS
Kedua: Menganalisis cara penularan dan pencegahan penyakit HIV & AIDS

Soal PJOK Kelas XI Bab 10 HIV dan AIDS

Soal-soal berikut ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal essay atau uraian. Bagian pertama terdiri dari 9 soal multiple choices (pilihan ganda), dan bagian kedua terdiri dari 5 soal essay atau uraian yang masing-masing bagian dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasannya.
Catatan: Jika ada kekeliruan atau kekurang pahaman, silahkan diskusikan dengan teman belajar atau guru PJOK di kelas Anda. Selamat dan semangat belajar.

A. Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 11 Bab HIV dan AIDS

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Perhatian gambar di bawah ini. 
Saking berbahayanya HIV/AIDS maka diperlukan berbagai upaya yang sangat masif untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat agar dapat menghindari dan mencegah penularan HIV/AIDS. Dari beragam upaya yang harus dilakukan tersebut, hal yang paling utama dalam menanggulangi dan mencegah penularan HIV/AIDS di lingkungan sekitar adalah…
a. Mempertebal iman dan takwa agar tidak terjerumus ke dalam hubungan $eksual diluar nikah
b. Bila salah satu pasangan sudah terinfeksi HIV maka dalam melakukan hubungan $eksual harus menggunakan k0ndom secara benar dan konsisten. Ketiga konsep pencegahan di atas ini dikenal dengan istilah ABCE (Abstinence, Be faithful, Cond0m, Education)
c. Tidak bergaul sembarangan
d. Setia pada pasangan
e. Tidak menggunakan jarum suntik sembarangan, dan tidak transfusi darah dari sembarang orang

Kunci Jawaban: A

2. Perhatikan tabel di bawah ini. 
Orang-orang yang memiliki resiko tinggi menularkan atau tertular HIV dikarenakan perilakunya adalah kelompok .... 
a. A
b. B
c. C
d. D
e. E

Kunci Jawaban: E

3. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Berikut ini adalah contoh cara penyebaran HIV.... 
a. Udara di sekitar tempat tinggal penderita
b. Akibat bersentuhan dengan penderita
c. Memakai jarum suntik yang sudah terkontaminasi
d. Air liur penderita
e. Gigitan nyamuk

Kunci Jawaban: C

postingan diolah oleh: sekolahmuonline.com

4. Gejala yang dialami apabila seseorang telah masuk fase pertama HIV adalah . . . 
a. Infeksi saluran pencernaan dan gangguan pernapasan
b. Sistem keebalan tubuh mengalami kerusakan parah
c. Berat badan akan berkurang dengan drastis
d. Rentan terhadap infeksi oportunistik
e. Sering merasakan mual, muntah, kelelahan dan demam

Kunci Jawaban: E

5. Kegiatan orang normal kepada ODHA yang dapat menyebabkan penularan HIV/AIDS adalah . . .
a. Menyentuh
b. Berbagi jarum suntik
c. Berpelukan
d. Berciuman
e. Memberikan darah

Kunci Jawaban: B

6. Pencegahan HIV/AIDS yang benar dari segi pengetahuan dapat dilakukan dengan cara ...
a. Menghindari alk0hol dan obat-obatan terlarang
b. Tidak berbagi jarum atau alat suntik dengan orang lain
c. Melakukan hubungan $eks yang aman
d. Melakukan hubungan sosial yang baik
e. Mempelajari bagaimana cara HIV menyebar

Kunci Jawaban: E

7. Seseorang yang terinfeksi oleh HIV, maka virus ini akan menyerang .... 
a. Sel darah merah
b. Sel darah putih
c. Sel darah merah dan putih
d. Aliran pembuluh darah
e. Dinding pembuluh darah

Kunci Jawaban: B

postingan diolah oleh: sekolahmuonline.com

8. HIV bertahan lebih lama di luar tubuh manusia hanya bila darah yang mengandung HIV tersebut masih dalam keadaan belum mengering. HIV juga mudah mati oleh air panas, sabun dan bahan pencuci hama lain. Karena HIV cepat mati di luar tubuh manusia, maka HIV ...
a. tidak dapat menular kepada siapapun
b. dapat menular lewat berbagai cara
c. dapat menular lewat udara
d. tidak dapat menular lewat udara
e. tidak dapat menular lewat berbagai cara

Kunci Jawaban: D

9. Yang bukan cara mencegah tertular penyakit HIV/AIDS adalah.... 
a. Tidak melakukan hubungan $eksual sebelum menikah (Abstinence). Hubungan $eksual hanya dilakukan melalui pernikahan yang sah.
b. Bila telah menikah, hanya mengadakan hubungan $eksual dengan pasangan sendiri, yaitu suami atau isteri sendiri.
c. Bila salah satu pasangan sudah terinfeksi HIV maka dalam melakukan hubungan $eksual harus menggunakan k0ndom
d. Mempertebal iman dan takwa agar tidak terjerumus ke dalam hubungan hubungan $eksual diluar nikah.
e. Penyalahgunaan nark0tika dengan suntikan, yang menggunakan jarum suntik secara bersama (bergantian)

Kunci Jawaban: E

B. Soal Essay PJOK Kelas 11 Bab HIV dan AIDS

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang HIV/AIDS!

Jawaban:
Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus atau jasad renik yang sangat kecil yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.
Bentuk HIV seperti binatang bulu babi (binatang laut) yang berbulu tegak dan tajam. Tubuh manusia mempunyai sel-sel darah putih yang berfungsi untuk melawan dan membunuh bibit-bibit atau kuman-kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan demikian sel-sel darah putih melindungi seseorang dari jatuh sakit. Inilah yang disebut kekebalan tubuh manusia, yang merupakan daya tahan tubuh seseorang.

Seseorang yang terinfeksi oleh HIV, maka virus ini akan menyerang sel darah putih. Selanjutnya akan merusak dinding sel darah putih untuk masuk ke dalam sel dan merusak bagian yang memegang peranan pada kekebalan tubuh. Sel darah putih yang telah dirusak tersebut menjadi lemah dan tidak lagi mampu melawan kuman-kuman penyakit. Lambat-laun sel darah putih yang sehat akan sangat berkurang. Akibatnya, kekebalan tubuh orang tersebut menjadi menurun dan akhirnya sangat mudah terserang penyakit.

Seseorang yang terinfeksi oleh HIV, berarti mengidap HIV di dalam tubuhnya, disebut “HIV+” (baca: HIV positif) atau pengidap HIV. Orang yang telah terinfeksi HIV dalam beberapa tahun pertama belum menunjukkan gejala apapun. Sehingga secara fisik kelihatan tidak berbeda dengan orang lain yang sehat. Namun dia mempunyai potensi sebagai sumber penularan, artinya dapat menularkan virus kepada orang lain. Setelah periode 7 hingga 10 tahun, atau jika kekebalan tubuhnya sudah sangat melemah karena berbagai infeksi lain, seorang pengidap HIV mulai menunjukkan gejala-gejala dan tanda-tanda bermacam-macam penyakit yang muncul karena rendahnya daya tahan tubuh. Pada keadaan ini orang tersebut disebut sebagai penderita AIDS.

postingan diolah oleh: sekolahmuonline.com

2. Apa yang dimaksud dengan penyakit AIDS? 

Jawaban:
AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Syndrome yang bahasa Indonesia-nya adalah Sindroma, merupakan kumpulan gejala dan tanda penyakit.
Deficiency dalam bahasa Indonesia berarti kekurangan. Immune berarti kekebalan, sedangkan Acquired berarti diperoleh atau didapat. Dalam hal ini, “diperoleh” mempunyai pengertian bahwa AIDS bukan penyakit keturunan. Seseorang menderita AIDS bukan karena keturunan dari penderita AIDS, tetapi karena terjangkit atau terinfeksi virus penyebab AIDS.
Oleh karena itu, AIDS dapat diartikan sebagai kumpulan tanda dan gejala penyakit akibat hilangnya atau menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang.
AIDS merupakan fase terminal (akhir) dari infeksi HIV.

Seorang pengidap HIV daya tahan tubuhnya terganggu sehingga mudah terserang penyakit, bahkan serangan sesuatu penyakit yang untuk orang lain dapat digolongkan sebagai penyakit ringan, bagi seorang pengidap HIV atau penderita AIDS penyakit tersebut dapat menjadi berat, bahkan dapat menimbulkan kematian. Misalnya penyakit influensa, pada orang sehat penyakit ini, akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu minggu, meskipun tidak diobati sama sekali asalkan penderita makan, tidur dan istirahat yang cukup.
Sedangkan pada pengidap HIV dan penderita AIDS, penyakit influensa ini akan menetap lebih lama bahkan semakin parah pada waktu tertentu. Seorang penderita AIDS dapat meninggal oleh penyakit infeksi lain yang menyerang dirinya akibat kekebalan tubuhnya yang terganggu (disebut infeksi oportunistik).

postingan diolah oleh: sekolahmuonline.com

3. Pendidikan mengenai penyakit HIV/AIDS sangatlah penting dipelajari sejak dini, maka dari itu perlu diajarkan dalam pelajaran sekolah dalam hal ini di SMA. Coba kalian telaah kemudian tuliskan mengapa penyakit HIV/AIDS sangat berbahaya? 

Jawaban:
Seseorang yang terinfeksi oleh HIV, maka virus ini akan menyerang sel darah putih. Selanjutnya akan merusak dinding sel darah putih untuk masuk ke dalam sel dan merusak bagian yang memegang peranan pada kekebalan tubuh. Sel darah putih yang telah dirusak tersebut menjadi lemah dan tidak lagi mampu melawan kuman-kuman penyakit. Lambat-laun sel darah putih yang sehat akan sangat berkurang. Akibatnya, kekebalan tubuh orang tersebut menjadi menurun dan akhirnya sangat mudah terserang penyakit. Jadi ketika seseorang terinveksi maka penyakit ringan pun akan menjadi berat. Selain itu efek yang ditimbulkan bisa menimbulkan kecanduan n@rkoba, bisa mendorong untuk bunnuh diri, bisa menyebabkan tekanan mental dan menjadi sakit jiwa (gila)

4. HIV/AIDS sangat berbahaya, maka untuk menghindarinya perlu dipahami bagaimana penularan penyakit tersebut agar kita bisa terhindar dari penyakit tersebut. Coba kalian telaah dan uraikan bagaimana penularan penyakit HIV/AIDS! 

Jawaban:
Cara Penularan HIV/AIDS terjadi bila ada kontak atau percampuran dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, yaitu melalui:
- Hubungan $eksual dengan seseorang yang mengidap HIV
- Alat jarum suntik atau alat tusuk lainnya
- Ibu hamil yang mengidap HIV kepada bayi yang dikandungnya.
- Penularan dapat terjadi juga melalui transfusi darah, penggunaan produk darah dan plasma

postingan diolah oleh: sekolahmuonline.com

5. Jelaskan secara singkat bagaimana cara pencegahan penyakit HIV/AIDS! 

Jawaban:
Pencegahan penularan HIV/AIDS dapat dilakukan dengan:
- pencegahan melalui hubungan $eksual
- pencegahan penularan melalui darah
- pencegahan dari ibu kepada anaknya
- pencegahan berupa edukasi di lingkungan sekolah/institusi pendidikan

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choices dan soal essay atau uraian mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) Kelas 11 Bab HIV dan AIDS lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline himpun dan olah dari Modul PJJ PJOK kelas XI SMA. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga soal PJOK kelas XI yang lainnya:

Posting Komentar untuk "Soal PJOK Kelas 11 Bab 10 HIV dan AIDS ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close