Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2). Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 yang membahas tentang Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi.
Rangkuman atau ringkasan IPS Kelas IX Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi
Silahkan dibaca dan dipelajari, jangan lupa berbagai/sharing kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.

Rangkuman IPS Kelas IX Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi meliputi dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran 1 Masa Perkembangan Masyarakat Indonesia Masa Orde Baru
- Kegiatan Pembelajaran 2 Masa Reformasi di Indonesia

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi: Kegiatan Pembelajaran 1 Masa Perkembangan Masyarakat Indonesia Masa Orde Baru

1. Pelaksanaan Demokrasi terpimpin yang ditandai dengan penerapan Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis) dan Manipol USDEK sangat menguntungkan PKI. Penerapan Nasakom di berbagai bidang pemerintahan telah menjadikan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUD 1945. Kondisi yang demikian ini akhirnya dimanfaatkan oleh PKI untuk melakukan kudeta. PKI berkeinginan untuk mengganti Pancasila dengan dasar komunisme.

2. Pemberontakan G30S/PKI adalah sebagai bentuk pengkianatan bangsa yang dilakukan oleh PKI. Sikap pemerintah yang kurang tegas terhadap PKI menimbulkan ketidaksabaran di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Muncullah demonstrasi di dengan tuntutan pembubaran PKI. Dengan dipelopori organisasi KAMI dan KAPPI, pada 10 Januari 1966 kesatuan aksi Mahasiswa dan pelajar mengajukan tuntutan yang terkenal dengan nama Tri Tuntutan Rakyat (Tritura).

3. Dalam situasi dan kondisi negara yang tidak menentu, Presiden Soekarno mengeluarkan surat perintah pada tanggal 11 Maret 1966 (Supersemar). Surat inibberisi pemberian mandat kepada Letjen Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat dan Pangkobkamtib untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah. Dalam menjalankan tugas, penerima mandat diharuskan melaporkan segala sesuatu kepada presiden. Mandat itu kemudian dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret (Supersemar). Sejak tanggal 11 Maret 1966 bangsa Indonesia memasuki babak sejarah baru yaitu Orde Baru.

4. Setelah berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia, langkah selanjutnya yang ditempuh pemerintah RI adalah melaksanakan Pembangunan Nasional. Pembangunan Nasional diupayakan pada jaman orde baru direalisasikan melalui Pembangunan Jangka Panjang Dan Jangka Pendek. Pembangunan Jangka Panjang mencakup periode 25-30 tahun, sedangkan Pembangunan Jangka Pendek mencakup periode 5 (lima) tahun. Program pembangunan jangka pendek terkenal dengan sebutan Pelita (Pembangunan Lima Tahun).

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi: Kegiatan Pembelajaran 2 Masa Reformasi di Indonesia

1. Pada tahun 1997 Bangsa Indonesia dilanda Krisis Moneter, kondisi ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia. Krisis yang bermula dari kemrosotan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing secara tajam menjadi penyebab utama runtuhnya kekuasaan Orde Baru. Keadaan terus memburuk. KKN semakin merajalela, sementara kemiskinan rakyat terus meningkat. Terjadinya ketimpangan sosial yang sangat mencolok menyebabkan munculnya kerusuhan sosial. Pergerakan mahasiswa telah memotori lahirnya Orde Reformasi di Indonesia.

2. Masa Reformasi (1998-Sekarang) merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Reformasi di Indonesia adalah masa setelah berakhirnya pemerintahan Orde Baru. Masa reformasi dimulai pada tanggal 21 Mei 1988 saat Presiden Soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh Wakil Presiden B.J. Habibie. Masa reformasi terus berlanjut hingga saat ini.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) Bab 6 yang membahas tentang Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ IPS Kelas IX SMP Semester Genap. Semoga bermanfaat. Memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di rumah. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap baca tautan/link di bawah ini:

√ Rangkuman IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Essay IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x