Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Esai IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Esai IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca setia Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) lengkap dengan kunci jawabannya. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Bagian Pertama (Part 1) dari contoh soal esai [essay] atau uraian IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 yang membahas tentang Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi.
Soal Esai IPS Kelas IX Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi lengkap dengan Kunci Jawabannya
Silahkan dibaca dan dipelajari, jangan lupa berbagai/sharing kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini.

Soal Esai IPS Kelas IX Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi

IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi meliputi dua kegiatan pembelajaran, yaitu:

Nah, berikut ini soal esai IPS kelas 9 semester genap Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi bagian yang pertama (Part 1) lengkap dengan kunci jawaban atu pembahasannya. Selamat membaca dan selamat belajar.

Soal Esai IPS Kelas 9 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi: Kegiatan Pembelajaran 1 Masa Perkembangan Masyarakat Indonesia Masa Orde Baru

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Mengapa PKI melakukan pemberontakan pada tahun 1965?

Jawaban:
Alasan PKI melakukan Gerakan G30S adalah untuk menggeser ideologi pancasila menjadi ideologi komunis, dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang berfaham komunis.

2. Jelaskan upaya-upaya PKI untuk mempersiapkan perebutan kekasaan!

Jawaban:
Upaya-upaya PKI untuk mempersiapkan perebutan kekasaan yaitu;
(1). PKI mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk angkatan kelima, di samping keempat angkatan dalam ABRI yang telah ada (AD, AL, AU dan kepolisian
(2). Berusaha menghancurkan lawan-lawan politiknya, mempengaruhi presiden, sehingga membubarkan partai Partai Murba.
(3). Memecah belah partai penguasa yaitu PNI.
(4). Menyebarkan isu tentang “Dewan Jenderal” yang akan memberontak terhadap pemerintah.
(5). Mendirikan organisasi massa, di antaranya adalah: Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra), Pemuda Rakyat (PR), Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani), Barisan Tani Indonesia (BTI).

3. Jelaskan yang di maksud dengan Tritura?

Jawaban:
Yang di maksud dengan Tritura adalah Tiga tuntutan Rakyat, yakni;
(1). Bubarkan PKI.
(2). Bersihkan kabinet dari unsur-unsur G 30 S/PKI.
(3). Turunkan harga.

4. Bagaimana hubungan Supersemar dengan proses lahirnya Orde Baru?

Jawaban:
Supersemar dianggap sebagai tonggak lahirnya orde baru, karena super semar merupakan pelimpahan wewenang kepada Mayjend Suharto untuk mengambil segala tindakan untuk menyelamatkan revolusi, menyelamatkan keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Mengambil segala tindakan untuk menegakkan keamanan dan ketertiban secara Nasional di Indonesia.

5. Jelaskan keberhasilan dan kegagalan pembangunan Orde Baru dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial!

Jawaban:
Perencanaan pembangunan Nasional pada masa orde baru, direncanakan dan direalisasikan melalui Pembangunan Jangka Panjang Dan Jangka Pendek. Pembangunan Jangka Panjang mencakup periode 25-30 tahun, sedangkan Pembangunan Jangka Pendek mencakup periode 5 (lima) tahun. Program pembangunan jangka pendek terkenal dengan sebutan Pelita (Pembangunan Lima Tahun). Prioritas pembangunan nasional adalah bidang ekonomi terutama sektor pertanian.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal essay (esai) atau uraian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap (Semester 2) Bab 6 yang membahas tentang Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Soal Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ IPS Kelas IX SMP Semester Genap. Semoga bermanfaat. Memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di rumah. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 SMP/MTs Semester Genap baca tautan/link di bawah ini:

√ Rangkuman IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):
√ Soal Essay IPS Kelas 9 Semester Genap (Semester 2):

Posting Komentar untuk "Soal Esai IPS Kelas 9 Semester 2 Bab 6 Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x