Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 (Sosiologi Kelas XI Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 (Sosiologi Kelas XI Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil (Semester 1) mata pelajaran Sosiologi kelas XI yang kini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar). Soal-soal di bawah ini berisi soal-soal campuran, yaitu terdiri dari soal-soal pilihan ganda atau multiple choices, soal model Benar-Salah, dan soal-soal essay atau uraian yang masing-masing dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas XI Kurikulum Merdeka
Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Sumatif Akhir Semester (SAS)

Pada saat masih menggunakan kurikulum 2013, kita mengenal istilah Penilaian Akhir Semester (PAS). Nah, kini setelah menggunakan Kurikulum Merdeka muncul istilah Sumatif Akhir Semester (SAS). Bisa disimpulkan, SAS itu ya sama dengan PAS. 

Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah dijalani oleh peserta didik selama satu semester/enam bulan. Sumatif akhir semester sendiri biasanya digunakan oleh guru sebagai dasar untuk mengukur kemampuan kognitif mata pelajaran yang akan dibagikan hasilnya saat pembagian Laporan Hasil Belajar Siswa (rapor).

Contoh Soal Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas XI + Kunci Jawabannya

Contoh soal Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas XI yang Sekolahmuonline sajikan merupakan gabungan dari soal-soal Uji Pengetahuan Akhir Sosiologi kelas 11 yang ada pada Bab 1 dan 2. Jika ditotal, maka soal-soal di bawah ini ada 20 soal campuran berupa Pilihan Ganda, Benar Salah, dan Essay sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Silakan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memudahkan pembaca semuanya ketika menghadapi asesmen Sumatif yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru. Jangan lupa berbagai kepada yang lainnya, cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada pada postingan ini. Karena berbagai itu menyenangkan. Sharing is caring. Berbagai, berarti Anda peduli.

I. Soal Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 dari Bab 1

Silakan kerjakan soal-soal di bawah ini. Jawaban ada di bawah akhir soal. Usahakan tidak melihat kunci jawaban terlebih dahulu. Jika kesulitan, baru silakan lihat kunci jawaban yang sudah disediakan.

Kunci Jawaban Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 dari Bab 1

1. B, S, S

2. C

3. B

4. 1-B, 2-A, 3-C, 4-D

5. B

6. Kelompok mampu menunjukkan hasil kinerjanya dengan baik. Kondisi ini dibuktikan dengan adanya hasil produk yang dipresentasikan di kelas.

7. 1 dan 3 memenuhi kriteria.

8. 1=Benar, 2=Salah

9. Ya, Setuju. Dinamika kelompok terjadi karena adanya hubungan sosial yang dibangun oleh individu dan kelompok. Konsep ini sejalan dengan temuan peneliti yang menunjukkan bahwa risak (bullying) bukanlah fenomena tunggal yang terjadi antarindividu. Akan tetapi, risak (bullying) juga melibatkan orang-orang disekitar kita seperti asisten bully, reinforcer, victim, devender, dan outsider.

10. Tidak Setuju. Soal menuntut peserta didik memiliki kemampuan literasi dan kemampuan pemahaman konsep terkait penanganan masalah bullying. Pertama, soal menanyakan mengenai cara memutus mata rantai (pengentasan masalah). Sementara itu, infografis menyajikan kemampuan dan efektivitas saran cara mengantisipasi (pencegahan). Kedua, peneliti melihat bullying pada konteks masalah di sekolah (bukan konteks siber). Padahal infografis fokus pada penanganan cyber bullying. Dengan demikian, penanganan masalah tersebut membutuhkan strategi yang berbeda. Ketiga, peneliti mengemukakan bahwa bullying terjadi karena faktor keikutsertaan orang-orang di lingkungan sekitar seperti assisten bully, reinforcer, dan outsider. Artinya, penanganan bullying harus memperhatikan faktor keterlibatan pihak-pihak tersebut. Sementara itu, saran pada infografis dilakukan untuk mempertahankan diri sendiri dari kejahatan digital

I. Soal Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 dari Bab 2

Silakan kerjakan soal-soal di bawah ini. Usahakan tidak melihat kunci jawaban terlebih dahulu. Jika kesulitan, baru silakan lihat kunci jawaban yang sudah disediakan.

3. Berita bohong (hoax) dapat menjadi salah satu faktor utama keretakan hubungan sosial dalam masyarakat. Berita hoax sulit diketahui kebenarannya karena sangat meyakinkan orang-orang yang membaca. Oleh karena itu, sikap yang harus dimiliki untuk mencegah keretakan sosial akibat berita bohong (hoax) adalah . . . .
A. membatasi diri dari pergaulan dan berbagai media sosial sehingga tidak perlu menerima banyak informasi
B. melaporkan penyebar informasi kepada pihak yang berwenang secara langsung
C. membandingkan informasi yang diperoleh dengan sumber terpercaya lain sebelum disebarkan
D. menghormati cara pandang dan sikap seseorang dalam menyikapi suatu informasi
E. memberikan kebebasan berekspresi dan kritik terhadap kondisi sosial masyarakat

4. Perhatikan abstrak berikut!
Pola Asuh pada Keluarga Buruh Migran Indonesia (BMI) di Desa Makmur 
Penelitian ini bertujuan menggali faktor-faktor yang menyebabkan migrasi dan dampaknya terhadap pola asuh keluarga BMI di Desa Makmur menjadi Buruh Migran Indonesia (BMI). Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Sampel diambil dengan cara snowball sampling. Peneliti mewawancarai mantan BMI yang sudah kembali ke kampung halamannya. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan dampak yang dirasakan oleh keluarga BMI antara lain pendapatan keluarga meningkat, anak dapat sekolah lebih tinggi, dan status sosial ekonomi keluarga meningkat. Alasan yang menyebabkan migrasi BMI bekerja ke luar negeri, yaitu pendapatan daerah yang rendah dan sempitnya lapangan pekerjaan. Faktor pendorong seseorang bersedia menjadi buruh migran, yaitu gaji tinggi dan peluang kerja di negara tujuan masih luas.
Sumber: Joan Hesti Gita Purwasih (2021)
Setelah menyimak kutipan abstrak penelitian tersebut, identifikasilah pernyataan berikut dengan memberi tanda centang (√) pada kolom Setuju atau Tidak Setuju!

5. Perhatikan kutipan artikel berikut!
Penyandang Disabilitas dalam Dunia Kerja
Diskriminasi menyebabkan penyandang disabilitas sulit memperoleh pekerjaan. Padahal dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 31 disebutkan bahwa “Setiap tenaga kerja mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk memilih, mendapatkan, atau pindah pekerjaan dan memperoleh penghasilan yang layak di dalam atau di luar negeri”. Berdasarkan undang-undang tersebut, penyandang disabilitas juga mempunyai hak untuk berkesempatan memperoleh pekerjaan. Pengakuan tersebut dikuatkan secara hukum melalui Undang-Undang Nomor 8 tahun 2013 tentang Penyandang Disabilitas yang menjelaskan bahwa (1) Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit 2% (dua persen) Penyandang Disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja; (2) Perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1% (satu persen) Penyandang Disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. Pelanggar akan dikenakan sanksi ancaman pidana maksimal 6 bulan dan/atau denda maksimal 200 juta rupiah.
Sumber:http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/download/20499/9364
Setujukah kalian bahwa informasi pada kutipan tersebut mencerminkan salah satu upaya menyikapi eksklusi sosial dalam masyarakat?
A. Ya
B. Tidak
Alasan: .....? 

6. Simaklah artikel berikut!
Kasus Intoleransi Indonesia Meningkat
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengakui kasus intoleransi di Indonesia setiap waktunya mengalami peningkatan. Menurutnya, kasus intoleransi dominan pada masalah pendirian rumah ibadah dan hak-hak minoritas. Ia mendorong segera ada penyelesaian karena pendirian rumah ibadah merupakan salah satu kebutuhan yang nyata. “Pendirian rumah ibadah adalah kebutuhan nyata, sehingga harus segera ada tindakan untuk menyelesaikannya”, ujarnya. Ia juga mengingatkan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan sejak dini. Selain itu, ia menekankan tidak ada kompromi terhadap kaum intoleran karena dinilai menyebabkan perpecahan.
Sumber: https://bpip.go.id/bpip/berita/1035/352/bpip-kasus-intoleransi-di-indonesia-selalu-meningkat.html#, diakses pada 6 November 2021

Berikan rekomendasi upaya campuran (preventif dan represif) untuk mengatasi kasus tersebut!

7. Perhatikan kasus berikut!
Pak Agus menjabat sebagai kepala personalia di sebuah perusahaan. Ia tahu bahwa perusahaannya sedang mencari seorang sekretaris. Akan tetapi, ia sengaja menyimpan informasi tersebut. Ia hanya membuka lowongan kerja dalam waktu singkat agar jumlah pelamar sedikit sehingga memperbesar peluang keponakannya untuk diterima di perusahaan.
Saat wawancara berlangsung, Pak Agus sengaja memberikan skor rendah kepada calon karyawan lain. Akan tetapi, ia justru memberikan penilaian tinggi pada keponakannya meskipun tidak kompeten. Kasus tersebut menunjukkan praktik nepotisme karena . . . .
A. membatasi kesempatan orang lain untuk berpartisipasi secara aktif di bidang pekerjaan
B. menyalahgunakan fasilitas umum demi meraup keuntungan untuk diri dan kerabatnya sendiri
C. mengutamakan kepentingan kelompok atau kalangan sendiri di atas kepentingan umum
D. menyalahgunakan jabatan yang dimilikinya untuk kepentingan anggota kerabatnya sendiri
E. membatasi akses informasi sehingga kelompok sosial tertentu sulit memperoleh haknya

8. Penelitian dalam pemecahan masalah sosial dapat dilakukan melalui penelitian sosial yang terdiri atas langkah-langkah . . . .
A. mendesain langkah, merumuskan tujuan, mengambil data, analisis, dan merumuskan rekomendasi
B. merumuskan tujuan, mendesain langkah, mengambil data, analisis, dan merumuskan rekomendasi
C. mendesain langkah, merumuskan tujuan, analisis, mengambil data, dan merumuskan rekomendasi
D. merumuskan tujuan, analisis, mendesain langkah, mengambil data, dan merumuskan rekomendasi
E. merumuskan tujuan, analisis, mengambil data, mendesain langkah, dan merumuskan rekomendasi

Perhatikan infografis berikut untuk menjawab soal nomor 9-10!
9. Kasus pada infografis umumnya dialami banyak anak perdesaan dan berasal dari golongan ekonomi lemah. Apakah kasus tersebut dapat dikategorikan sebagai masalah sosial akibat pengelompokan sosial dalam masyarakat?

10. Upaya preventif yang relevan untuk memecahkan kasus pada infografis adalah . . . .
A. menindak tegas orang tua yang menikahkan anak di bawah umur
B. mengintegrasikan pendidikan seks untuk remaja dalam kurikulum
C. memberikan modal usaha agar anak dapat membuka usaha sendiri
D. menghadirkan fasilitator untuk memantau kondisi setelah pernikahan
E. memberikan pendampingan cara membina rumah tangga pada usia muda

Kunci Jawaban Soal Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 dari Bab 2

1. Jawaban:
• Nomor 1. Salah, karena tergolong masalah pribadi dan tidak merugikan banyak orang.
• Nomor 2. Benar, karena merugikan banyak orang dan penyebarannya dipengaruhi faktor hubungan sosial dalam masyarakat.
• Nomor 3. Benar karena mendapat perhatian dari banyak pihak.
• Nomor 4. Salah karena tergolong masalah pribadi.

2. Jawaban:
• Nomor 1. Salah
• Nomor 2. Benar
• Nomor 3. Salah

3. C

4. 1-Setuju, 2-Setuju, 3-Setuju

5. Ya, karena aturan tersebut menjadi payung hukum yang menjamin tersedianya ruang bagi penyandang disabilitas di dunia kerja. Dengan demikian, mereka dapat memiliki kesempatan yang sama untuk diterima di dunia kerja.

6. Pertama, upaya preventif dapat dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan dunia pendidikan.
Selain itu, menyosialisasikan kerukunan antarumat beragama melalui peran pemuka agama dan dialog antarumat beragama. Kedua, upaya represif dilakukan dengan cara penegakan hukum (menangkap oknum yang memprovokasi) dan mediasi antarpihak.

7. D

8. B

9. Ya, masalah sosial pada infografis terjadi di wilayah perdesaan dan berasal dari keluarga miskin. Kondisi ini menunjukkan gejala kelompok rentan yang termarginalkan karena berbagai faktor seperti ekonomi, budaya, dan pendidikan yang rendah. Dengan demikian, masalah ini menjadi masalah sosial terkait pengelompokan sosial, yaitu eksklusi sosial. Selain itu, kehadiran negara dibutuhkan untuk memecahkan masalah ini, karena pernikahan anak di bawah umur termasuk bentuk pelanggaran hukum.

10. B

Demikian postingan Sekolahmuonlie yang menyajikan Contoh Soal Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas XI Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonlie yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Sumatif Akhir Semester 1 Sosiologi Kelas 11 (Sosiologi Kelas XI Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close