Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 7 Mitigasi Bencana Alam ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 7 Mitigasi Bencana Alam ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 7 Mitigasi Bencana Alam. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Memudahkan Anda dalam mengingat dan mempelajari Geografi khususnya materi pembahasan Mitigasi Bencana Alam.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 7 Mitigasi Bencana Alam
Geografi kelas XI Bab 7 Mitigasi Bencana Alam terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Jenis dan Karakteristik Bencana serta Siklus Penanggulangan Bencana
- Kedua: Persebaran Wilayah Rawan Bencana dan LembagaLembaga Penanggulangan Bencana Alam
- Ketiga: Penanggulangan Bencana Melalui Edukasi, Kearifan Lokal dan Pemanfaatan Teknologi dan Partisipasi Masyarakat dalam Mitigasi Bencana

Rangkuman Geografi Kelas XI Bab 7 Mitigasi Bencana Alam

• Bencana alam adalah peristiwa atau rangakain peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, non alam, maupun faktor manusia.

• Bencana non alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non alam antara lain berupa kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi, epidemi dan wabah penyakit.

• Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat dan teror.

• Bencana alam dapat dikategorikan menjadi bencana geologis, bencana klimatologis, dan bencana ekstraterestrial

• Tahap penanggulangan bencana meliputi tahap pra bencana, tahap tanggap darurat dan tahap pemulihan pasca bencana

• Tanggap darurat adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan

• Wilayah Indonesia rawan bencana karena Indonesia berada pada pertemuan lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik yang ketiganya bergerak aktif dan saling bertumbukan

• Wilayah rawan bencana (hazard region) adalah suatu kawasan di permukaan bumi yang rawan bencana alam akibat proses alam maupun non-alam.

• Indeks rawan bencana Indonesia (IRBI) merupakan suatu perangkat analisis kebencanaan yang berbentuk indeks yang menunjukkan riwayat nyata kebencanaan yang telah terjadi dan menimbulkan kerugian.

• Lembaga-lembaga yang berperan dalam penanggulangan antara lain BNPB, BPBD, PVMBG, BMKG, BASARNAS, Lembaga Usaha dan Lembaga Internasional.

• Penanggulangan bencana alam dapat dilakukan melalui edukasi, kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi.

• Kearifan lokal adalah kekayaan budaya setempat yang mengandung kebijakan hidup, pandangan hidup yang mengakomodasi kebijakan dan kearifan hidup.

• Pemanfaatan teknologi modern dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana dapat menyelamatkan nyawa dan membantu mencegah kerusakan lingkungan

• Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 7 Mitigasi Bencana Alam. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Geografi Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca dan pelajari juga soal-soal Geografi kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya juga rangkuman setiap Bab pada judul-judul di bawah ini [Tinggal Klik Judulnya].

Soal Geografi Kelas 11:

Rangkuman Geografi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 7 Mitigasi Bencana Alam ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close