Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Memudahkan Anda dalam mengingat dan mempelajari Geografi khususnya materi pembahasan Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas XI Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional
Geografi kelas XI Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia
- Kedua: Pembentuk Kebudayaan Nasional dan Persebaran Budaya Indonesia
- Ketiga: Pemanfaatan produk dan Pelestarian kebudayaan sebagai bagian kebudayaan global

Rangkuman Geografi Kelas XI Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional

1. Budaya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan karena kebudayaan tersebut merupakan hasil cipta, rasa dan karsa sendiri manusia itu sendiri yang memiliki perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain akibat faktor-faktor yang dimiliki setiap wilayah berbeda-beda.

2. Wujud kebudayaan terdiri dari gagasan, tindakan dan hasil karya manusia yang ketiganya tidak dapat dipisahkan, karena wujud kebudayaan ini menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak

3. Wujud kebudayaan ditentukan dalam unsur-unsur universal kebudayaan, yaitu bahasa, sistem organisasi, sistem religi, sistem pengetahuan, kesenian, sistem mata pencaharian, dan sistem teknologi dan peralatan.

4. Keragaman budaya Indonesia dipengaruhi oleh faktor lokasi, jenis iklim, relief permukaan bumi, tipe tanah, jenis flora dan fauna, kondisi air, sumber mineral dan kontak dengan lautan. 

5. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia harus dipandang sebagai sebuah kekayaan bukan kemiskinan. Bahwa Indonesia tidak memiliki identitas budaya yang tunggal bukan berarti tidak memiliki jati diri, namun dengan keanekaragaman budaya yang ada membuktikan bahwa masyarakat kita memiliki kualitas produksi budaya yang luar biasa. 

6. Kebudayaan yang ada di Indonesia terbentuk dari keanekaragaman suku di Indonesia serta dipengaruhi oleh sejarah, kebiasaan, dan adat masa lalu. Keberadaan budaya tradisional dapat diketahui dari berbagai jenis produk kebudayaan yang mendorong pengembangan ekonomi kreatif dapat sehingga memberikan dampak positif seperti peningkatan citra dan identitas bangsa, menumbuhkan inovasi dan kreativitas anak bangsa.

7. Sebagai bangsa dengan keragaman budaya lokal, semua pihak harus bersama-sama melestarikan dan mengembangkan warisan budaya secara berkelanjutan agar berbagai warisan budaya yang menjadi jati diri dan identitas Bangsa Indonesia dapat terus lestari”

8. Kemampuan local genius mampu bersinergi dengan kearifan lokal, untuk dijadikan tameng untuk menangkis serangan globalisasi yang mulai mengikis budaya lokal.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Geografi Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca dan pelajari juga soal-soal Geografi kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya juga rangkuman setiap Bab pada judul-judul di bawah ini [Tinggal Klik Judulnya].

Soal Geografi Kelas 11:

Rangkuman Geografi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 6 Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...