Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut Sekolahmuonline sajikan soal mata pelajaran Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu mempermudah pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam belajar Kimia secara mandiri khususnya Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen.
Soal Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen lengkap dengan kunci jawabannya
Soal Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen lengkap dengan kunci jawabannya

Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen membahas dua Kegiatan Pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Ikatan Ion
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam

Sebelum masuk ke contoh soal Kimia Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen, silakan baca istilah-istilah yang mungkin akan sering Anda jumpai ketika membahas Bab ini. Sehingga, Anda menjadi tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempelajari Kimia khususnya Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen.
• Aturan oktet: Kecenderungan unsur-unsur untuk memiliki konfigurasi elektron pada kulit terluar sebanyak 8 elektron seperti gas mulia Ne, Ar, Kr, Xe, Rn.
• Aturan Duplet: Kecenderungan unsur-unsur untuk memiliki konfigurasi elektron pada kulit terluar sebanyak 2 elektron seperti gas mulia He
• Struktur Lewis: Suatu cara yang diusulkan G.N. Lewis untuk menggambarkan elektron valensi dari atom-atom dengan titik-titik. Simbol Lewis adalah suatu atom atau ion terdiri dari lambang kimia yang dikelilingi oleh titik elektron.
• Ikatan ion: Disebut juga ikatan elektrovalen, adalahikatan yang terjadi antara umumnya ion positip (+) atom unsur logam dan ion negatip (-) atom unsur non logam melalui gaya elektrostatik.
• Ikatan kovalen: Disebut juga ikatan homovalen, terbentuk akibat kecenderungan atom-atom untuk menggunakan elektron bersama (share elektron) agar memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia terdekat. Atom-atom yang berikatan kovalen umumnya adalah antara atom-atom non logam.
• Ikatan kovalen tunggal: Ikatan kovalen yang melibatkan penggunaan 1 pasangan elektron (2 elektron) oleh dua atom yang saling berikatan.
• Ikatan kovalen rangkap: Ikatan kovalen yang melibatkan penggunaan bersama 2 pasangan elektron (4 elektron) oleh dua atom yang saling berikatan.
• Ikatan kovalen rangkap tiga: Ikatan yang terbentuk jika terjadi penggunaan bersama 3 pasangan elektron (6 elektron) oleh dua atom yang berikatan.
• Ikatan kovalen koordinasi: Ikatan kovalen yang pasangan elektron yang digunakan untuk berikatannya hanya berasal dari salah satu atom
• Ikatan logam: Tarik-menarik dari kation di dalam lautan elektron yang bertindak sebagai perekat dan menggabungkan kation-kation

Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen

Nah, berikut ini soal-soal pilihan ganda Kimia kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen dan kunci jawabannya. Jika ada kesulitan atau merasa jawaban yang ada salah, silakan diskusikan dengan Guru Kimia di kelas Anda. Selamat membaca dan selamat mempelajari.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!
1. Unsur kalsium mempunyai konfigurasi elektron 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 . Untuk mencapai kondisi yang stabil seperti golongn gas mulia, maka yang terjadi pada kalsium adalah … .
A. Pelepasan 1 elektron sehingga bermuatan +1
B. Pelepasan 2 elektron sehingga bermuatan +2
C. Penyerapan 1 elektron sehingga bermuatan +2
D. Penyerapan 2 elektron sehingga bermuatan +2
E. Memasangkan dua elektron dengan dua elektron lain.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Unsur kalsium mempunyai konfigurasi elektron
1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 ., berarti elektron valensi = 2, maka untuk mencapai kondisi yang stabil cenderung melepas 2e membentuk ion Ca2+

2. Diketahui konfigurasi elektron sebagai berikut:

Maka kelompok unsur yang cenderung membentuk ion positip adalah ….
A. He,Al, dan O
B. He,Ne, dan Ar
C. Na, Al dan K
D. C,O dan Cl
E. Ne, Na dan K

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Lihat screenshot

3. Perhatikan gambar struktur Lewis beberapa senyawa berikut!
Senyawa yang tidak mengikuti kaidah oktet atau duplet adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Suatu senyawa mengikuti kaidah oktet apabila elektron terluar tiap unsurnya berjumlah 8, termasuk elektron yang diikat. Sedangkan pada kaidah duplet elektron terluarnya berjumlah 2.

Pada soal di atas, hanya gambar nomor 5 yang tidak mengikuti kaidah oktet maupun duplet. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini
[Gambar lihat screenshot]

Pada gambar di atas, tampak bahwa tiap unsur Cl telah memenuhi kaidah oktet karena mempunyai elektron terluar
(termasuk elektron ikatan) berjumlah 8. Sedangkan unsur barium (B) hanya mempunyai elektron terluar berjumlah 6.

4. Diketahui unsur X dan Z memiliki konfigurasi elektron sebagai berikut:
X : [Ar] 4s2 3d6
Z : [Ne] 3s2 3p5

Apabila X dan Z bersenyawa, rumus senyawa yang terbentuk adalah ….
A. X3Z
B. X3Z2
C. X2Z3
D. XZ3
E. X2Z

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Perhatikan konfigurasi elektron unsur X.
 X : [Ar] 4s2 3d6
Elektron valensinya adalah 8 (2 + 6). Elektron valensi seperti ini cenderung melepas 2 elektron dari subkulit s sehingga membentuk ion X2+, atau melepas 3 elektron (2 dari subkulit s
dan 1 dari subkulit d) sehingga membentuk ion X3+. Keadaan yang terakhir ini lebih stabil karena subkulit d terisi setengah penuh.
X2+ : [Ar] 4s0 3d6
X3+ : [Ar] 4s0 3d5 (lebih stabil)
Sementara itu unsur Z mempunyai elektron valensi 7 (2 + 5).
Dengan valensi 7 ini, unsur Z cenderung menangkap 1 elektron agar tercapai valensi gas mulai (8) sehingga membentuk ion Z−.
Ikatan yang terbentuk antara unsur X dan Z adalah X3+ + Z− → XZ3

5. Senyawa M mempunyai sifat sebagai berikut:
a) mudah larut dalam air,
b) dapat menghantarkan listrik dalam fase cair,
c) titik didih dan titik lelehnya tinggi.

Jenis ikatan dalam senyawa M tersebut adalah ….
A. ion
B. kovalen nonpolar
C. hidrogen
D. logam
E. kovalen polar

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Sifat senyawa M :
- Mudah larut dalam air, kemungkinan ikatan kovalen polar atau ikatan ion.
- Dapat menghantarkan listrik dalam fase cair, Fase cair berarti lelehan atau leburan, berarti bukan kovalen polar karena kovalen polar hanya menghantarkan listrik pada fase larutan.
- Titik didih dan titik lelehnya tinggi, dari sifat ini sudah pasti bahwa senyawa M adalah berikatan ion.

Screenshot Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Kimia Kelas X Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal lengkap Kimia kelas X semua Bab beserta kunci jawaban dan pembahasannya silakan baca postingan-postingan Sekolahmuonline di bawah ini (Tinggal klik sesuai judul yang dibutuhkan):
Lengkap rangkuman atau ringkasan Kimia kelas X semua Bab. Silakan baca pada postingan-postingan di bawa ini (tinggal klik sesuai judul yang dibutuhkan):

Posting Komentar untuk "Soal Kimia Kelas 10 Bab Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

close