Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban.
Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

PAIBP Kelas VIII Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban merupakan salah satu Bab yang ada di semester genap atau semester 2. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka masuk pembahasan kesepuluh atau pembahasan terakhir.

Sebelum masuk ke rangkuman, silakan baca cerita berikut ini:

Abbas Ibn Firnas Manusia Pertama yang Berhasil Terbang

Dunia ilmu pengetahuan dan teknologi mengenal Orville Wright dan Wilbur Wright sebagai manusia pertama yang berhasil menerbangkan pesawat. Dua bersaudara kakak beradik ini berhasil membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin. Mereka berhasil melakukan momentum bersejarah itu pada tahun 1903.

Satu abad sebelumnya, seorang muslim yang bernama Abbas ibn Firnas telah lebih dahulu mengembangkan alat penerbangan dan berhasil menerbangkannya. Ibnu Firnas berhasil terbang dengan menggunalan glider, alat terbang sederhana yang dilengkapi sayap. Alat itu memanng sederhana. Tapi keberhasilan ibnu Firnas pada tahun 852 M itu telah memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembagkan pesawat.

Ibn Firmas lahir di Izn-Rand Onda (sekarang Ronda, Spanyol) tahun 810 Masehi. Pria Maroko ini hidup pada masa pemerintahan Khalifah Umayyah di Andalusia (Spanyol). Semasa hidupnya, seorang genius yang hidup di Cordoba ini dikenal sebagai ilmuwan serba bisa dan menguasai beragam disiplin ilmu pengetahuan.
Sumber: Buku PAIBP kelas 8 SMP

Rangkuman PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban

1. Pada era Dinasti Abbasiyah, Baghdad, dan kota-kota besar lainnya seperti Basra, Kuffah, dan lain-lain, juga memiliki tradisi literasi yang sangat tinggi. Berbagai perpustakaan, baik perpustakaan publik maupun pribadi, menjamur di mana-mana. Tradisi literasi ini menyebabkan berkembangnya beragam ilmu pengetahuan, baik ilmu umum seperti kedokteran, matematika, astronomi, kimia, seni, dan lain-lain, maupun ilmu agama, seperti ilmu kalam, ilmu fikih, ilmu tafsir, maupun ilmu hadis. Tradisi ini juga melahirkan para ilmuwan yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

2. Ada beragam seni yang berkembang pada masa Dinasti Abbasiyah, diantaranya seni arsitektur, patung, lukis, industri, kaligrafi, dan musik. Berbagai seni itu dikembangkan dalam rangka memberikan sentuhan keindahan pada kota Baghdad sebagai pusat peradaban dunia pada waktu itu. Selain berbagai seni tersebut, masih ada ragam seni lain yang dikembangkan di Baghdad. Di antaranya adalah sastra. Karya sastra yang melegenda menjadi cerita rakyat di seluruh dunia adalah hikayat “1001 malam”.

3. Keunggulan yang diraih oleh Dinasti Abbasiyah selama masa keemasannya berkontribusi besar dalam berbagai hal. Baik untuk perkembangan peradaban Islam sendiri maupun untuk peradaban dunia. Berikut ini disajikan kontribusi yang diberikan oleh peradaban Dinasti Abbasiyah bagi umat Islam sendiri, kemanusiaan, renaisance Eropa, dan dunia.

Aku Pelajar Pancasila

1. Mensyukuri nikmat ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Rajin belajar dan senang membaca
3. Mengonfirmasi kebenaran berita yang didapatkan di media sosial
4. Toleran terhadap perbedaan
5. Bergotong royong membangun kehidupan yang harmonis antar umat beragama
6. Mengampanyekan gerakan literasi secara kreatif

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal dan Rangkuman PAIBP Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Semua Bab

Untuk soal-soal PAIBP Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar semua Bab silakan baca dengan meng-klik judul-judul di bawah ini:
Untuk rangkuman atau ringkasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Belajar semua Bab dapat Anda baca pada judul-judul di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 8 Bab 10 Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban (PAIBP Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close