Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini [Part 3] ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini [Part 3]. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Soal Sejarah dan Kunci Jawaban khusus pilihan ganda. Soal berikut ini membahas contoh soal mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 4 yang membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini Bagian Ketiga (Part 3).
Soal Sejarah Kelas XI Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini dan Kunci Jawabannya ~ Part 3


Soal Sejarah Kelas XI Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini dan Kunci Jawabannya ~ Part 3


Sejarah Kelas 11 Bab 4 sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada Bagian Pertama (Part 1) dan Kedua (Part 2) membahas tiga pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, dan Cina). Pembelajaran Kedua membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi Rusia dan Indonesia. Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia Bagi Kehidupan Umat Manusia Masa Kini.

Karena soal dan pembahasannya agak panjang, Sekolahmuonline sajikan soal per pembelajaran saja. Soal Pembelajaran Pertama dan Kedua sudah Sekolahmuonline sajikan.

Nah berikut ini adalah soal dan pembahasan Pembelajaran Ketiga yang membahas tentang Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia Bagi Kehidupan Umat Manusia Masa Kini.

Bagi Anda yang belum membaca Bagian Pertama (Part 1) dan Kedua (Part 2) silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Pengaruh Revolusi Perancis terhadap perkembangan sejarah Indonesia adalah sebagai beikut..
A. Indonesia jatuh ke tangan penajajahan Belanda-Perancis dibawah Herman Willem Daendels
B. Penerapan paham liberalisme dalam perekonomian di Indonesia
C. Penghapusan feodalisme, sehingga para bupati hanya dijadikan pegawai negeri oleh pemerintah kolonial
D. Meluasnya paham nasionalisme di kalangan pergerakan nasional
E. Meluasnya paham sosialisme-komunisme di kalangan kaum pergerakan nasional

Jawaban: D

Pembahasan:
Dalam masa pergerakan nasional zas-azas demokrasi seperti yang diperjuangkan oleh rakyat Prancis, di coba untuk digerakkan oleh kaum bumi putera. Pada 20 September 1939 Gabungan Politik Indonesia (GAPI) menyampaikan gagasannya yang dikenal dengan “manifestaasi GAPI” yang isinya mengajak Indonesia dan Belanda untuk bekerja sama untuk menghadapi bahaya fasisme. Kerja sama itu akan berhasil apabila rakyat Indonesia diberikan suatu pemerintahan yang bertanggung jawab kepada parlemen yang dipilih rakyat. Namun, upaya GAPI ini hanya ditanggapi dengan pembentukan Komisi Visman. Namun, komisi ini pun tidak mampu memberikan apa yang diperjuangkan oleh GAPI sampai akhirnya Indonesia jatuh ke tangan Jepang. 

2. Pengaruh Revolusi Rusia di bidang idiologi adalah …
A. Berkembangnya faham komunis ke seluruh dunia
B. Munculnya partai komunis di Rusia
C. Lenyapnya Komunisme di dalam tubuh partai di Rusia
D. Munculnya tokoh-tokoh pembaharu di Rusia
E. Adanya gerakan komunis yang menentang pemerintah

Jawaban: A

Pembahasan:
Di Indonesia Revormasi di Rusia terlah menyebabkan masuknya pengaruh Mexisme dan komunis di Indonesia. Di awali denga pembentukan ISDV pengaruh Mexisme dan komunis mempengaruhi kaum terpelajar. ISDV yang kemudian mengubah nama menjadi Partai Komunis Hindia dan kemudian berubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). PKI merupakan partai yang bersikap radikal dengan enggan bekerjasama dengan pemerintah. Pada tahun 19626 PKI melakukan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda, tetapi upaya ini gagal. PKI merupakan partai yang bersikap keras dan tidak segan-segan berdemonstrasi dan melakukan terror terhadap rakyat yang dianggap tidak sejalan dengan ideologinya. Ketika Indonesia merdeka, pada 18 September 1948 PKI melancarkan pemberontakannya di Madiun namun berhasil ditumpas oleh TNI. Upaya yang sama kemudia terulang kembali pada 30 September 1965 dengan adanya peristiwa G-30-S/PKI.

3. Pengaruh perang kemerdekaan Amerika dari Inggris memberikan pengaruh kepada rakyat Perancis, yaitu ..
A. Perancis adalah untuk rakyat Perancis tidak ada hubungannya dengan kerajaan Inggris
B. Dipujanya Napoleon Bonaparte sebagai pemimpin Perancis baru yang akan menyelamatkan negeri dari kesengsaraan
C. Runtuhnya pemerintahan Directoire yang kejam dan tidak adil
D. Semangat dan keberanian untuk membebaskan diri dari penindasan absolut Monarchi raja Perancis
E. Keberanian menantang dominasi perdagangan orang-orang Belanda di Perancis

Jawaban: D

Pembahasan:
Revolusi Amerika merupakan salah satu revolusi besar dunia yang berpengaruh terhadap umat manusia. Di Eropa, Revolusi Amerika ini menjadi inspirasi terjadinya Revolusi Perancis. Rakyat Perancis secara bersama-sama bersatu menyerang dan menguasai penjara Bastille sebagai salah satu upaya menggulingkan kekuasaan Louis XVI yang absokut. Revolusi Amerika ini juga mempengaruhi wilayah-wilayah lainnya di dunia. Di Amerika Latin, pengaruh Revolusi Amerika mendorong negara-negara di kawasan itu untuk melepaskan diri dari ikatan penjajahan

4. Di Indonesia semangat Reformasi Amerika mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia, yaitu ..
A. Masuknya faham komunis di Indonesia
B. Bupati atau kepala daerah dijadikan sebagai pegawai pemerintah Daendels
C. Pengaruh tersebut lebih bersifat pada paham-paham tentang hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan.
D. Di Indonesia Revormasi Amerika terlah menyebabkan masuknya pengaruh Mexisme
E. Beberapa tokoh politik Indonesia diangkat oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai anggota Volksraad

Jawaban: C

Pembahasan:
Di Indonesia semangat Reformasi Amerika mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia. Pengaruh tersebut lebih bersifat pada paham-paham tentang hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan. Munculnya golongan terpelajar dan semakin luasnya hubungan antar bangsa, khususnya setelah dibukanya terusan Suez, telah membuka kesadaran akan perlunya hak asasi manusia. Kaum terpelajar berkesimpulan bahwa untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia tidak mungkin diperoleh dari tangan penjajah, melainkan harus diperhitungkan dengan kekuatan sendiri. Anggapan ini diyakini betul oleh organisasi-organisasi pergerakan nasional, seperti Indiche Partij, Perhimpunan Indonesia, dan PNI. Indiche Partij dalam tujuan organisasinya menyatakan bahwa hendak menumbuhkan dan meningkatkan integrasi semua golongan untuk memajukan tanah air yang dilandasi oleh jiwa nasional dan kehidupan rakyat yang merdeka. Sementara itu, Perhimpunan Indonesia secara lebih tegas menuliskan tujuan yaitu untuk memperoleh suatu pemerintahan untuk Indonesia. Hal ini dicapai tanpa meminta pertolongan siapa pun, juga tidak bekerja sama dengan pemerintah Kolonoal Belanda. Kemerdekaan Indonesia akan dicapai dengan aksi bersama yang serentak oleh rakyat Indonesia. PNI secara gamblang menyatakan tujuannya “Indonesia Merdeka”. Tujuan itu akan dicapai dengan asas “percaya pada diri sendiri”.

5. Semboyan bangsa Perancis yang masuk dan berkembang di kalangan rakyat Hindia Belanda adalah …
A. Gold, Glory, dan Gospel
B. Vini, Vidi, Vici
C. Siyap, bertahan, dan serang
D. Berlayar, datang, dan kuasai
E. Liberte, egalite, dan frathernite

Jawaban: E

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Sejarah dan Kunci Jawaban pembahasan Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini Bagian yang Ketiga (Part 3). Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca juga:

Lengkap Soal-soal Sejarah Kelas 11 dan Kunci Jawabannya bentuk soal Pilihan Ganda (PG) dan Essay (Uraian):

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini [Part 3] ~ sekolahmuonline.com"

close