Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini [Part 1]. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Soal Sejarah dan Kunci Jawaban khusus pilihan ganda. Soal berikut ini membahas contoh soal mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 4 yang membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini.

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini


Soal Sejarah Kelas XI Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini dan Kunci Jawabannya


Sejarah Kelas 11 Bab 4 membahas tiga pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, dan Cina). Pembelajaran Kedua membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi Rusia dan Indonesia. Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia Bagi Kehidupan Umat Manusia Masa Kini.


Karena soal dan pembahasannya agak panjang, Sekolahmuonline sajikan soal per pembelajaran saja. Nah berikut ini adalah soal dan pembahasan Pembelajaran Pertama yang membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, dan Cina).


Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!


1. Perhatikan data di bawah ini.

Pada tahun 1674 Inggris merebut Nieuw Amsterdam yang kemudian mengganti namanya menjadi New York. Dalam perang tujuh tahun (1756-1763) Inggris merebut dari Perancis; Canada dan Lousiana (daerah Missisippi) sebelah Timur Sungai Missisippi. Lousiana sebelah Barat Missisippi dibeli dari Perancis pada tahun 1803. Florida dibeli dari Spanyol tahun 1819. Texas diduduki tahun 1845. California diambil dari Mexico 1848. Alaska dibeli dari Rusia tahun 1867. 


Jika dilihat dari data di atas, maka diketahui bahwa sebagaian besar wilayah Amerika telah dikuasai oleh negara…..

A. Perancis

B. Belanda

C. Inggris

D. Rusia

E. Spanyol 


Jawaban: D


Pembahasan:

Pada tahun 1674 Inggris merebut Nieuw Amsterdam yang kemudian mengganti namanya menjadi New York. Dalam perang tujuh tahun (1756-1763) inggris merebut dari Perancis; Canada dan Lousiana (daerah Missisippi) sebelah Timur Sungai Missisippi. Lousiana sebelah Barat Missisippi dibeli dari Perancis pada tahun 1803. Florida dibeli dari Spanyol tahun 1819. Texas diduduki tahun 1845. 

California diambil dari Mexico 1848. Alaska dibeli dari Rusia tahun 1867 (diduduk Rusia pada tahun 1825). Dengan ini terjadi apa yang kita kenal sekarang sebagai Canada dan USA. Inggris awalnya menguasal sepanjang pantai Timut Amerika Utara, Perancis menguasai sepanjang muara Sungai Misisipi atau Amerika Utara, Belanda menduduki apa yang sekarang menjadi New York. Kemudian Inggris berhasil menguasai daerah-daerah yang tadinya milik Perancis, Belanda, Spanyol, Rusia itu. dengan kata lain di abad ke-18 kekuasaan Inggris di Amerika telah sangat luas. 


2. Inggris memerintahkan bahwa hasil bumi Amerika (tembakau, gula, kapas) hanya boleh dijual kepada Inggris dan Amerika hanya diperbolehkan membeli barang-barang kebutuhannya dari Inggris saja.


Dampak negatif dari Kondisi perdagangan seperti ini adalah …..

A. Akan ada over produksi pertanian asli Amerika

B. Produksi pertaian akan menjadi primadona dan menguasai pasar dibanding dengan produksi barang tambang Amerika

C. Inggris akan menguasai dan mempermainkan harga barang yang diperjual belikan

D. Tidak ada investor asing lainnya di Amerika kecuali negara-negara yang telah ada sebelumnya yaitu Perancis, Belanda, dan Spanyol

E. Ekonomi Amerika merosot tajam terlindas oleh pertumbuhan ekonomi Inggris yang melesat tinggi


Jawaban: C


Pembahasan:

Inggris memerintahkan bahwa hasil bumi Amerika tembakau, gula, kapas) boleh dijual hanya kepada Inggris dan Amerika diperbolehkan hanya membeli barang-barang kebutuhannya dari Inggris saja. Dengan ini harga dapat dipermainkan oleh Inggris.


3. Pada tanggal 14 Juli 1789, rakyat Perancis menyerbu dan menguasai penjara Bastille. Penyerbuan terhadap penjara Bastille ini menjadi simbol berakhirnya absolute monarchi di Perancis, karena ….

A. Penjara Bastille adalah bangunan terkokoh, terkuat, dan terbesar yang pernah dibangun oleh kaisar Perancis

B. Penjara Bastille adalah suatu bangunan tempat dipenjarakannya pemimpin-pemimpin rakyat yang menentang kaisar

C. Bastille adalah bangungan paling seram di Perancis yang telah dibangun berabad-abad yang lalu

D. Bastille adalah bangunan tua yang sering dikunjungi oleh raja Louis dan para bangsawan lainnya 

E. Bastille menyimpan misteri perebutan kekuasaan antara keluarga raja sebelumnya yang telah menelan ratusan nyawa 


Jawaban: B


Pembahasan:

Pada tanggal 14 Juli 1789 rakyat Prancis menyerbu penjara Bastille, suatu bangunan yang kuat dan megah lambang absolute monarki karena di dalamnya dipenjarakan pemimpin-pemimpin rakyat dan mereka yang berani menentang absolute monarki. Bastille ini dijaga ketat karena merupakan juga gudang persenjataan raja


4. Tahun 1789 Revolusi Perancis berhasil menumbangkan absolut Monarchi, Perancis kini sebagai Constituante monarchi. Tahun 1792 kerajaan dihapuskan hingga Perancis menjadi Republik dengan Montagne sebagai pemimpinnya. Namun kemudian Revolusi Perancis yang menumbangkan Monarchi Absolut, tahun 1799 rakyat menginginkan kembali absolutism dengan memuja Napoleon Bonaperte sebagai Kaisar Perancis dengan alasan …

A. Rakyat menginginkan adanya seseorang yang mampu menyelamatkan negara Perancis dari kehancuran

B. Napoleon Bonaparte membubarkan pemerintahan Directoire yang kekerasan senjata

C. Napoleon Bonaparte memperoleh kemenangan-kemenangan dalam pertempuran di berbagai negara

D. Pemerintahan Republik tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur rakyat Perancis

E. Kaum Bangsawan selalu mencari kesempatan untuk kembali berkuasa di Perancis


Jawaban: A


Pembahasan:

Pemerintahan Directoire ini hanya merupakan lanjutan dari pemerintahan Gironde dari akhir dari pemerintahan convention, ialah pemerintahan yang lemah, dihinggapi krisis gezag, korup dan tidak dipercaya oleh rakyat. Hanya dalam soal mereka mencapai kemenangan-kemenangan yang besar, tetapi ini lebih karena jasa dari Napoleon Bonaparte daripada jasa Directoire. Rakyat yang tidak percaya pada Directoire, memuja Napoleon yang selalu bertindak menurut kehendaknya sendiri dan tidak menghiraukan Directoire. Bagi Napoleon coup detat hanya tinggal soal waktu saja. Dan ini dijalankan ketia ia kembali dari Mesir pada tahun 1799. Dengan kekerasan senjata Directoire dibubarkannya. Jalan-jalan di Perancis rakyat menempelkan plakat-plakat yang berbunyi “Hidup Napoleon”. Napoleon yang akan menyelamatkan rakyat Perncis. Rakyat yang mengutuki absolutism pada tahun 1789, memuja absolutism pada tahun 1799.


Jadi rakyat Perancis yang melihat kekacauan, penindasan, kekejaman, kelaparan, dan kemiskinan yang tidak dapat diatasi oleh pemerintahan Republik, pemerintahan Directoire, membutuhkan figur pemerintah atau pemimpin yang mampu menyelamatkan negara dari kehancuran. Figur ini didapat dari seorang Napoleon Bonaparte, pemuda tentara yang karier militernya gilang gemilang.


5. Perhatikan pernyataan berikut.

1) Lima pelabuhan Tiongkok dibuka untuk perdagangan asing

2) Inggris mendapatkan Hongkong

3) Inggris mendapatkan hak ekstrateritorial

4) Tiongkok membuka 11 pelabuhan untuk Inggris dan Perancis

5) Di Peking ditempatkan seorang duta besar Inggris


Dari data di atas, yang merupakan isi perjanjian Nanking, 1842 adalah …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5) 


Jawaban: A


Pembahasan:

Isi Perjanjian Nanking, 1842 :

a. Lima pelabuhan Tiongkok dibuka untuk perdagangan asing (disebut Treaty Ports)

b. Inggris mendapatkan Hongkong (1842)

c. Inggris mendapatkan hak ekstratitorial (kemudian negara-negara lainnya minta juga)


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Sejarah dan Kunci Jawaban pembahasan Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini Part 1 (Bagian Pertama). Semoga bermanfaat. Silahkan baca juga Bagian Kedua (Part 2)-nya juga atau baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Bagian Kedua (Part 2) silahkan baca postingan berjudul:

Lengkap Soal-soal Sejarah Kelas 11 dan Kunci Jawabannya bentuk soal Pilihan Ganda (PG) dan Essay (Uraian):

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

close